5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB Stuttgart

Rata-rata memiliki masa abdi yang lama

Meski kerap gagal menghuni papan atas klasemen Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir, VfB Stuttgart tetap digemari banyak pencinta sepak bola. Mereka menjadi salah satu tim yang sukses mengganggu dominasi Bayern Munich sebagai penguasa Bundesliga dalam 3 dekade terakhir. Itu terbukti ketika VfB Stuttgart menjadi juara Bundesliga pada 2006/2007.

Pada musim 2023/2024 ini, VfB Stuttgart pun cukup mengganggu dominasi papan atas dengan bertengger di posisi kedua. Hal ini bisa terjadi karena VfB Stuttgart mampu tampil beringas pada awal musim. Tak heran, jika VfB Stuttgart memiliki titel sebagai tim kuda hitam.

Titel tersebut sukses menarik banyak perhatian pesepak bola untuk datang ke klub ini. Bahkan, tak sedikit pemain yang rela untuk gantung sepatu bersama klub berjuluk Die Schwaben ini. Dari banyaknya pemain yang pernah pensiun di tim ini, berikut inilah lima pemain terakhir yang pensiun bersama VfB Stuttgart.

1. Mario Gomez pensiun di klub yang membesarkan namanya

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB StuttgartMario Gomez (vfb.de)

Mario Gomez adalah mantan penyerang utama Timnas Jerman. Ia dikenal sangat tajam dan tergolong sebagai penyerang bintang ketika masih aktif bermain. Titel tersebut pertama kali ia dapatkan ketika tampil bersinar bersama salah satu klub masa kecilnya, VfB Stuttgart (2005--2009).

Sempat berkelana membela beberapa klub lain, Gomez pun pulang pada awal tahun 2018. Ia pun rela ikut terdegradasi bersama klub ini pada musim 2019/2020. Setelah mampu mengangkat VfB Stuttgart kembali ke kasta tertinggi untuk musim 2020/2021, Gomez pun pensiun. Secara keseluruhan, Gomez mencatat 110 gol dan 30 assist dari 220 laga untuk klub ini.

2. Dua masa berbeda untuk Marc Ziegler

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB StuttgartMarc Ziegler (vfb.de)

Serupa dengan Mario Gomez, Marc Ziegler pun memiliki dua masa berbeda bersama VfB Stuttgart. Kesempatan pertama Ziegler di VfB Stuttgart tercatat dari 1994--1999, sedangkan masa keduanya tercatat pada 2010 hingga ia pensiun pada 2013.

Jika dibandingkan, masa pertama Ziegler di VfB Stuttgart jauh lebih baik. Pasalnya, ia masih berstatus sebagai pemain muda yang memiliki jam terbang yang cukup banyak. Pada masa keduanya,  Ziegler lebih sering jadi penghangat bangku cadangan.

Baca Juga: Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB Stuttgart

3. Delapan tahun pengabdian Silvio Meissner

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB StuttgartSilvio Meissner (vfb.de)

Silvio Meissner menjadi salah satu saksi dari keberhasilan VfB Stuttgart meraih gelar Bundesliga 2006/2007. Peran Meissner pun cukup vital kala itu. Pasalnya, ia menjadi pemain utama untuk posisi gelandang bertahan.

Meissner sendiri membela VfB Stuttgart selama 8 musim. Hal tersebut tercatat dari 2000 hingga ia memutuskan gantung sepatu pada akhir musim 2007/2008. Secara keseluruhan, Meissner mencatat 31 gol dan 8 assist dari 232 laga bersama VfB Stuttgart.

4. Markus Babbel banyak bermain pada musim pertama

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB StuttgartMarkus Babbel (liverpoolfc.com)

Nama selanjutnya ialah Markus Babbel, bek tangguh yang pernah menjadi andalan Bayern Munich, Liverpool, dan Timnas Jerman. Babbel datang ke VfB Stuttgart saat usianya tak lagi muda. Pada tahun 2004, ia datang sebagai pemain gratisan dari Liverpool.

Babbel yang tak lagi muda, tak banyak mendapatkan menit bermain. Selama 3 tahun membela VfB Stuttgart, Babbel hanya mencatat 63 laga dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Ia hanya banyak bermain pada musim pertama, sedangkan pada 2 musim lain lebih banyak ia habiskan di bangku cadangan.

5. Zvonimir Soldo memiliki pengabdian yang lama

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama VfB StuttgartZvonimir Soldo (vfb.de)

Zvonimir Soldo merupakan gelandang bertahan legendaris asal Kroasia. Pemain yang sekarang melanjutkan karier sebagai pelatih ini memiliki pengabdian yang cukup lama di VfB Stuttgart. Ia pun pernah menjabat sebagai kapten tim selama pengabdiannya yang mencapai 10 tahun (1996--2010).

Selama berseragam Die Schwaben, Soldo memberi pengaruh yang cukup besar. Ia pun pernah ikut serta menyumbangkan gelar juara DFB Pokal 1996/1997 untuk VfB Stuttgart. Itu dihasilkan dari 399 laga dengan sumbangan 19 gol dan 22 assist.

Jika ditotalkan, ada 33 pemain yang memutuskan pensiun bersama VfB Stuttgart. Selain lima nama di atas, Eberhard Trautner, Jens Todt, dan Horst Heldt juga pensiun di klub berjuluk Die Schwaben ini. Adakah pemain yang kamu ingat kiprahnya saat berseragam VfB Stuttgart?

Baca Juga: Mengintip Faktor Meroketnya Performa Stuttgart di Bundesliga

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya