4 Pemain yang Memegang Jabatan Kapten Timnas dan Tim EPL 2023/2024

Karakteristik yang kuat membuat mereka dipercaya

Cukup banyak pemain dengan bakat alami sebagai seorang pemimpin di kompetisi English Premier League (EPL) 2023/2024. Hal tersebut bisa dilihat dari peran dan sikapnya selama bertanding musim ini. Dengan sikap yang dewasa dan mentalitas sebagai pemimpin, beberapa pemain akhirnya dipercaya untuk menjadi kapten tim.

Tak hanya di level klub, bahkan ada lima kapten tim EPL 2023/2024 yang juga menjabat sebagai kapten di negaranya. Itu artinya sosok tersebut merangkap jabatan sebagai kapten di dua tim berbeda. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Son Heung Min baru ditunjuk sebagai kapten Tottenham Hotspur dan Korea Selatan

4 Pemain yang Memegang Jabatan Kapten Timnas dan Tim EPL 2023/2024Son Heung Min (premierleague.com)

Revolusi skuad yang dilakukan Ange Postecoglou membuat Son Heung Min terpilih sebagai kapten Tottenham Hotspur pada 2023/2024. Ia menggantikan Harry Kane yang pindah ke Bayern Munich dan Hugo Lloris yang mulai tersingkirkan. Penunjukkan Son sebagai kapten baru Spurs ternyata cukup beralasan.

Son telah memiliki pengalaman yang cukup baik dalam memimpin tim sebagai kapten di Timnas Korea Selatan. Pria berusia 31 tahun ini pertama kali menjabat kapten Korea Selatan pada laga persahabatan kontra Honduras pada Mei 2018. Namun, jabatan kapten utama tim baru ia dapatkan selepas Piala Dunia 2018. Ia dipercaya untuk menggantikan Ki Sung Yueng.

2. Seamus Coleman menjadi sosok senior di Everton dan Timnas Irlandia

4 Pemain yang Memegang Jabatan Kapten Timnas dan Tim EPL 2023/2024Seamus Coleman (premierleague.com)

Dengan usia yang telah menginjak 35 tahun, Seamus Coleman tentu memiliki segudang pengalaman. Tak heran jika pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini dipercaya untuk menjadi kapten. Kini, ia menjabat sebagai kapten Everton dan Timnas Irlandia.

Coleman sendiri mendapatkan jabatan kapten utama Everton sejak awal musim 2020/2021. Kala itu, ia dipercaya untuk menggantikan Leighton Baines yang pensiun. Sedangkan, di Timnas Irlandia, Coleman pertama kali menjadi kapten tim pada Oktober 2013. Namun, ia baru memegang jabatan kapten utama pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jarell Quansah, Calon Pengganti Virgil van Dijk

3. Pengalaman di Timnas Belanda membuat Virgil van Dijk dipilih sebagai kapten Liverpool

4 Pemain yang Memegang Jabatan Kapten Timnas dan Tim EPL 2023/2024Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Virgil van Dijk resmi ditunjuk sebagai kapten Timnas Belanda pada Maret 2018. Ia dipercaya untuk menggantikan Arjen Robben kala itu. Pemilihan Van Dijk didasarkan kepada kepercayaan tim serta kemampuan dan karakteristiknya di lapangan.

Faktor itu juga yang membuat Virgil van Dijk ditunjuk sebagai kapten utama Liverpool pada 2023/2024. Selain itu, Van Dijk juga telah memiliki pengalaman sebagai wakil kapten Liverpool sebelumnya. Tak heran jika bek asal Belanda ini dipilih untuk menggantikan Jordan Henderson yang hengkang.

4. Martin Odegaard pimpin skuad Arsenal dan Timnas Norwegia

4 Pemain yang Memegang Jabatan Kapten Timnas dan Tim EPL 2023/2024Martin Odegaard (premierleague.com)

Karakternya yang dewasa dan bijaksana membuat Mikel Arteta tak segan memilih Martin Odegaard sebagai kapten Arsenal pada Februari 2022. Padahal, Odegaard masih setahun berada di Arsenal kala itu. Ia dipercaya untuk menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang yang hengkang.

Faktanya, Odegaard sudah cukup berpengalaman memegang peran sebagai kapten. Meski masih muda, Odegaard telah dipercaya sebagai kapten Timnas Norwegia sejak usia 22 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah ditunjuk sebagai kapten sejak Maret 2021.

Karakteristik membuat keempat pemain ini terpilih sebagai kapten sepak bola di level klub dan tim nasional. Selain keempat nama ini, Andy Robertson, Serge Aurier, Oleksandr Zinchenko, Tyler Adams, dan Casemiro juga menjabat sebagai kapten di timnas. Namun, mereka tak memiliki jabatan yang sama di level klub.

Baca Juga: Arsenal, Manifestasi Mimpi Martin Odegaard

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya