5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih Liverpool

Daniel Sturridge paling menonjol!

Sebelum Juergen Klopp melatih Liverpool, klub asal Merseyside ini hampir saja juara English Premier League (EPL) pada 2013/2014 di bawah arahan Brendan Rodgers. Sayangnya, hasil buruk yang didapat Liverpool pada tiga laga terakhir membuat Liverpool disalip Manchester City. Padahal, Rodgers bisa saja menjawab dahaga Kopites terhadap kebutuhan juara liga sama seperti apa yang dilakukan Klopp sekarang.

Rodgers juga dipuja-puja dan sangat dicintai penggemar Liverpool kala itu. Ia dinilai bisa membuat gebrakan yang membuat klub ini tampil hebat. Sayangnya, Liverpool di bawah Rodgers goyah hingga akhirnya pelatih asal Irlandia Utara tersebut dipecat Oktober 2015 setelah 2,5 tahun melatih The Reds.

Saat melatih Liverpool, Rodgers pernah mendatangkan beberapa pemain ternama. Sebut saja Emre Can, Mario Balotelli, Philippe Coutinho, dan Kolo Toure. Namun, ketiga nama tersebut bukanlah rekrutan pertama Rodgers di Liverpool.

Lalu, siapa sajakah rekrutan pertama Brendan Rodgers ketika menangani Liverpool? Berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Fabio Borini gagal bersinar bersama Liverpool

5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih LiverpoolFabio Borini (liverpoolfc.com)

Fabio Borini tercatat sebagai rekrutan pertama Brendan Rodgers ketika melatih Liverpool. Pria asal Italia ini diboyong dari AS Roma dengan biaya 13,3 juta euro (Rp223 miliar) pada 13 Juli 2012. Saat didatangkan ke Anfield, ekspektasi besar hadir untuk Borini. Pasalnya, ia dipandang sebagai pemain muda berbakat kala itu. Sayangnya, Borini gagal bersinar bersama Liverpool dan hanya mencatat 3 gol dan 3 assist dari 36 laga.

2. Joe Allen dibawa Brendan Rodgers dari Swansea City

5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih LiverpoolJoe Allen (twitter.com/FIFAcom)

Tepat sebelum melatih Liverpool. Brendan Rodgers pernah membawa Swansea City tampil gemilang. Saat ditunjuk sebagai pelatih The Reds, ia pun membawa Joe Allen ke Anfield pada 10 Agustus 2012. Ketika berseragam Liverpool, Allen bukanlah pemain yang selalu diandalkan. Namun, ia bisa memposisikan diri dengan berbagai peran. Oleh karena itu, gelandang asal Wales ini mampu mencatat 7 gol, 5 assist, serta 130 laga selama 4 tahun (2012--2016).

Baca Juga: Liverpool Undang Orang Tua Luis Diaz Natalan di Inggris

3. Oussama Assaidi jauh dari kata memuaskan

5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih LiverpoolOussama Assaidi (liverpoolfc.com)

Bermain apik bersama Heerenveen membuat Oussama Assaidi dibeli Brendan Rodgers pada 17 Agustus 2012. Namun, harapa besar Liverpool terhadap Assaidi harus sirna karena permainan dan statistiknya jauh dari kata memuaskan. Pria asal Maroko ini tak bisa berjuang dan bersaing di tim utama. Ia pun hanya mencatat 12 penampilan sebelum akhirnya dijual ke Stoke City semusim berselang.

4. Nuri Sahin didatangkan sebagai pemain pinjaman

5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih LiverpoolNuri Sahin (facebook.com/LiverpoolFC)

Seminggu setelah mendatangkan Oussama Assaidi, Brendan Rodgers pun mendatangkan seorang gelandang dari Real Madrid. Sosok yang dimaksud ialah Nuri Sahin, pria asal Turki yang hanya setengah musim berseragam Liverpool. Dalam kurun waktu yang singkat, Sahin tentu tidak bisa berbuat banyak, meski permainannya cukup memuaskan. Ia hanya mencatat 12 laga dengan torehan 3 gol dan 3 assist.

5. Daniel Sturridge pernah bersinar, tetapi meredup karena cedera

5 Rekrutan Pertama Brendan Rodgers saat Melatih LiverpoolDaniel Sturridge (premierleague.com)

Pada 2 Januari 2013, Liverpool mendatangkan Daniel Sturridge dari Chelsea. Pembelian tersebut sangatlah berarti bagi karier Brendan Rodgers di Liverpool. Sebab, Sturridge menjadi kunci sukses dari permainan apik Liverpool kala itu. Sayangnya, cedera membuat penampilan Sturridge menurun hingga akhirnya meredup. Penyerang asal Inggris ini sukses mencetak 68 gol dan 26 assist dari 160 laga selama berseragam Liverpool.

Meski gagal membawa Liverpool menjadi juara English Premier League kala itu, Brendan Rodgers tetap diingat oleh penggemar Liverpool. Sebab, Rodgers adalah pelatih yang hebat dan mampu membawa Liverpool ke luar dari zona sulit, meski tim ini pernah berada di masa kelam. Lalu, apa yang kamu ingat dari kiprah Brendan Rodgers di Liverpool?

Baca Juga: 4 Pemain Manchester City yang Pindah ke Liverpool di Era EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya