4 Pemain Inggris yang Menjadi Penggawa Liverpool 2023/2024

Tak semuanya menjadi pilihan utama Jurgen Klopp

Liverpool harus absen di Liga Champions Eropa musim 2023/2024. Hal itu tak lepas dari capaian kurang memuaskan di musim sebelumnya dengan mengakhiri kompetisi English Premier League (EPL) di posisi 5.

Tak ingin terlalu lama terpuruk, Liverpool bergegas melakukan perombakan skuad dengan melepas dan mendatangkan pemain untuk menyambut musim 2023/2024. Posisi gelandang menjadi yang paling serius dibenahi oleh sang pelatih, Jurgen Klopp.

Salah satu hal yang menarik adalah cukup banyak pemain asal Inggris yang dilepas Liverpool, seperti Jordan Henderson, James Milner, dan Alex Oxlade-Chamberlain. Liverpool hanya menyisakan empat pemain Inggris di skuadnya untuk mengarungi musim 2023/2024. Berikut daftar keempat pemain Inggris yang dimaksud.

1. Joe Gomez sudah lama berseragam Liverpool

4 Pemain Inggris yang Menjadi Penggawa Liverpool 2023/2024Joe Gomez (instagram.com/joegomez5)

Joe Gomez menjadi pemain Inggris paling senior yang kini membela Liverpool. Tak hanya karena usianya paling berumur, Gomez dicap senior juga karena memiliki masa bakti yang lama bersama The Reds.

Liverpool mendatangkan Gomez dari Charlton pada musim 2015/2016. Pemain berusia 26 tahun ini cukup diandalkan di posisi bek tengah dengan sudah mengantongi 176 penampilan. Gomez terikat kontrak hingga Juni 2027.

2. Trent Alexander-Arnold tak tergantikan di posisi bek kanan

4 Pemain Inggris yang Menjadi Penggawa Liverpool 2023/2024Trent Alexander-Arnold (twitter.com/TrentAA)

Trent Alexander-Arnold bisa dikatakan sebagai pemain Inggris terbaik yang ada di Liverpool sekarang. Perannya begitu vital di sektor bek kanan. Akurasi umpan yang sangat baik menjadi atribut paling menonjol dalam dirinya.

Liverpool patut berbangga lantaran Alexander-Arnold merupakan jebolan akademi Liverpool. Ia dipromosikan ke tim utama The Reds pada 2016/2017. Sejauh ini bek berusia 24 tahun tersebut sudah mencatatkan 277 laga, 16 gol, dan 73 assist. Durasi kontraknya tersisa hingga Juni 2025.

Baca Juga: Joao Cancelo vs Trent Alexander-Arnold, Siapa yang Lebih Baik?

3. Curtis Jones menjadi salah satu opsi di lini tengah Liverpool

4 Pemain Inggris yang Menjadi Penggawa Liverpool 2023/2024Curtis Jones (twitter.com/curtisjr_10)

Selain Alexander-Arnold, Curtis Jones juga merupakan pemain Inggris jebolan akademi Liverpool. Ia sudah berada di skuad utama Liverpool sejak 2020/2021. Sayangnya, Jones belum bisa menjadi pilihan utama Jurgen Klopp di sektor gelandang.

Pemain berusia 22 tahun tersebut tercatat telah bermain sebanyak 99 kali dengan torehan 11 gol dan 11 assist. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2027, Jones harus bekerja lebih keras agar mampu bersaing dengan gelandang Liverpool lainnya dan mendapat lebih banyak menit bermain.

4. Harvey Elliott menjadi pemain Inggris termuda yang dimiliki Liverpool saat ini

4 Pemain Inggris yang Menjadi Penggawa Liverpool 2023/2024Harvey Elliott (instagram.com/harvelliott)

Pemain Inggris lainnya yang kini berkiprah bersama Liverpool adalah Harvey Elliott. Ia bahkan menjadi pemain termuda kedua Liverpool di usianya yang saat ini baru menginjak 20 tahun. Elliott merupakan seorang gelandang serang potensial.

Kariernya di Anfield dimulai pada 2019/2020 saat ia diboyong dari Fulham. Namun, Elliott harus terlebih dahulu dipinjamkan ke Blackburn Rovers sebelum akhirnya menembus skuad utama Liverpool pada 2021/2022. Sampai detik ini, ia sudah mengemas 70 penampilan, 6 gol, dan 4 assist. Masa baktinya bersama The Reds masih ada hingga Juni 2027.

Keempat pemain Inggris di atas memang tak semuanya menjadi pilihan utama Jurgen Klopp. Meskipun demikian, mereka tetap menjadi bagian penting dari skuad Liverpool. Terlebih lagi usianya masih muda sehingga masih banyak waktu untuk bisa berkembang.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey Elliott

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya