6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023

Didominasi oleh tim English Premier League

Bursa transfer pekan ke-5 memang tak begitu fantastis secara nilai transfer. Akan tetapi, keseruan jendela transfer musim panas 2023 kembali terjadi pada pekan ke-6 yang terlaksana dari 5--11 Agustus 2023. Pasalnya, beberapa transfer dengan nilai beli yang fantastis terjadi pada pekan ini.

Hal ini bisa terjadi karena tim-tim besar, terutama yang berlaga di English Premier League (EPL) dan LaLiga telah memulai kompetisi domestiknya pada Sabtu (12/8/2023). Lalu, siapa sajakah transfer termahal pada pekan ke-6 ini? Berikut ini ulasan enam nama teratas!

1. Josko Gvardiol

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Josko Gvardiol (mancity.com)

Transfer termahal pada pekan ini jatuh kepada Josko Gvardiol. Pria asal Kroasia ini diboyong oleh Manchester City dari RB Leipzig dengan banderol sebesar 90 juta euro (Rp1,5 triliun) pada Sabtu (5/8/2023). Angka fantastis ini pun membuat Gvardiol menyabet gelar sebagai bek termahal dalam sejarah sepak bola, menggeser Harry Maguire. Kehadiran Gvardiol sendiri membuat lini pertahanan Manchester City semakin sulit ditembus.

2. Rasmus Hojlund

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Rasmus Hojlund (manutd.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Josko Gvardiol, Manchester United pun mendatangkan pemain dari Atalanta Bergamo. Dia adalah Rasmus Hojlund, penyerang asal Denmark yang dibeli dengan biaya sebesar 75 juta euro (Rp1,2 triliun). Banyak pihak yang menyebut bahwa pembelian Hojlund ini merupakan transfer panik dari Manchester United. Pasalnya, statistik Hojlund bersama Atalanta musim lalu terbilang biasa saja. Namun, Hojlund masih bisa berkembang mengingat usianya yang baru menginjak 20 tahun.

3. Micky van de Ven

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Micky van de Ven (twitter.com/SpursOfficial)

Tottenham Hotspur yang cukup bermasalah dengan lini pertahanan pada musim lalu akhirnya mendapatkan tenaga baru. Pada Selasa (8/8/2023), tim berjuluk The Lillywhites ini mendapatkan Micky van de Ven dari VfL Wolfsburg dengan biaya sebesar 40 juta euro (Rp671 miiliar). Kehadiran Micky tentu akan sangat berpengaruh. Bek asal Belanda ini diprediksi akan menjadi tandem baru dari Cristian Romero di lini belakang.

Baca Juga: 9 Fakta Micky van de Ven, Bek Muda Potensial asal Belanda

4. Edson Alvarez

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Edson Alvarez (whufc.com)

Pada bursa transfer musim panas 2023 ini, West Ham United tak begitu ramai dengan aktivitas transfer. Namun, pembelian pertama The Hammers cukup mengejutkan. Pasalnya, tim asal London ini mendatangkan bintang Timnas Meksiko dan Ajax Amsterdam, Edson Alvarez. Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan ini sempat diincar oleh klub-klub besar Eropa. Namun, tawaran 38 juta euro (Rp638 miliar) akhirnya membuat pemain serbabisa ini pindah.

5. Tino Livramento

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Tino Livramento (nufc.co.uk)

Newcastle United berhasil memanfaatkan situasi tak menguntungkan dari Southampton guna mendapatkan Tino Livramento. Pada Selasa (8/8/2023), Livramento akhirnya bergabung dengan Newcastle United setelah klub berjuluk The Magpies ini menebusnya dengan harga 37,2 juta euro (Rp625 miliar). Jika melihat potensi yang ada, Livramento sangat pantas dihargai dengan angka besar. Namun, jika berkaca pada statistiknya musim lalu, angka fantastis itu dirasa kurang pantas. Pasalnya, bek kanan muda asal Inggris ini hanya mencatat tiga laga musim lalu.

6. Castello Lukeba

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-6 Bursa Transfer Musim Panas 2023Castello Lukeba (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig bergerak cepat untuk mencari pengganti Josko Gvardiol yang pindah ke Manchester City. Oleh karena itu, mereka mendatangkan Castello Lukeba dari Olympique Lyon dengan banderol 30 juta euro (Rp504 miliar) pada Jumat (11/8/2023). Angka tersebut sebetulnya cukup besar bagi seorang bek berusia 20 tahun yang belum memiliki caps di level senior timnas. Namun, Die Roten Bullen biasanya lebih percaya dengan potensi ketimbang kualitas pemain yang sudah matang.

 

Tim-tim dari English Premier League (EPL) mendominasi dalam daftar ini. Hal ini membuktikan jika mulainya pekan pertama EPL menjadi pendorong mereka untuk membeli pemain yang mereka butuhkan. Sebab, tim-tim ini tak mau tampil mengecewakan pada musim barunya ini.

Baca Juga: 6 Transfer Termahal sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2023 Dibuka

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya