5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen Klopp

Ada yang belum pernah dikalahkan Klopp

Juergen Klopp adalah salah satu pelatih ternama di dunia sepak bola saat ini. Klopp memulai karier kepelatihannya bersama Mainz 05 pada 2001. Namanya mulai melambung berkat kesuksesan bersama Borussia Dortmund, disusul keberhasilannya membangkitkan Liverpool.

Selama melatih, Juergen Klopp telah beradu taktik dengan banyak pelatih top. Ia punya rekor impresif atas banyak di antara mereka. Sebaliknya, ada pula beberapa pelatih yang punya rekor positif saat menghadapi Klopp. Inilah lima nama di antaranya.

1. Felix Magath

5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen KloppFelix Magath (bundesliga.com)

Felix Magath adalah pelatih yang lama berkarier di Bundesliga Jerman. Magath pernah sukses menjuarai Bundesliga bersama dua klub, Bayern Munich dan VfL Wolfsburg. Magath pun sering bertemu dengan Juergen Klopp saat mereka masih sama-sama melatih di Bundesliga.

Secara total, Magath pernah 14 kali berhadapan dengan Klopp. Hasilnya, ia unggul dengan 8 kemenangan dan 3 kekalahan. Sebagian besar kemenangan diraih Magath saat membesut Bayern Munich sedangkan Klopp menangani Mainz 05.

Kini, Magath dan Klopp sudah lama tidak saling berhadapan. Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 2012 silam. Magath saat ini belum pensiun, tetapi sedang tanpa klub setelah terakhir kali menangani Hertha Berlin pada 2022.

2. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen KloppCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Carlo Ancelotti juga sering berhadapan dengan Juergen Klopp. sejauh ini, kedua pelatih telah bertemu 13 kali. Sebagian besar pertemuan mereka terjadi di Liga Champions Eropa. Namun, keduanya juga pernah berjumpa di English Premier League saat Ancelotti melatih Everton.

Hasilnya, Ancelotti berhasil menang 7 kali atas Klopp dan hanya kalah 3 kali. Kemenangan Ancelotti atas Klopp yang paling krusial terjadi di final Liga Champions 2021/2022. Saat itu, Ancelotti membawa Real Madrid menekuk Liverpool asuhan Klopp hingga meraih gelar juara.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen Klopp

3. Ralf Rangnick

5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen KloppRalf Rangnick (premierleague.com)

Ralf Rangnick punya karier yang tidak sementereng Juergen Klopp. Namun, Klopp patut berterima kasih kepada Rangnick atas kesuksesannya saat ini. Diakui Klopp, Rangnick adalah pelatih yang amat berpengaruh baginya, terutama dalam pengembangan strategi gegenpressing.

Maka, bisa dibilang Rangnick adalah guru bagi Klopp. Tidak heran jika sang guru punya rekor yang positif saat melawan sang murid. Dalam 14 pertemuan, Rangnick sukses mengalahkan Klopp 6 kali dan hanya kalah 3 kali.

Meski demikian, kini Klopp pantas disebut sudah melampaui gurunya. Dalam pertemuan terakhir keduanya, Rangnick keok 0-4 saat memimpin Manchester United melawan Liverpool besutan Klopp. Rangnick sendiri saat ini sudah tidak membesut klub, tetapi membesut Timnas Austria.

4. Zinedine Zidane

5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen KloppZinedine Zidane (realmadrid.com)

Ada pula beberapa pelatih yang belum pernah bisa dikalahkan Juergen Klopp. Salah satunya Zinedine Zidane. Memang, pertemuan Zidane dan Klopp belum banyak terjadi. Keduanya baru pernah berhadapan 3 kali dengan hasil 2 kemenangan untuk Zidane dan 1 imbang.

Semua pertandingan tersebut terjadi di Liga Champions. Salah satunya adalah di final musim 2017/2018. Saat itu, Zidane sukses membawa Real Madrid juara usai mengalahkan Liverpool yang dipimpin Klopp.

5. Roberto De Zerbi

5 Pelatih yang Punya Rekor Positif Melawan Juergen KloppRoberto De Zerbi (premierleague.com)

Satu nama lagi adalah pelatih pendatang baru di English Premier League, Roberto De Zerbi. Ia baru ditunjuk menjadi pelatih Brighton & Hove Albion pada 2022/2023 ini. Baru musim perdana di Inggris, De Zerbi sudah menaklukkan beberapa pelatih yang lebih berpengalaman.

Salah satunya adalah Juergen Klopp sendiri. Musim ini, Brighton dan Liverpool tiga kali bertemu. Hasilnya, De Zerbi membawa Brighton mengungguli Liverpool 2 kali dan seri 1 kali. Pada musim-musim mendatang, De Zerbi dan Klopp bisa makin sering bertemu.

Juergen Klopp punya reputasi sebagai pelatih kelas dunia. Namun, ia kerap kesulitan saat melawan lima pelatih di atas. Adakah kesempatan bagi Klopp untuk memperbaiki rekor melawan mereka?

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Liverpool pada Era Juergen Klopp, Superior!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya