5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga Pasar

Ada yang langsung tajam mencetak gol

Klub-klub Bundesliga Jerman dikenal jarang berbelanja pemain mahal. Pengecualian hanya ada pada Bayern Munich. Selebihnya, klub Bundesliga biasanya penuh perhitungan dalam membeli pemain. Bahkan, sering kali mereka membeli pemain dengan harga lebih rendah dari harga pasarannya.

Meski begitu, tetap saja ada kalanya klub-klub Bundesliga selain Bayern Munich melakukan pembelian pemain dengan harga mahal. Bahkan, tak jarang mereka berani mengeluarkan biaya lebih besar dari harga pasaran seorang pemain. Contoh tersebut juga terjadi pada bursa transfer musim panas 2023, di mana sederet pemain anyar Bundesliga Jerman ini dibeli lebih mahal dari harga pasar.

1. Felix Nmecha (30 juta euro)

5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga PasarFelix Nmecha (instagram.com/felix_nmecha)

Borussia Dortmund dikenal kerap membeli pemain dengan harga murah, lalu kemudian menjualnya mahal setelah berkembang. Namun, kali ini mereka berani memboyong Felix Nmecha dengan harga tinggi. Ia digaet dari VfL Wolfsburg dengan nilai transfer 30 juta euro atau Rp503 miliar.

Padahal, nilai pasaran Nmecha hanyalah setengah dari harga tersebut. Nmecha sendiri adalah gelandang 22 tahun asal Jerman lulusan akademi Manchester City. Nmecha bergabung dengan Wolfsburg pada 2021. Ia melakoni 50 laga bareng Wolfsburg dalam 2 musim sebelum hijrah ke Dortmund.

Baca Juga: 5 Pemain Baru yang Cetak Gol pada Pekan Pertama Bundesliga 2023/2024 

2. Victor Boniface (20,5 juta euro)

5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga PasarVictor Boniface (instagram.com/boniface_jrn)

Victor Boniface juga adalah pemain yang masih berusia 22 tahun. Boniface pindah dari Union Saint-Gilloise ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Ia menarik minat Leverkusen berkat ketajamannya sepanjang 2022/2023 dengan catatan 17 gol dalam 51 penampilan.

Leverkusen pun berani memboyong Boniface dengan mahar 20,5 juta euro atau Rp338 miliar. Padahal, nilai pasaran Boniface hanya 12 juta euro alias Rp198 miliar. Setelah bergabung, Boniface langsung mencetak gol debut bersama Bayer Leverkusen di ajang DFB-Pokal 2023/2024.

3. Lovro Majer (25 juta euro)

5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga PasarLovro Majer (instagram.com/lovromajer)

Lovro Majer juga menjadi gelandang anyar di Bundesliga 2023/2024. Ia baru didatangkan VfL Wolfsburg dari Stade de Rennais dengan harga 25 juta euro atau Rp413 miliar. Harga itu sekitar 5 juta euro lebih tinggi dibanding nilai pasaran Majer.

Majer sendiri adalah gelandang asal Kroasia berusia 25 tahun. Ia merupakan bagian skuad Timnas Kroasia yang merebut tempat ketiga di Piala Dunia 2022. Pada laga perdana Wolfsburg di Bundesliga 2023/2024, Majer langsung dipercaya tampil sebagai starter.

4. El Chadaille Bitshiabu (15 juta euro)

5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga PasarEl Chadaille Bitshiabu (instagram.com/el_chadaille)

Berikutnya, ada El Chadaille Bitshiabu, bek tengah asal Prancis berusia 18 tahun. Bitshiabu menjadi salah satu rekrutan anyar RB Leipzig. Ia diboyong dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan harga 15 juta euro atau Rp247 miliar. Nilai itu dua kali lipat lebih tinggi dari harga pasarannya.

Musim 2022/2023 lalu, Bitshiabu bermain 13 kali di Ligue 1 dan turut membawa PSG jadi juara. Pengalaman Bitshiabu mengangkat trofi bisa jadi aset berharga bagi RB Leipzig. Sayangnya, saat ini ia belum bisa bermain karena sedang mengalami cedera sejak pramusim 2023/2024.

5. Tomas Cvancara (10,5 juta euro)

5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga PasarTomas Cvancara (instagram.com/borussia)

Tomas Cvancara bahkan dibeli klub Bundesliga dengan mahar tiga kali lipat harga pasarannya. Cvancara adalah striker baru Borussia Monchengladbach asal Republik Ceko. Ia didatangkan dari Sparta Praha dengan harga 10,5 juta euro atau Rp173 miliar.

Cvancara menarik perhatian Monchengladbach setelah tampil tajam pada musim 2022/2023 lalu. Ternyata, pilihan Monchengladbach sejauh ini terbukti jitu. Cvancara langsung mencetak 4 gol dalam 2 penampilan perdananya bersama Monchengladbach di DFB-Pokal dan Bundesliga.

Lima pemain di atas dibeli dengan harga lebih mahal dari harga pasarannya pada musim panas 2023. Tentu, harga tinggi membuat ekspektasi terhadap mereka jadi meningkat. Bundesliga 2023/2024 tentunya langsung jadi ajang pembuktian apakah mereka mampu memenuhi ekspektasi tersebut atau malah sebaliknya.

Baca Juga: 6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya