5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024

Juara Copa Libertadores 2023

Sorotan publik sepak bola dunia sedang menyorot ke sepak bola Eropa yang kompetisinya semakin seru pada awal November 2023. Namun, di belahan dunia lain, tepatnya di Benua Amerika Selatan, Fluminense hadirkan prestasi mentereng. Tim asal Brasil ini keluar sebagai juara Copa Libertadores 2023 setelah mengalahkan Boca Juniors di babak final.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan para pemain, manajemen, dan penggemar Fluminense. Untuk mendapatkan prestasi mentereng ini, Fluminense harus bekerja keras. Deretan pemain berpengalaman yang dipadukan dengan pemain muda berbakat menjadi kekuatan mereka.

Pada skuad juara Copa Libertadores 2023 ini, Fluminense menggunakan lima pemain yang pernah memiliki pengalaman bermain di Eropa. Siapa sajakah mereka? Inilah daftar dan ulasannya. 

1. Jorge Marco minim menit bermain di AS Monaco

5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024Jorge (fluminense.com.br)

Salah satu pemain yang memiliki menit bermain paling sedikit di Fluminense musim ini adalah Jorge Marco. Pria yang berposisi sebagai bek kiri ini harus absen lama karena ligamen. Oleh karena itu, ia baru mencatat empat laga musim ini.

Jauh sebelum bergabung dengan Fluminense, Jorge pernah berkarier bersama AS Monaco. Masa tersebut tidak terlalu baik bagi Jorge karena ia hanya memiliki menit bermain yang minim. Selama 4 tahun (2016--2020) menjadi bagian dari AS Monaco, Jorge hanya tampil sebanyak 24 kali di ajang Ligue 1.

2. Marlon berpengalaman main di LaLiga, Serie A, dan Ligue 1

5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024Marlon (fluminense.com.br)

Marlon Santos adalah sosok bek yang kuat yang dipinjam dari Shaktar Donetsk. Namun, ia tak selalu menjadi pilihan utama di Fluminense pada musim ini. Pasalnya, ia terhitung kalah saing dari David Braz, Nino, ataupun Felipe Melo.

Marlon sendiri pernah memiliki pengalaman bermain di Serie A, LaLiga, dan Ligue 1. Namun, tak semuanya berakhir dengan baik. Bermain di OGC Nice, Sassuolo, dan AC Monza cukup baik baginya. Namun, bermain di Barcelona tampaknya bukan hal yang hebat bagi pria berusia 28 tahun ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminense

3. Felipe Melo sudah akrab dengan LaLiga dan Serie A

5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024Felipe Melo (fluminense.com.br)

Dengan usia yang telah menginjak 40 tahun, bukan tugas yang mudah bagi Felipe Melo untuk tampil prima bersama Fluminense. Oleh karena itu, kini Melo hanya mendapatkan peran sebagai pemain pelapis. Kendati demikian, pengalaman dan kemampuan Melo yang bisa bermain di banyak posisi membuatnya bisa catatkan menit bermain yang ideal.

Pengalaman dan kemampuan tersebut didapat Melo ketika berkarier di Eropa. Ia tampaknya sangat akrab dengan LaLiga, Serie A, dan Liga Turki karena pernah berseragam Racing Santander, Juventus, Fiorentina, Galatasaray, Mallorca, UD Almeria, dan Inter MIlan. Semua klub tersebut pernah merasakan kehebatan Melo dengan performa yang relatif sama.

4. Marcelo miliki prestasi mentereng di Real Madrid

5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024Marcelo (fluminense.com.br)

Lima belas tahun kariernya di Real Madrid menjadi hal yang paling diingat publik sepak bola dari Marcelo. Ia bermain sangat luar biasa sebagai bek kiri dan sulit digantikan. Hebatnya, Marcelo menjadi kunci sukses Real Madrid dalam memanen gelar juara.

Seiring usia yang telah menua, kebugaran Marcelo pun menurun. Sempat membela Olympiacos (2022--2023), kini Marcelo berseragam Fluminense. Klub ini merupakan klub profesional pertama yang dibela Marcelo dalam kariernya.

5. Ganso gagal bersinar di Sevilla

5 Mantan Pesepak Bola Liga Top Eropa yang Bela Fluminense 2023/2024Ganso (fluminense.com.br)

Nama Ganso pernah terkenal ketika ia bermain apik bersama Neymar Jr di Santos. Karena itulah, Ganso bisa bermain di Eropa, tepatnya bersama Sevilla.(2016--2018). Sayangnya, penampilan Ganso cenderung biasa saja dan tak menarik perhatian. Oleh karena itu, selepas gagal di Sevilla, Ganso pulang ke Brasil.

Saat ini, Ganso menjadi pemain hebat bersama Fluminense. Bertugas sebagai playmaker utama, Ganso hadir sebagai pencetak assist terbanyak untuk tm. Tak heran ia dianggap sebagai aset meski usianya tak lagi muda.

Kelima pemain ini menjadi bagian dari sejarah kiprah Fluminense di ajang kompetisi satu benua. Pasalnya, keberhasilan Fluminense menjadi juara Copa Libertadores 2023 ini merupakan kali pertama mereka mengangkat trofi. Lima pemain ini patut berbangga dengan prestasinya.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Fluminense Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya