5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Galatasaray

Mayoritas pemain Turki

Jika bicara soal sepak bola Turki, nama Galatasaray tentu tak bisa dilepaskan. Tim asal Istanbul ini begitu populer karena kehebatan, prestasi, serta kelompok suporternya yang militan. Tak heran jika Galatasaray menjadi tim impian bagi pesepak bola yang berkarier di Turki.

Deretan pemain ternama datang ke klub ini hampir tiap musim. Banyak dari mereka yang sekadar singgah dan tak sedikit dari mereka yang mengakhiri karier profesionalnya di Galatasaray. Seperti kelima pemain ini yang merupakan lima pemain terakhir yang gantung sepatu bersama Galatasaray.

1. Semih Kaya pulang ke Galatasaray untuk pensiun

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama GalatasaraySemih Kaya (twitter.com/GalatasaraySK)

Semih Kaya adalah pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Galatasaray. Bek asal Turki ini pensiun pada usia yang terhitung muda, yakni 31 tahun. Kaya tampaknya mencari momen untuk mengakhiri kariernya bersama Galatasaray.

Pasalnya, Kaya menyempatkan bermain selama 6 bulan bersama Galatasaray sebelum pensiun pada Agustus 2022. Padahal, pada Februari 2022, ia masih bermain untuk Malatyaspor. Itu dilakukan karena kecintaan Kaya terhadap klub masa kecilnya ini.

Kaya sendiri tumbuh sebagai pemain jebolan akademi Galatasaray. Ia sempat membela beberapa klub, meski Galatasaray adalah klub yang paling sering ia bela. Total 211 pertandingan dengan sumbangan 5 gol dan 5 assist dicatatkan Kaya untuk Galatasaray.

2. Secluk Inan membela Galatasaray selama 9 tahun

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama GalatasaraySecluk Inan (twitter.com/GalatasaraySK)

Secluk Inan adalah nama besar di sepak bola Turki. Ia pernah menjadi jenderal lapangan Timnas Turki dalam beberapa tahun. Bahkan, ia kerap dipercaya untuk menjadi kapten di negaranya.

Kariernya di klub cukup mentereng kala membela Galatasaray. Inan bermain selama 9 tahun sebelum pensiun pada akhir musim 2019/2020. Inan mencetak 59 gol dan 64 assist dari 331 laga bersama Galatasaray.

Baca Juga: Kontribusi 3 Pemain Pinjaman Galatasaray pada Awal 2023/2024

3. Hakan Balta memegang ban kapten Galatasaray dalam waktu yang lama

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama GalatasarayHakan Balta (twitter.com/GalatasaraySK)

Hakan Balta lahir dan memulai kariernya di Jerman. Namun, ia memilih pulang ke negara orangtuanya berasal ketika menjadi pesepak bola profesional. Salah satu klub yang ia bela adalah Galatasaray.

Bek berkebangsaan Turki ini bermain untuk Galatasaray selama 11 tahun (2007--2018). Dalam kurun waktu tersebut, Balta menjelma sebagai bek tangguh yang sangat disegani lawan. Selain itu, Balta juga cukup lama memegang ban kapten Galatasaray. Balta sendiri mencatat 13 gol dan 14 assist dari 334 laga untuk Galatasaray.

4. Cedric Carrasso hanya singgah semusim sebelum pensiun

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama GalatasarayCedric Carasso (twitter.com/GalatasaraySK)

Cedric Carrasco adalah kiper Prancis yang menghabiskan sebagian kariernya di Ligue 1 Prancis. Namun, mantan kiper Olympique Marseille dan Girodins Bordeaux ini justru mengakhiri karier profesionalnya sebagai pesepak bola di Liga Turki. Momen tersebut terjadi pada akhir musim 2017/2018 ketika membela Galatasaray.

Carrasco bisa dibilang hanya singgah selama semusim sebelum pensiun di Galatasaray. Dalam kurun waktu yang singkat tersebut, Carrasco sempat mencatat dua pertandingan. Sebab, ia hanya dipasang sebagai pelapis dari Fernando Muslera.

5. Gokhan Zan pensiun setelah mengabdi selama 6 musim

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama GalatasarayGokhan Zan (instagram.com/gokhanzan)

Nama yang terakhir dalam daftar ini adalah Gokhan Zan. Mantan bek Timnas Turki ini pensiun di Galatasaray pada akhir musim 2014/2015 setelah mengabdi selama 6 tahun. Zan sendiri bisa dikatakan tak begitu gemilang jika dibandingkan dengan Hakan Balta, Semih Kaya, dan Secluk Inan.

Zan hanya mencatat 76 laga dengan torehan 3 gol dalam kurun waktu 6 tahun. Ia memang tak bersinar bersama Galatasaray. Namun, Zan mampu menjadi bintang kala bermain bersama klub sebelumnya, Besiktas (2003--2009).

Jika melihat lima pemain ini, kebanyakan pemain yang pensiun di Galatasaray adalah pesepak bola berkebangsaan Turki. Hal ini cukup masuk akal karena pensiun di klub sebesar Galatasaray adalah sebuah kebanggaan tersendiri di sana.

Baca Juga: 4 Pemain Galatasaray Terakhir yang Jadi Top Skor Super Lig Turki

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya