Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke Semifinal

Sukses menembus semifinal dalam 3 musim beruntun

Fiorentina tampil cukup gemilang pada 2023/2024. Klub berjuluk La Viola itu sukses menempati peringkat keempat klasemen Serie A Italia hingga pekan ke-20. Di ajang Coppa Italia, Fiorentina juga sudah masuk empat besar. Mereka menembus babak semifinal usai menyingkirkan Parma dan Bologna pada dua putaran sebelumnya.

Kiprah Fiorentina di Serie A musim ini cukup mengejutkan. Pasalnya, mereka sudah lama tak mampu bersaing masuk empat besar klasemen. Namun, keberhasilan Fiorentina mencapai semifinal Coppa Italia 2023/2024 sebenarnya terbilang wajar. Dalam 5 musim terakhir, Fiorentina ternyata cukup rutin melaju jauh di Coppa Italia.

1. Fiorentina disingkirkan Inter Milan di perempat final Coppa Italia 2019/2020

Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke SemifinalFiorentina melawan Inter Milan di Coppa Italia 2019/2020. (twitter.com/Inter)

Pada 2019/2020, Fiorentina berhasil melaju ke perempat final Coppa Italia. Fiorentina mencapai fase tersebut usai menyingkirkan Monza, Cittadella, dan Atalanta. Namun, La Viola bertemu lawan berat di babak 8 besar, yaitu Inter Milan. Fiorentina pun harus bertindak sebagai tim tamu dalam laga tersebut.

Sesuai dugaan, Fiorentina tak bisa berbuat banyak melawan Inter Milan. Tim tuan rumah tampil jauh lebih dominan dan membuat lebih banyak peluang. Alhasil, Inter Milan sukses membuat dua gol, sementara Fiorentina hanya bisa membalas satu kali. Fiorentina pun kalah 1-2 dan tersingkir.

2. Langkah Fiorentina kembali dijegal Inter Milan di babak 16 besar Coppa Italia 2020/2021

Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke SemifinalFiorentina melawan Inter Milan di Coppa Italia 2020/2021. (twitter.com/acffiorentina)

Fiorentina kembali terjegal oleh Inter Milan di Coppa Italia 2020/2021. Kali itu, Fiorentina sudah bertemu Inter Milan di babak 16 besar. La Viola sebenarnya diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah. Laga berjalan cukup seimbang, bahkan harus berlanjut ke babak tambahan karena skor 1-1 bertahan hingga 90 menit.

Perlawanan sengit pun terus terjadi selama 30 menit babak tambahan. Namun, Fiorentina akhirnya kalah karena kecolongan pada menit ke-119. Romelu Lukaku lolos dari penjagaan lini belakang Fiorentina hingga bisa mencetak gol dengan mudah. Untuk kedua kali beruntun Fiorentina disingkirkan Inter Milan di Coppa Italia dengan skor 1-2.

Baca Juga: Tersingkirnya AC Milan dari Coppa Italia Penuh Kontroversi

3. Fiorentina mencapai semifinal Coppa Italia 2021/2022, tetapi tersingkir oleh Juventus

Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke SemifinalFiorentina melawan Juventus di Coppa Italia 2021/2022. (twitter.com/juventusfc)

Dalam 3 musim terakhir, Fiorentina selalu berhasil mencapai babak semifinal Coppa Italia. Rentetan itu dimulai pada 2021/2022. Saat itu, La Viola sampai semifinal setelah menyingkirkan empat tim, termasuk Napoli dan Atalanta. Namun, lawan mereka di semifinal tak kalah berat, yaitu Juventus.

Babak semifinal Coppa Italia sendiri selalu terbagi dalam dua laga. Pada leg pertama di Artemio Franchi, Fiorentina sempat menahan Juventus tanpa gol hingga pengujung laga. Namun, mereka kebobolan pada menit ke-92. Bek Fiorentina, Lorenzo Venuti, salah mengantisipasi umpan Juan Cuadrado hingga menjebol gawangnya sendiri.

Kalah pada laga pertama, usaha Fiorentina di laga kedua jadi makin berat. Apalagi, mereka harus gantian jadi tamu ke markas Juventus. Benar saja, La Viola akhirnya harus menyerah 0-2 dari Bianconeri. Fiorentina pun kalah agregat 0-3 dan tersingkir.

4. Mimpi Fiorentina juara Coppa Italia 2022/2023 dibuyarkan Inter Milan

Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke SemifinalFiorentina melawan Inter Milan di final Coppa Italia 2022/2023. (twitter.com/Inter)

Pada 2022/2023, laju Fiorentina di Coppa Italia bahkan tak hanya sampai semifinal, tetapi final. Fiorentina berhasil mencapai partai puncak usai menyingkirkan Sampdoria, Torino, dan Cremonese. Sayangnya, lawan yang harus dihadapi Fiorentina di final adalah momok mereka, Inter Milan.

Fiorentina sebenarnya sempat mengejutkan Inter Milan di final dengan unggul cepat. Mereka langsung mencetak gol pembuka via Nicolas Gonzalez pada menit ketiga. Namun, Inter Milan pun tak butuh waktu lama untuk membalas. Nerazzurri sudah berbalik unggul sebelum babak pertama usai melalui brace Lautaro Martinez pada menit 29 dan 37.

Hingga laga usai, tak ada gol tambahan yang tercipta. Mimpi Fiorentina menjuarai Coppa Italia 2022/2023 pun dibuyarkan Inter Milan. Sialnya, itu bukan satu-satunya kegagalan Fiorentina di partai final musim tersebut. Mereka juga mencapai final Europa Conference League 2022/2023, tetapi kalah dari West Ham United.

5. Fiorentina sudah mencapai babak semifinal Coppa Italia 2023/2024

Kiprah Fiorentina 5 Musim Terakhir di Coppa Italia, Rutin ke SemifinalFiorentina melawan Bologna di perempat final Coppa Italia 2023/2024. (twitter.com/acffiorentina)

Pada 2023/2024, Fiorentina sukses menembus semifinal Coppa Italia untuk ketiga kali secara beruntun. Fiorentina mencapai babak 4 besar usai menyingkirkan Parma dan Bologna di putaran sebelumnya. La Viola sempat kesulitan saat menghadapi keduanya, tetapi berhasil menang via adu penalti.

Di semifinal, Fiorentina akan bertemu Atalanta. Fiorentina 2 kali menyingkirkan Atalanta di Coppa Italia dalam 4 musim terakhir. Namun, Atalanta tetap tak bisa dipandang remeh. La Dea mencapai semifinal Coppa Italia musim ini usai menyisihkan AC Milan di perempat final. Pertemuan kedua tim pada April 2024 mendatang bakal menarik disaksikan.

Dalam 5 musim terakhir, Fiorentina kerap melaju cukup jauh di Coppa Italia. Namun, mereka selalu gagal juara. Akankah penantian panjang Fiorentina untuk menjuarai Coppa Italia tuntas musim ini?

Baca Juga: 6 Opsi Bek Tengah Fiorentina pada 2023/2024, Saling Bersaing Ketat!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya