Comscore Tracker

Belum Berusia 23 Tahun, Ini Dia 5 Kiper Masa Depan Timnas Indonesia 

Indonesia memang gak pernah kehabisan stok kiper 

Meski belum banyak berbicara di kancah internasional, Timnas Indonesia terus menunjukkan kenaikan grafik permainan. Perlahan tapi pasti, pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong mampu memunculkan gaya permainan baru. Selain lini penyerangan, yang juga menarik disimak adalah barisan penjaga gawang. Shin Tae-yong berani memainkan penjaga gawang muda. 

Tak kehabisan stok, ini dia xx penjaga gawang muda Indonesia yang berumur di bawah 23 tahun.

1. Muhammad Riyandi 

Belum Berusia 23 Tahun, Ini Dia 5 Kiper Masa Depan Timnas Indonesia Instagram.com/m.riyandi_1

Salah satu pilihan utama pelatih Shin Tae-yong untuk Timnas senior adalah Muhammad Riyandi. Padahal, kiper milik Barito Putera ini masih berusia 21 tahun. Bahkan, Riyandi menjadi andalan dalam tiga pertandingan terakhir Timnas senior. Riyandi sendiri memulai debutnya saat Indonesia dikalahkan Uni Emirat Arab 0-5, 11 Juni 2021 lalu. Saat itu, Indonesia berlaga dalam kualifikasi Piala Dunia. 

2. Adi Satryo 

Belum Berusia 23 Tahun, Ini Dia 5 Kiper Masa Depan Timnas Indonesia Instagram.com/adisatryoo

Selain Riyandi, kiper muda lain yang mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong adalah Adi Satryo. Penjaga gawang milik PSS Sleman ini mencatatkan debutnya untuk Timnas senior pada 29 Mei 2021 lalu. Adi dipercaya menjaga gawang Indonesia saat Timnas kalah dari Oman 1-3 pada pertandingan persahabatan.

Penampilan ini cukup mengejutkan karena pemain 20 tahun ini sebenarnya belum banyak mendapatkan menit bermain di klubnya, PSS Sleman. Saat Piala Menpora lalu, Adi sama sekali tidak dimainkan. Sementara di Liga 1 2021, ia baru sekali menjaga gawang Elang Jawa.

3. Aqil Savik 

Belum Berusia 23 Tahun, Ini Dia 5 Kiper Masa Depan Timnas Indonesia Instagram.com/aqil_savik

Satu nama kiper muda lain yang juga menjadi langganan Shin Tae-yong adalah kiper Persib Aqil Savik. Meski belum pernah mencicipi debut di Timnas senior, Aqil selalu dipanggil Shin di beberapa kali pemusatan latihan. Kiper berusia 22 tahun ini juga diboyong ke Tajikistan saat Indonesia menghadapi Australia semalam. Namun, Aqil hanya duduk di bangku cadangan. Di Persib, Aqil yang dulunya adalah langganan Timnas U-19, juga belum mendapat satu pun kesempatan bermain.

Baca Juga: 5 Kiper Top Aktif yang Jarang Bermain di Timnas, Banyak Saingan!

4. Erlangga Setyo 

Belum Berusia 23 Tahun, Ini Dia 5 Kiper Masa Depan Timnas Indonesia Instagram.com/erlangga._official

Nama Erlangga Setyo mungkin memang belum sepopuler Riyandi atau Aqil Savik. Maklum, kiper berusia 18 tahun ini memang belum pernah mentas di kasta tertinggi. Sempat direkrut oleh Persib Bandung, Erlangga yang kalah saing dengan kiper senior lain ini pun memilih mundur. Ia pun merapat ke Persis Solo.

Ketertarikan Shin Tae-yong terhadap Erlangga sendiri berawal dari penampilannya bersama Garuda Select. Pemain seangkatan Bagus Kahfi ini mampu menjadi andalan utama di skuad itu. Meski belum sempat dipanggil untuk Timnas senior, kiper tertinggi di Indonesia dengan tinggi 192 cm ini sudah mencicipi debut bersama Timnas U-19 tahun lalu. 

5. Ernando Ari Sutaryadi 

Siapa yang tak kenal dengan Ernando. Aksinya bersama Timnas U-16 tahun 2018 lalu membuat pencinta sepak bola kala itu berdecak kagum sekaligus haru. Tepisan mautnya saat drama adu penalti mampu membawa Indonesia menjuarai AFF U-16 untuk pertama kali. 

Setelah itu, kariernya kian melejit. Ia direkrut Persebaya dan membawa Bajul Ijo juara Liga 1 U-19 tahun 2019. Musim ini, pemain berusia 19 juga menjadi penjaga gawang utama Persebaya. Semalam, Ernando pun menjadi bintang saat Indonesia dikalahkan oleh Australia 2-3. Ia tercatat melakukan 5 kali tepisan, salah satunya adalah tendangan penalti.

 

Itu tadi 5 kiper masa depan Indonesia. Semoga terus konsisten ya.

Baca Juga: 6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya