Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang Rekor

Kylian Mbappe berpeluang jadi yang teratas 

Timnas Prancis pernah memenangi Piala Dunia lebih dari sekali. Les Bleus berjaya di Piala Dunia 1998 Prancis dan Piala Dunia 2018 Rusia. Prancis juga pernah 1 kali menjadi runner-up Piala Dunia dan 2 kali peringkat ketiga.

Kesuksesan Prancis tentu tak lepas dari jasa para pemain mereka. Dalam hal mencetak gol di Piala Dunia, para pemain berikut ini adalah jagonya. Bahkan, ada dua pemain aktif yang bisa menyalip koleksi gol mereka di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Just Fontaine (13 gol)

Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang RekorJust Fontaine diangkat oleh rekan-rekannya di Timnas Prancis. (fifa.com)

Pemain Prancis tertajam sepanjang sejarah Piala Dunia adalah Just Fontaine. Fontaine adalah striker legendaris Prancis yang bermain pada 1950–1962. Memiliki karier yang sukses di level klub, Fontaine diingat karena rekor yang ia buat di Piala Dunia 1958 Swedia.

Fontaine mencetak total 13 gol dalam turnamen tersebut. Itu adalah rekor gol terbanyak bagi seorang pemain dalam satu edisi Piala Dunia. Rincian koleksi golnya pun luar biasa. Ia tampil 6 kali dan selalu mencetak gol pada tiap laga, termasuk 3 gol ke gawang Paraguay dan 4 gol ke gawang Jerman.

Sayangnya, ketajaman Fontaine tak berhasil membawa Prancis jadi juara. Les Bleus kalah di semifinal dari Brasil yang saat itu memiliki Pele. Prancis akhirnya mendapat medali perunggu setelah mengalahkan Jerman di perebutan tempat ketiga.

2. Thierry Henry (6 gol)

Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang RekorThierry Henry (fifa.com)

Thierry Henry masih menjadi top skor sepanjang masa Prancis hingga kini. Torehan 51 golnya bagi Les Bleus masih belum tertandingi siapa pun. Itu termasuk 6 gol yang ia buat dalam 4 edisi Piala Dunia, mulai dari Piala Dunia 1998 Prancis hingga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Uniknya, prestasi Henry di tiap Piala Dunia naik turun. Ia mencetak tiga gol di Piala Dunia 1998 dan membawa Prancis juara. Jumlah gol yang sama ia buat pada edisi 2006, di mana Prancis jadi runner-up. Namun, di Piala Dunia 2002 dan 2010, Henry mandul dan Prancis pun tersingkir pada fase grup.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Prancis di Piala Dunia 2018 yang Absen di Edisi 2022

3. Zinedine Zidane (5 gol)

Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang RekorZinedine Zidane (fifa.com)

Berikutnya, ada dua pemain Prancis yang mencetak lima gol di Piala Dunia. Zinedine Zidane melakukannya dalam 12 penampilan di 3 edisi. Bersama Henry, Zidane berperan besar membawa Prancis juara dunia tahun 1998, bahkan mencetak dua gol di partai final.

Kebintangan Zidane juga nyata di Piala Dunia 2006. Ia mencetak 3 gol, termasuk 1 gol di final. Sayangnya, final tersebut berakhir antiklimaks bagi Zidane. Ia diusir wasit karena menanduk Marco Materazzi hingga mencoreng pertandingan terakhirnya bersama timnas.

4. Michel Platini (5 gol)

Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang RekorMichel Platini (fifa.com)

Michel Platini juga mencetak lima gol bagi Prancis di Piala Dunia. Namun, ia melakukannya dalam jumlah laga yang lebih banyak daripada Zidane, yaitu 14 laga. Platini bermain di Piala Dunia 1978 Argentina, Piala Dunia 1982 Spanyol, dan Piala Dunia 1986 Meksiko.

Platini sempat memenangi Ballon d'Or tiga kali beruntun pada 1983–1985. Sayangnya, status pemain terbaik tak membuatnya sukses mengantarkan Prancis jadi juara dunia. Capaian terbaik Platini di Piala Dunia adalah peringkat ketiga Piala Dunia 1986.

5. Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann bisa menyusul para pemain di atas

Para Pemain Prancis Tertajam di Piala Dunia, Ada Pemegang RekorKylian Mbappe dan Antoine Griezmann (instagram.com/k.mbappe)

Di bawah nama-nama di atas, ada beberapa pemain Prancis yang punya koleksi empat gol di Piala Dunia. Mereka adalah Raymond Kopa, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann. Dua nama terakhir patut jadi sorotan karena mereka akan berlaga di Piala Dunia 2022.

Mbappe dan Griezmann berpeluang besar menambah jumlah golnya di Piala Dunia 2022. Namun, mereka harus terlebih dahulu mengatasi beban mental karena Prancis berstatus juara bertahan. Jika berhasil, siap-siap saja melihat Mbappe dan Griezmann bersinar lagi seperti 4 tahun lalu.

Dari kalangan pemain Prancis yang masih aktif, Kylian Mbappe paling berpeluang merajai daftar ini suatu saat nanti. Baru berusia 23 tahun, masa depan Mbappe bersama timnas masih panjang. Berapa total gol yang akan ia buat di Piala Dunia hingga akhir kariernya?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Prancis ke Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya