4 Fakta Stadion Ahmad bin Ali, Venue Laga Pembuka Timnas di Piala Asia

Bakal jadi saksi sejarah baru Timnas Indonesia di Piala Asia

Dilansir AFC, Stadion Ahmad bin Ali resmi digunakan sebagai salah satu venue pertandingan Piala Asia 2023. Stadion ini akan menggelar 4 laga fase grup, 1 laga 16 besar, 1 laga perempat final, dan 1 laga semifinal. Stadion ini akan menjadi saksi sejarah kembalinya Timnas Indonesia ke Piala Asia setelah 16 tahun absen. Pertandingan pertama skuad Garuda pada Piala Asia 2023 melawan Irak akan dilangsungkan di stadion yang berkapasitas 45.032 kursi ini.

Stadion Ahmad bin Ali terletak di kota penuh tradisi dan kebudayaan lokal, yaitu Al Rayyan, Qatar. Lantas, seperti apa profil stadion ini? Simak deretan fakta menarik Stadion Ahmad bin Ali berikut!

1. Salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022

4 Fakta Stadion Ahmad bin Ali, Venue Laga Pembuka Timnas di Piala AsiaStadion Ahmad bin Ali (the-afc.com)

Dilansir FIFA, stadion Ahmad bin Ali merupakan salah satu dari 8 stadion yang digunakan untuk Piala Dunia Qatar 2022. Stadion yang baru diresmikan kembali pada 2020 ini mewakili Kota Al Rayyan sebagai host Piala Dunia Qatar 2022. Pertandingan yang digelar di stadion ini adalah 6 pertandingan fase grup dan 1 pertandingan babak 16 besar.

Salah satu big match yang tersaji di stadion Ahmad bin Ali adalah laga panas Grup F antara Kroasia vs. Belgia yang berakhir dengan hasil imbang 0-0. Hasil ini membuat Belgia hanya finis di urutan ke-3 klasemen akhir Grup F Piala Dunia Qatar 2022. Stadion ini menjadi saksi kegagalan mantan tim peringkat 1 FIFA tersebut melaju ke fase gugur.

Baca Juga: Menentang Kans 0,15 Persen Timnas Indonesia di Piala Asia

2. Dijuluki Gateway to the Desert

4 Fakta Stadion Ahmad bin Ali, Venue Laga Pembuka Timnas di Piala AsiaStadion Ahmad bin Ali dan view gurun di sekitarnya (dezeen.com)

Stadion Ahmad bin Ali terletak di tepi lautan pasir Umm Al Afaei, sekitar 20 km dari Kota Doha. Stadion ini dijuluki Gateway to the Desert karena dibangun berdekatan dengan gurun pasir Kota Al Rayyan sekaligus merupakan salah satu landmark Kota Al Rayyan. Meski terletak di tepi gurun, Stadion Ahmad bin Ali dilengkapi dengan area hijau di bagian luar stadion. Selain itu, pada bagian dalam stadion dilengkapi sistem pendingin untuk mengurangi panas dari luar. Beberapa fasilitas pendukung di area luar stadion, antara lain ada gym, lintasan atletik, lintasan sepeda, hingga taman bermain.

3. Markas klub legendaris Qatar, Al Rayyan SC

4 Fakta Stadion Ahmad bin Ali, Venue Laga Pembuka Timnas di Piala Asiapemain Al-Rayyan SC (instagram.com/alrayyansc)

Stadion Ahmad bin Ali menjadi rumah bagi salah satu klub tertua Qatar, yakni Al Rayyan SC. Al Rayyan SC adalah klub olahraga yang tidak hanya menaungi sepak bola, tetapi juga futsal, basket, voli, renang, hingga atletik. Klub ini didirikan tahun 1967 sebagai penggabungan klub lama Al Rayyan dan Al Nusoor.

Stadion Ahmad bin Ali memiliki desain tribun penonton yang bernuansa klub Al Rayyan SC. Warna tribun didominasi merah tua dan hitam sesuai warna jersey Al Rayyan SC. Kemudian, di tribun belakang gawang memiliki pola kepala singa sesuai dengan julukan Al Rayyan SC, The Lions. Al Rayyan SC saat ini berlaga di Qatar Stars League (QSL), yaitu liga kasta tertinggi di Qatar. Klub ini diperkuat beberapa pemain bintang, seperti Sofiane Boufal dan Shogo Taniguchi.

4. Dibangun dari reruntuhan stadion lama

4 Fakta Stadion Ahmad bin Ali, Venue Laga Pembuka Timnas di Piala Asiabagian dalam Stadion Ahmad bin Ali (timeoutdoha.com)

Stadion Ahmad bin Ali awalnya dibangun pada 2003 dengan kapasitas 20.000 kursi. Penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat stadion Ahmad bin Ali dibangun ulang. Renovasi stadion dimulai tahun 2016. Uniknya, lebih dari 90 persen material stadion lama didaur ulang untuk digunakan pada stadion yang baru. Stadion ini baru diresmikan kembali pada 18 Desember 2020, bertepatan dengan hari nasional Qatar.

Piala Asia Qatar 2023 akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia akan melangsungkan laga pertama melawan Irak pada 15 Januari 2024. Mampukah skuad Garuda melakukan selebrasi kemenangan di stadion ini?

Baca Juga: 6 Pemain EPL yang Kemungkinan Absen karena Tampil di Piala Asia 2023

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya