Menentang Kans 0,15 Persen Timnas Indonesia di Piala Asia

Indonesia disebut tak bisa berkutik di Piala Asia

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu lalu, Football Rankings, media berbasis data menelurkan peluang setiap tim lolos ke fase gugur Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Temuan dari mereka cukup bikin gigit jari.

Dalam temuannya, mereka menyebut kans Indonesia untuk lolos ke perempat final Piala Asia 2023 hanya 0,15 persen jadi juara grup dan 7,12 persen jadi runner-up grup. Kans yang dimiliki Timnas Indonesia ini lebih kecil dibandingkan dengan Malaysia.

Skuad "Harimau Malaya" diprediksi lolos ke fase gugur dengan persentase 1,56 persen sebagai juara grup, dan 11,52 persen sebagai runner-up grup. Apakah memang sesusah itu Timnas Indonesia lolos ke fase gugur?

1. Logika yang tidak salah

Menentang Kans 0,15 Persen Timnas Indonesia di Piala AsiaJepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Molly Darlington)

Menilik lawan-lawan Indonesia di fase grup, data dari Football Rankings ini memang bisa diterima secara logika. Pasalnya, lawan-lawan yang bakal dihadapi Indonesia bukanlah tim ecek-ecek.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D di Piala Asia 2023, bersama Jepang, Vietnam, dan Irak. Kecualikan Vietnam yang sudah sering ditemui di ajang-ajang Asia Tenggara. Ada Jepang dan Irak yang namanya harum di Asia.

Tak pelak, peluang Indonesia untuk lolos pun disebut kecil. Hal itu diamini oleh pengamat sepak bola ASEAN, Steve Darby. Secara realistis, Jepang dan Irak adalah tim yang kuat di Grup D ini.

"Kami harus menyadari secara realistis Jepang adalah tim terkuat di grup. Sepak bola bukan dongeng, jadi tim yang lebih kuat biasanya akan menang," ujar Darby dikutip dari media Vietnam, The Thao Van Hoa.

Baca Juga: Ambisi Justin Hubner Antar Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

2. Steve Darby sebut Timnas Indonesia bisa beri kejutan

Menentang Kans 0,15 Persen Timnas Indonesia di Piala AsiaTimnas Indonesia lawan Filipina. (Dok. PSSI)

Terlepas dari logika yang memang tak salah dari perhitungan 'Football Rankings", Darby menyebut bahwa Indonesia bisa tampil mengejutkan di Piala Asia 2023. Namun, dia juga tak abai bahwa sepak bola Indonesia acap kurang stabil.

"Indonesia juga punya banyak pemain bagus dan fans yang sangat bersemangat. Namun pengelolaan dan pengoperasian sistem sepak bola negara ini yang kurang baik sehingga menimbulkan banyak ketidakstabilan," ujar Darby.

3. Upaya melawan logika 0,15 persen di Piala Asia nanti

Menentang Kans 0,15 Persen Timnas Indonesia di Piala AsiaTimnas Indonesia berlatih di Irak. (pssi.org)

Darby mengungkapkan, Indonesia bisa tampil mengejutkan di Piala Asia 2023. Syaratnya, persiapan mereka harus matang betul. Dukungan dari PSSI selaku federasi juga jadi hal utama dalam membantu performa skuad Garuda di ajang tersebut.

"Jika mereka dapat menstabilkan situasi dan mendapat dukungan tepat waktu, mereka akan menjadi tim yang kuat. Oleh karena itu, tidak mudah untuk memprediksi tim mana yang akan menempati posisi kedua grup setelah Jepang," ujar Darby.

Masih ada waktu satu bulan bagi Timnas Indonesia untuk mempersiapkan diri jelang Piala Asia 2023 nanti. Tentu, masih ada masa juga bagi mereka untuk mempersiapkan diri melawan logika 0,15 persen. Syaratnya ya itu, persiapan mereka harus matang.

Terdekat, Timnas Indonesia akan melakoni pemusatan latihan (TC) ke Turki jelang Piala Asia 2023 nanti, tepatnya 20 Desember. Ini akan jadi salah satu upaya mereka untuk menentang logika 0,15 persen yang menyudutkan skuad Garuda.

Baca Juga: Piala Asia Mepet, PSSI Minta Jay dan Nathan Cepat ke Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya