5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih Bermain

Pep Guardiola paling sukses

English Premier League (EPL) 2023/2024 diramaikan oleh banyak manajer berkualitas. Beberapa di antara mereka sudah pernah meraih trofi selama berkarier sebagai manajer. Menariknya, tak sedikit pula yang sudah merasakan sukses saat masih menjadi pemain.

Meraih trofi sebagai pemain memang bukan syarat untuk menjadi manajer hebat. Namun, kesuksesan tersebut bisa jadi modal berharga bagi mereka dalam memimpin timnya di EPL. Tahukah kamu bahwa lima manajer klub EPL berikut ini pernah meraih trofi saat masih bermain?

1. Pep Guardiola menangi 15 trofi saat bermain untuk Barcelona

5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih BermainPep Guardiola berseragam Barcelona. (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola saat ini adalah manajer terbaik di EPL, bahkan mungkin di dunia. Sejak mulai melatih pada 2008, Guardiola telah meraih total 36 trofi. Rinciannya adalah 14 saat menangani Barcelona, 7 trofi di Bayern Munich, dan sejauh ini 15 trofi bersama Manchester City.

Kilau prestasi Guardiola sebagai manajer mungkin membuat banyak orang lupa bahwa ia juga sukses saat bermain. Guardiola adalah eks gelandang bertahan jebolan akademi Barcelona. Ia memperkuat Barcelona medio 1990–2001 dan turut memenangi 15 trofi.

Sayangnya, sinar Guardiola meredup setelah meninggalkan Barcelona. Ia tak meraih trofi saat memperkuat klub lain. Guardiola bahkan sempat terdampar ke Qatar dan Meksiko sebelum pensiun. Jelas bahwa karier Guardiola sebagai manajer memang lebih fenomenal dibanding sebagai pemain.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan yang Lakoni 300 Laga di EPL, Willian Terbaru

2. Mikel Arteta sukses bersama Arsenal sebagai pemain maupun manajer

5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih BermainMikel Arteta berseragam Arsenal. (premierleague.com)

Mikel Arteta yang saat ini menangani Arsenal juga sukses meraih trofi sebagai pemain dan manajer. Semasa bermain, Arteta pernah mengangkat dua trofi bersama Rangers FC. Eks gelandang Spanyol itu juga sukses di Arsenal dengan raihan 2 Piala FA dan 2 Community Shield.

Kini, Arteta dipercaya membesut Arsenal sejak 2019. Hasilnya, 1 Piala FA dan 2 Community Shield sudah ia persembahkan bagi The Gunners. Pria 41 tahun itu juga sukses menyulap Arsenal jadi kandidat juara EPL dalam 2 musim terakhir.

3. Mauricio Pochettino meraih trofi saat membela Newell's Old Boys dan Espanyol

5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih BermainMauricio Pochettino berseragam Espanyol. (twitter.com/RCDEspanyol)

Ada pula Mauricio Pochettino, manajer Chelsea yang merupakan mantan bek tengah asal Argentina. Pochettino mengawali kariernya sebagai pemain di negaranya sendiri. Hasilnya, ia sukses meraih dua trofi bareng Newell's Old Boys.

Setelah pindah ke Eropa, Pochettino juga memenangi dua gelar Copa del Rey di Spanyol bersama Espanyol. Namun, sukses yang lebih besar baru diraih Pochettino setelah jadi pelatih. Ia memenangi tiga trofi selama 1,5 musim membesut Paris Saint-Germain pada 2021–2022.

Pochettino juga menonjol saat menjadi manajer Tottenham Hotspur pada 2014–2019. Meski tak meraih trofi, ia sukses mengubah Tottenham menjadi tim yang disegani. Kini, Pochettino menangani Chelsea sejak awal 2023/2024. Namun, performa The Blues masih belum impresif di bawah kendalinya sejauh ini.

4. Erik ten Hag sempat menangi satu trofi mayor semasa jadi pemain

5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih BermainErik ten Hag mengangkat trofi Piala KNVB saat membela FC Twente. (fctwente.nl)

Erik ten Hag, sang manajer Manchester United, juga pernah meraih sukses saat jadi pemain. Selama bermain, Ten Hag yang berposisi bek memang tak terlalu populer. Pasalnya, ia hanya pernah membela tim-tim semenjana Belanda. Di antaranya adalah FC Twente, RKC Waalwijk, dan FC Utrecht.

Namun, Ten Hag ternyata sempat mengangkat trofi bersama Twente. Ia turut membawa Twente juara Piala KNVB 2000/2001. Itulah satu-satunya trofi mayor yang diraih Ten Hag selama bermain. Kini, sebagai manajer, Erik Ten Hag sudah memenangi total tujuh trofi, baik bersama Ajax Amsterdam maupun Manchester United.

5. Vincent Kompany mempersembahkan 12 trofi bagi Manchester City

5 Manajer Klub EPL 2023/2024 yang Meraih Trofi saat Masih BermainVincent Kompany (mancity.com)

Satu nama lagi adalah Vincent Kompany, manajer Burnley. Fans Liga Inggris pasti masih ingat pada kiprah Kompany sebagai pemain. Pasalnya, Kompany belum lama memulai karier sebagai manajer. Hingga tahun 2019 lalu, ia masih bermain untuk Manchester City, bahkan ia menyandang status menjadi kapten.

Manchester City sendiri adalah klub tempat Kompany meraih banyak sukses. Ia berseragam The Citizens medio 2008–2019 dan menjadi bek tengah andalan. Kompany membawa Manchester City memenangi total 12 trofi. Sebanyak sebelas trofi di antaranya ia raih sebagai kapten.

Kini, Kompany sedang menjalani musim pertamanya menjadi manajer di EPL. Ia memimpin Burnley yang musim lalu dibawanya juara EFL Championship. Namun, persaingan di EPL terbukti jauh lebih ketat. Kompany masih kesulitan membawa Burnley keluar dari zona degradasi EPL 2023/2024.

Sejauh ini, kualitas mereka sebagai manajer pun sudah cukup teruji. Kira-kira, siapa lagi eks pemain bintang yang bakal menyusul mereka untuk menjadi manajer di Premier League dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Gol Awal Cole Palmer di EPL 2023/2024, Tim Besar Jadi Korban!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya