5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem Aouar

Tak semua memiliki karier yang mulus di ibu kota Italia

Pada bursa transfer musim panas 2023, AS Roma mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena mendapatkan Houssem Aouar secara gratis dari Olympique Lyon. Pemain asal Aljazair ini memiliki kemampuan yang mumpuni dan layak untuk dijadikan gelandang utama. Kemampuan distribusi bola serta umpannya yang ciamik menjadi keunggulan Aouar.

Saat diperkenalkan, Aouar telah memilih nomor punggung barunya di AS Roma. Nomor yang dipilih tersebut adalah nomor punggung 22. Nomor ini pernah dipakai oleh beberapa pemain besar. Sayangnya, tak semua mampu tampil cemerlang.

Sebagai gambaran siapa saja pendahulu Aouar yang pernah memakai nomor punggung 22 di AS Roma, berikut ini ulasan performa lima di antaranya!

1. Mattia Destro tampil tajam untuk I Giallorossi

5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem AouarMattia Destro (bolognafc.it)

Mattia Destro tampil cemerlang saat 4 tahun (2012--2016) berseragam AS Roma. Awalnya, Destro datang sebagai pemain pinjaman dari Genoa. Sukses menjalani musim pertamanya dengan performa yang cukup apik, Destro pun dipermanenkan.

Selama berseragam I Giallorossi, Destro mampu mencatatkan 29 gol dan 5 assist dari 68 laga. Pada musim terakhirnya (2015/2016), Destro sempat dipinjamkan ke AC Milan. Setelah itu, penyerang asal Italia ini pun dijual ke Bologna pada musim panas 2017.

2. Adem Ljajic datang sebagai pemain muda berbakat

5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem AouarAdem Ljajic (asroma.com)

Adem Ljajic pernah dipandang sebagai pemain muda menjanjikan saat masih berkarier di Serie A. Pemain asal Serbia ini pernah bermain untuk AS Roma selama 2 tahun (2013—2015) dengan nomor punggung 8. Memasuki 2015/2016, Llajic sempat mengenakan nomor punggung 22.

Meski begitu, itu hanya bertahan selama satu pertandingan. Pasalnya, Llajic dipinjamkan oleh AS Roma ke Inter Milan. Setelah musim tersebut, Llajic pun dijual ke Torino. Jika dijumlahkan, maka Ljajic mencatatkan 15 gol dan 8 assist dari 74 laga.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir AS Roma yang Digaet Secara Gratis, Aouar Terbaru!

3. Stephan El Shaarawy hanya setengah musim menggunakan nomor punggung 22 di AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem AouarStephan El Shaarawy (asroma.com)

Saat pertama kali didatangkan sebagai pemain pinjaman dari AC Milan pada musim dingin 2016, Stephan El Shaarawy sempat memakai nomor punggung 22 di AS Roma. Akan tetapi, itu hanya bertahan selama setengah musim. Sebab, El Sharaawy kembali menggunakan nomor punggung favoritnya, 92.

El Shaarawy sempat meninggalkan AS Roma pada musim panas 2019. Namun, ia kembali ke klub ibu kota Italia ini pada musim dingin 2021. Hingga sekarang, El Shaarawy masih berseragam AS Roma dan telah mencatatkan 233 laga dengan kreasi 58 gol dan 32 assist.

4. Abdullah Nura tak beruntung di AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem AouarAbdullahi Nura (asroma.com)

Abdullah Nura direkrut oleh AS Roma dari tim akademi Spezia pada musim panas 2015. Bek asal Nigeria ini pun bermain lama bersama tim akademi. Setelah menunggu waktu, Nura pun dipromosikan pada 2016/2017.

Ia menggunakan nomor punggung 22 saat itu. Sayangnya, Nura tak beruntung kala bermain di tim senior. Pasalnya, ia tak pernah mendapatkan kesempatan sekali pun untuk berlaga di pertandingan resmi. Nura akhirnya dijual ke Perugia pada musim panas 2017.

5. Nicolo Zaniolo pernah menjadi ikon Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 22 AS Roma sebelum Houssem AouarNicolo Zaniolo (asroma.com)

Nicolo Zaniolo bergabung dengan AS Roma pada musim panas 2018 dari Inter Milan. Kala itu, Zaniolo langsung memakai nomor punggung 22 dan menunjukkan kapasitas yang sangat hebat sebagai pemain muda. Bahkan, Zaniolo sempat disebut sebagai ikon baru Roma.

Sayangnya, kiprah Zaniolo banyak diganggu cedera, termasuk cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang membuatnya sempat absen hampir setahun penuh. Alhasil, Zaniolo hanya mampu mencatat 24 gol dan 18 assist dari 128 laga di AS Roma selama 4,5 musim. Padahal, torehan statistiknya bisa jauh lebih banyak jika tak mengalami rentetan cedera.

Dari dua laga resmi yang telah dijalaninya musim ini, Houssem Aouar sendiri telah mencetak satu gol. Akan tetapi, ia belum mendapatkan kemenangan dan sepenuhnya dipercaya sebagai pemain utama. Sebab, ia memiliki pesaing ketat yang berkualitas di lini tengah AS Roma.

Baca Juga: 9 Fakta Houssem Aouar, Rekrutan Anyar AS Roma untuk 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya