5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Salah satunya Nemanja Matic! 

Serbia merupakan salah satu negara Eropa dengan kekuatan sepak bola jempolan yang kini menduduki peringkat ke-25 FIFA. Meski belum pernah meraih gelar Piala Dunia maupun Piala Eropa, Serbia kerap melahirkan pemain berbakat. 

Banyak pemain dari Serbia tersebar di liga top dunia, seperti Premier League. Tercatat, ada 29 pemain Serbia yang pernah berkarier di Premier League. Dari jumlah tersebut, berikut 5 pemain Serbia yang menjadi andalan klubnya dengan catatan penampilan terbanyak di Premier League.

1. Branislav Ivanovic (273 penampilan)

5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueBranislav Ivanovic (twitter.com/ChelseaFC)

Branislav Ivanovic adalah pemain Serbia yang paling sering main di Premier League. Ia menjadi salah satu legenda Chelsea setelah membela klub tersebut pada 2008–2017. Sempat hijrah ke Zenit, ia lalu kembali ke Premier League selama semusim pada 2020/2021 bersama West Bromwich Albion.

Sebagai seorang bek tengah, ia sukses mencatatkan 273 penampilan di Premier League dengan catatan 22 gol dan 23 assists. Ivanovic juga sukses meraih tiga gelar Premier League bersama Chelsea. Saat ini, ia sudah tak lagi aktif sebagai pemain setelah pensiun pada Juli 2021.

2. Nemanja Matic (251 penampilan)

5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueNemanja Matic (twitter.com/ManUtd)

Nemanja Matic merupakan seorang gelandang bertahan jempolan asal Serbia yang pernah membela dua klub besar Premier League. Ia terlebih dahulu berseragam Chelsea pada 2009–2010 dan 2014–2017. Matic lalu bermain untuk Manchester United pada 2017–2022.

Matic total bermain dalam 251 laga di Premier League dengan mengemas 6 gol dan 25 assists. Tiga gelar Premier League juga sukses ia raih bersama Chelsea. Gelandang berusia 33 tahun ini akhirnya hengkang ke AS Roma pada Juli 2022.

Baca Juga: 6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarah

3. Nemanja Vidic (211 penampilan)

5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueNemanja Vidic (twitter.com/ManUtd)

Nemanja Vidic dikenal sebagai bek tengah Serbia yang sangat loyal dengan Manchester United. Ia aktif berkiprah di Premier League bersama The Red Devils pada 2006–2014. 

Dalam kurun waktu delapan tahun, Vidic merumput sebanyak 211 laga Premier League. Sebagai seorang bek, ia cukup produktif dengan mencetak 15 gol dan 4 assists

Berkat ketangguhannya dalam mengawal pertahanan Manchester United, Vidic sukses mencicipi lima gelar Premier League. Sang pemain akhirnya memutuskan gantung sepatu pada Januari 2016.

4. Dejan Stefanovic (190 penampilan)

5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueDejan Stefanovic (portsmouthfc.co.uk)

Dejan Stefanovic menjadi pemain Serbia yang cukup sibuk di Premier League. Pasalnya, ia pernah membela tiga klub berbeda, yakni Sheffield Wednesday, Portsmouth, dan Fulham.

Ia mengawali karier di Premier League bersama Sheffield Wednesday pada 1995–1999. Dejan kemudian berseragam Portsmouth pada 2003–2007. Kariernya di Premier League ditutup dengan membela Fulham pada 2007–2008. 

Sebagai seorang bek tengah, Dejan tampil dalam 190 laga Premier League dengan torehan 7 gol. Sayangnya, pemain yang pensiun pada Juli 2011 ini gagal merengkuh gelar Premier League.

5. Luka Milivojevic (165 penampilan)

5 Pemain Serbia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueLuka Milivojevic (twitter.com/premierleague)

Luka Milivojevic juga menjadi salah satu pemain Serbia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Ia kini masih bermain untuk Crystal Palace. Kiprahnya bersama klub tersebut dimulai pada Januari 2017 usai diboyong dari Olympiacos.

Hingga detik ini, Milivojevic telah  bermain dalam 165 laga di Premier League dengan mengemas 28 gol dan 5 assists. Namun, ia belum pernah meraih trofi Premier League. Gelandang bertahan berusia 31 tahun ini terikat kontrak dengan Crystal Palace hingga Juni 2023.

 

Dari kelima pemain Serbia di atas, hanya Luka Milivojevic yang berpeluang untuk terus menambah penampilannya di Premier League mengingat masih aktif membela Crystal Palace. Akankah ada pemain Serbia yang mampu menyalip catatan penampilan Branislav Ivanovic?

Baca Juga: 5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic Terbaru

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya