6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester United

Hanya De Gea, Herrera, dan Mata yang tampil di banyak laga

Pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023, Manchester United berhasil mendapatkan tambahan tenaga baru. Tambahan tenaga tersebut didapat dari Sergio Reguilon, pemain yang didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Tottenham Hotspur. Namun, tak ada opsi pembelian permanen dalam transfer ini.

Pemain asal Spanyol ini dipercaya akan menjadi pesaing ketat bagi Luke Shaw di posisi bek kiri. Jika dilihat dari track record pesepak bola Spanyol bersama Manchester United, tidak semuanya terlihat baik. Terdapat beberapa pemain yang menonjol, namun tak sedikit yang melempem, bahkan tak pernah mencatatkan pertandingan.

Reguilon menjadi pemain Spanyol ke-10 yang pernah dimiliki Manchester United. Sebelum dirinya, hanya ada enam nama yang pernah mencatatkan pertandingan untuk The Red Devils. Siapa sajakah keenam nama yang dimaksud?

1. Ricardo Lopez Felipe jadi pesepak bola Spanyol pertama yang tampil untuk Manchester United

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedRicardo Lopez Felipe (twitter.com/ricardolopezfe)

Ricardo Lopez Felipe tercatat sebagai pemain Spanyol pertama yang menjalani laga resmi bersama Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini didatangkan dari Real Valladolid pada awal musim 2002/2003. Akan tetapi, ia hanya bertahan semusim di tim utama dengan catatan lima penampilan. Pasalnya, ia hanya berperan sebagai kiper cadangan di bawah Fabien Barthez. Namun, ia ikut serta membawa Manchester United juara English Premier League 2002/2003.

2. Manchester United jadi tim senior pertama Gerard Pique

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedGerard Pique (fcbarcelona.com)

Gerard Pique sangat identik dengan Barcelona. Ia menjalani masa mudanya di La Masia dan bertahan lama mengabdi untuk Barcelona. Namun, Manchester United adalah tim senior pertama yang dibela oleh mantan bek Timnas Spanyol ini. Momen tersebut terjadi selama 4 tahun (2004--2008). Pique yang saat itu masih muda hanya mampu mencatat 23 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist untuk Setan merah.

3. David De Gea bertahan lama sebagai ikon tim

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedDavid De Gea (premierleague.com)

Selama 12 tahun (2011--2023), David De Gea selalu setia untuk terus mengawal gawang Manchester United. Ia bermain sangat baik, bahkan sempat menjadi ikon The Red Devils. Refleks yang luar biasa dengan kekuatan yang hebat menjadi kelebihannya. Total, 190 nirbobol dari 545 laga berhasil ia ciptakan. Sayangnya, ia terbuang dan dilepas secara gratis pada musim panas 2023.

Baca Juga: David de Gea, Kiper Lawas yang Tertendang Sepak Bola Modern

4. Juan Mata yang tergeser karena performa

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedJuan Mata (manutd.com)

Juan Mata didatangkan dari Chelsea pada musim dingin 2014. Mata merupakan pemain yang hebat pada awal kedatangannya. Namun, posisinya di skuad Manchester United mulai tergeser karena kehadiran pemain baru dan penurunan performa yang ia alami. Alhasil, Mata hanya mencatat 285 laga dengan sumbangan 51 gol dan 47 assist dari 8 musim sebagai seorang gelandang serang.

5. Ander Herrera berjuang selama 5 tahun

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedAnder Herrera (manutd.com)

Ander Herrera menjalani masa perjuangan membela Manchester United selama 5 tahun (2014--2019). Gelandang kelahiran Basque ini bermain sangat baik dan dikenal sebagai pemain pekerja keras. Tak heran banyak penggemar Manchester United yang menyukai sosok Herrera. Dalam kurun waktu tersebut, Herrera memainkan 189 dengan torehan 20 gol dan 27 assist.

6. Victor Valdes yang terlupakan

6 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Mencatat Laga di Manchester UnitedVictor Valdes (premierleague,com)

Victor Valdes sangat gemilang bersama Barcelona. Namun, saat berseragam Manchester United, Valdes tampak terlupakan. Pasalnya, kiprah Valdes di Old Trafford hanya berjalan 3 bulan (Januari--April 2023). Dalam kurun waktu tersebut, Valdes hanya mencatatkan dua pertandingan.

Selain Sergio Reguilon dan 6 nama dalam daftar ini, Manchester United juga masih memiliki 3 pemain Spanyol. Dia adalah Arnau Puigmal, Marc Jurado, dan Alvaro Fernandez. Pertanyaannya, akankah Sergio Reguilon bersinar bersama Manchester United?

Baca Juga: Profil Sergio Reguilon, Bek Baru Manchester United dari Spurs

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya