6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLS

Bukti hubungan baik Serie A dan MLS

Tim-tim Serie A Italia cukup sering melepas pemainnya ke Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Nama-nama besar, seperti Sebastian Giovinco, Douglas Costa, Giorgio Chiellini, Federico Bernardeschi, dan Lorenzo Insigne adalah beberapa di antaranya. Pemain-pemain tersebut kebanyakan datang setelah usianya tak lagi muda.

Jika dibalik, maka tim Serie A juga cukup sering mendatangkan pemain-pemain dari MLS. Pemain-pemain yang datang umumnya merupakan pemain potensial, yang menunjukkan sinarnya di MLS. Dari sekian banyak nama yang ada, berikut ulasan enam pemain terakhir yang didatangkan tim Serie A dari MLS.

1. Gianluca Busio

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSGianluca Busio (kiri) (mlssoccer.com)

Gianluca Busio merupakan gelandang berkebangsaan Amerika Serikat yang sekarang membela Venezia. Pada bursa transfer musim panas 2021, Busio didatangkan Venezia, yang kala itu berada di Serie A, dari Kansas City FC. Busio masih berusia 18 tahun saat didatangkan. Meski berhasil tampil gemilang dan cukup diandalkan timnya, Busio gagal menahan Venezia untuk bertahan di kasta tertinggi pada 2023/2024 mendatang.

2. Bryan Reynolds

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSBryan Reynolds (asroma.com)

AS Roma kepincut dengan kabar bek muda yang bersinar bersama FC Dallas. Oleh karena itu, I Giallorossi mendatangkan Bryan Reynolds pada Februari 2021. Saat pertama kali didatangkan, Reynolds hadir sebagai pemain pinjaman. Selepas setengah musim berjalan, ia pun dipermanenkan dengan biaya sebesar 6,8 juta euro (Rp113 miliar). Sayangnya, Reynolds belum menemukan permainan terbaiknya bersama AS Roma hingga sekarang.

3. Nani

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSLuis Nani (melbournevictory.com.au)

Setelah 3 tahun (2019--2022) berseragam Orlando City SC, Luis Nani sempat pulang ke Eropa untuk bergabung dengan Venezia. Mantan winger Manchester United ini didatangkan secara gratis pada musim dingin 2022. Sayangnya, Nani hanya bertahan selama setengah musim dengan mencatat 10 laga dengan sumbangan 1 assist. Nani memilih hengkang ke Melbourne Victory setelah Venezia terdegradasi ke Serie B.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli AC Milan dari Luar Serie A

4. Joao Moutinho

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSJoao Moutinho (mlssoccer.com)

Joao Moutinho merupakan bek kiri asal Portugal yang memulai karier profesionalnya di tim asal Amerika Serikat. Setelah 5,5 tahun berkarier di Negeri Paman Sam, Moutinho pun kembali ke Eropa untuk bergabung dengan Spezia pada musim dingin 2023. Moutinho didatangkan secara gratis dari Orlando City SC saat itu. Pada setengah musim pertamanya, Moutinho tak begitu bersinar. Ia hanya mencatat lima laga yang tak mampu membuat Spezia bertahan di Serie A 2023/2024 mendatang.

5. Brenner

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSBrenner (mlssoccer.com)

Salah satu pemain yang didatangkan dari MLS ke Serie A pada musim panas 2023 adalah Brenner Souza da Silva. Penyerang asal Brasil ini merupakan senjata utama Cincinnati FC dalam 2 musim terakhir. Tak heran Udinese berani menebusnya dengan biaya 10 juta euro (Rp167 miliar). Brenner diharapkan bisa menjadi ujung tombak yang hebat di Udinese. 

6. Valentin Castellanos

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLSValentin Castellanos (twitter.com/tatycaste11anos)

Pada 2022/2023 lalu, Valentin Castellanos bermain sangat apik bersama Girona dengan mencetak 14 gol dan 1 assist dari 37 laga. Padahal, ia merupakan pemain pinjaman dari New York City FC. Penampilan apiknya itu membuat SS Lazio kepincut mendatangkannya. Castellanos pun akhirnya bergabung dengan Lazio, Jumat (21/7/2023). Winger asal Argentina ini diharapkan bisa bersinar di Italia.

Pemain-pemain dari Major League Soccer memang mulai mendapatkan perhatian dari beberapa tim Eropa. Meski tak semuanya bersinar, sejumlah pemain sanggup tampil maksimal. Mungkinkah Valentin Castellanos dan Brenner menjadi salah dua yang mampu bersinar?

Baca Juga: 4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya