Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne Pattynama

Klub papan atas Liga Norwegia

Liga Norwegia mulai banyak diminati pencinta sepak bola di Indonesia, baik dengan menonton pertandingan-pertandingannya maupun mengakses berbagai informasi terkait perkembangan mereka. Liga Norwegia makin dikenal di Tanah Air berkat kehadiran pemain naturalisasi Shayne Pattynama yang bermain untuk Viking FK.

Pattynama sendiri bergabung dengan Viking FK pada 2021. Ia selalu menjadi pilihan utama tiap klub bertanding.

Sejak didirikan, Viking FK telah menjadi salah satu kekuatan utama dalam kompetisi sepak bola Norwegia. Klub yang berbasis di Stavanger ini memiliki julukan De Morkebla atau The Dark Blues. Untuk lebih lanjut, berikut profil lengkap Viking FK!

1. Viking FK berdiri di Stavanger pada 10 Agustus 1899

Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne Pattynamamomen-momen penting dari Viking FK (vikingfotball.no)

Viking Fotballklubb merupakan sebuah klub sepak bola profesional yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Norwegia. Viking FK sendiri adalah salah satu klub sepak bola tertua di Norwegia. Klub ini didirikan di Stavanger pada 10 Agustus1899. 

Pada awal-awal berdirinya, Viking FK hanya memainkan sepak bola yang sebagian besar merupakan pertandingan lokal. Saat menginjak usia 30-an, Viking FK mulai menorehkan prestasi di tingkat nasional. Pada 1933, mereka berhasil melaju ke partai final Piala Sepak Bola Norwegia. Sayangnya, dalam partai final tersebut, mereka harus takluk dari Mjondalen 1-3. Akhirnya, pada 1953, Viking FK berhasil memenangi Piala Sepak Bola Norwegia pertamanya setelah mengalahkan Lillestrom 2-1.

2. Peraih 8 gelar juara liga dan 6 piala domestik

Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne PattynamaPara pemain Viking FK saat merayakan keberhasilannya menjuarai Piala Sepak Bola Norwegia 2019. (vikingfotball.no)

Viking FK memiliki prestasi yang cukup mentereng di sepak bola Norwegia. Sejauh ini, mereka telah mengoleksi delapan gelar juara liga teratas. Selain itu, Viking FK telah memenangi enam gelar juara piala domestik, yang terakhir kali didapatkan pada 2019.

Klub ini telah bermain di divisi teratas sejak liga didirikan, kecuali pada 1966/1967, 1987/1988, dan 2018. Hal ini membuat Viking FK menjadi tim yang paling banyak berpartisipasi di papan atas liga dibandingkan klub mana pun di Norwegia. Sedangkan, di kancah Eropa, keberhasilan tertinggi mereka adalah menyingkirkan Sporting CP pada putaran pertama Piala UEFA 1999/2000, menyingkirkan tim kuat Chelsea dari turnamen dan putaran yang sama pada 2002/2003, dan lolos ke babak grup Piala UEFA 2005/2006.

Baca Juga: Mimpi Shayne Pattynama: Antar Timnas Indonesia ke Piala Dunia

3. Memiliki logo dengan gambar potongan pohon ek di bagian tengah

Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne Pattynamalogo Viking FK (brandpad.io)

Logo klub Viking FK berbentuk seperti bendera dengan warna merah marun secara dominan dan warna emas sebagai coraknya. Di dalam logo tersebut terdapat tulisan Viking FK di bagian atas, sebagai nama dari klub. Di bagian tengah, terdapat gambar potongan pohon ek. Nomor 18 dan 99 merupakan tahun berdirinya klub, yaitu 1988. Di bagian bawah terdapat kata "Stavanger" sebagai kota Viking FK berasal.

4. Mengubah jersey untuk menghindari lunturnya warna pada emblem

Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne Pattynamajersey utama Viking FK tahun 2023 (instagram.com/viking_fk)

Viking FK memiliki jersey utama berwarna biru tua. Awalnya, pada 1899, warna utama dari jersey Viking FK adalah putih. Hal ini ternyata menjadi masalah saat itu. Warna putih pada jersey membuat emblem yang ada di dalamnya harus dilepas tiap kali akan di cuci untuk menghindari lunturnya warna merah dan kuning pada emblem. Oleh karena itu, klub mengubah warna jersey menjadi biru tua. Dari situlah Viking FK mulai dijuluki The Dark Blues.

5. SR-Bank Arena sebagai markas utama Viking FK

Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne PattynamaSR-Bank Arena, markas Viking FK (instagram.com/viking_fk)

SR-Bank Arena adalah stadion sepak bola yang terletak di tepi Gandsfjorden, Stavanger, Norwegia. Stadion ini digunakan sebagai markas utama Viking FK yang dibuka pada 2004 dan memiliki kapasitas sekitar 15.900 penonton. Sebelumnya, stadion ini bernama Viking FK. Namun, karena alasan sponsor, pada 10 April 2018 Stadion Viking FK berubah nama menjadi SR-Bank Arena.

Itu tadi profil lengkap Viking FK, klub papan atas Liga Utama Norwegia yang diperkuat pemain naturalisasi Indonesia, Shayne Pattynama. Dilansir Transfermarkt, kontrak sang pemain di Viking FK sendiri akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Baca Juga: Shayne Pattynama Berkarier Sejak Usia 6 Tahun

Muhammad Zayyin Al-islam Photo Writer Muhammad Zayyin Al-islam

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya