Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021

Keputusan mengejutkan Reinaldo Rueda di skuad Kolombia

Bersamaan dengan digelarnya Piala Eropa 2020, Copa America 2021 juga digelar. Copa America merupakan turnamen mayor terbesar antarnegara di kawasan selatan Benua Amerika. Di setiap penyelenggaraanya, Copa America biasanya berjalan seru dan selalu ditunggu-tunggu.

Namun, karena diundurnya gelaran Piala Eropa 2020 ke tahun 2021, Copa America seolah-oleh tertutup hype dari Piala Eropa. Walaupun demikian, Copa America masih dianggap seru. Negara-negara besar dengan budaya sepak bola yang lekat seperti Brazil, Argentina, Uruguay, Kolombia, dan Chile jelas ambil bagian dari kompetisi ini.

Khusus Kolombia, mereka memiliki segudang bakat sepak bola. Carlos Valderamma, Rene Higuita, Ivan Cordoba, dan Radamel Falcao merupakan beberapa di antaranya. Namun, dalam gelaran Copa America tahun ini, secara mengejutkan Kolombia tidak memanggil nama-nama besar ke skuadnya.

Siapa saja pesepak bola top yang tidak dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Radamel Falcao

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021Radamel Falcao (ruetir.com)

Pemain berjuluk El Tigre, Radamel Falcao, menjadi nama pertama dalam daftar ini. Ketajamannya bersama FC Porto antara tahun 2009 hingga 2011 merupakan pertanda kembalinya generasi terbaik sepak bola Kolombia setelah generasi Carlos Valderamma, Faustino Asprilla, dan Ivan Cordoba memutuskan untuk pensiun.

Walaupun menjadi andalan Kolombia dalam beberapa turnamen terakhir, untuk edisi Copa America kali ini Radamel Falcao tidak dipanggil. Padahal, jika dilihat dari performanya musim ini, penampilan Falcao cukup baik.

Ia mampu mencatatkan 9 gol dan 2 assists bagi Galatasaray dalam 17 pertandingan walaupun harus absen beberapa kali. Namun, Reinaldo Rueda sepertinya ingin memulai regenerasi pemain di skuadnya dengan memanggil striker-striker yang lebih muda.

2. James Rodriguez

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021James Rodriguez (skysports.com)

Sial bagi James Rodriguez, ia harus cedera menjelang digelarnya Copa America 2021. Padahal, performanya bersama Everton pada musim ini bisa dibilang sangat baik setelah tampil buruk bersama Real Madrid di musim sebelumnya.

Musim ini ia berhasil mencetak 6 gol dan 9 assist bagi Everton. Jika dilihat dari komposisi pemain yang ada di skuad Kolombia, kehadiran James Rodriguez sebenarnya akan sangat membantu dari segi moral dan kontribusi permainan.

Baca Juga: 10 Potret James Rodriguez, Bintang Anyar Everton yang Macho Abis! 

3. Jefferson Lerma

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021Jefferson Lerma (colombia.as.com)

Jefferson Lerma merupakan salah satu pemain terpenting di skuad AFC Bournemouth. Musim ini ia mencatat 48 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 2 assist sebagai seorang gelandang bertahan. Kontribusinya tersebut ikut membawa Bournemouth ke babak playoff Championship meskipun akhirnya harus kalah dari Brentford.

Sayangnya, penampilan impresifnya tersebut tidak bisa membawa Lerma menghuni skuad Kolombia untuk Copa America nanti. Pasalnya, posisi gelandang bertahan Kolombia di Copa America telah diisi 3 nama hebat, yakni Wilmar Barrios, Mateus Uribe, dan Gustavo Cuellar.

4. Santiago Arias

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021Santiago Arias (princerupertstower.com)

Cedera juga menjadi alasan Santiago Arias harus absen dari Copa America. Musim ini ia hanya melakoni 1 laga bersama Bayer Leverkusen karena mengalami cedera patah tulang betis yang mengharuskannya absen selama semusim.

Santiago Arias mengalami cedera pada 10 Oktober 2020 kala membela Kolombia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOl kontra Venezuela. Jika saja tidak cedera, Santiago Arias akan dipastikan mendapatkan satu posisi dan menjadi andalan di sektor bek kanan skuad Kolombia.

5. Jeison Murillo

5 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Kolombia ke Copa America 2021Jeison Murillo (90min.com)

Mantan bek Inter Milan, Valencia, dan Barcelona, Jeison Murillo, juga tidak dipanggil Timnas Kolombia ke Copa America 2021. Jika dilihat dari performanya bersama Celta Vigo musim ini, Jeison Murillo seharusnya bisa masuk ke skuad Kolombia walaupun berstatus sebagai pelapis.

Pasalnya, posisi bek tengah Kolombia sudah dipastikan menjadi milik Yerry Mina dari Everton dan Davinson Sanchez dari Tottenham Hotspur. Jika dilihat dari umur, saat ini usia Murillo baru menginjak 29 tahun dan tidak terlalu tua bagi seorang pesepak bola profesional. Namun, pelatih Reinaldo Rueda sepertinya memiliki alasan lain dengan tidak dibawanya Jeison Murillo.

 

Selain nama-nama tersebut, nama-nama beken lain seperti Carlos Bacca, Fredy Guarin, dan Juan Quintero juga tidak dibawa oleh Reinaldo Rueda ke skuad Kolombia untuk Copa America edisi kali ini. Menurutmu, apakah keputusan Rueda ini sepenuhnya tepat?

Baca Juga: 5 Pemain Top Kolombia yang Pernah Berseragam Atletico Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya