5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang Baru

Ada yang meraih trofi pada musim lalu

Serie A Italia kedatangan pemain dari benua Asia pada bursa transfer musim panas 2022. Kim Min Jae, bek tengah asal Korea Selatan, baru saja diboyong Napoli dari Fenerbahce. Kim pun menyusul jejak para pemain Asia yang pernah membela klub Serie A.

Sepanjang sejarah, Serie A sendiri sebenarnya terbilang jarang disambangi pemain dari Asia. Jumlahnya tidak banyak, dan lebih sedikit lagi yang sukses dan bernama besar. Inilah lima pemain Asia terakhir yang membela klub Serie A Italia.

1. Han Kwang Song

5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang BaruHan Kwang Song berseragam Cagliari. (cagliaricalcio.com)

Sepanjang sejarah, baru ada satu pemain asal Korea Utara yang pernah bermain di Serie A. Ia adalah Han Kwang Song, striker lulusan akademi Cagliari yang kini berusia 23 tahun. Han masuk tim senior Cagliari pada 2017 dan terus bertahan hingga 2020.

Bersama Cagliari, Han mencatat dua belas penampilan, semuanya di Serie A. Setelah itu, Han sempat dibeli Juventus pada Januari 2020, tetapi langsung dijual lagi beberapa hari kemudian ke klub Qatar, Al-Duhail. Han masih aktif bermain saat ini, tetapi sedang berstatus tanpa klub sejak 2021.

2. Takehiro Tomiyasu

5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang BaruTakehiro Tomiyasu berseragam Bologna. (bolognafc.it)

Sementara, Takehiro Tomiyasu adalah pemain asal Jepang yang namanya mulai populer bersama Bologna. Tomiyasu berkostum Bologna selama dua musim pada 2019–2021. Pemain berposisi bek kanan ini sukses menjadi andalan Bologna, hingga mencatat 64 penampilan dengan 3 gol dan 3 assists.

Penampilan apik Tomiyasu di Italia membuatnya diboyong Arsenal pada 2021. Ternyata, ia juga sukses bersinar bareng Arsenal pada musim pertamanya. Tomiyasu pun menjadi salah satu pemain Asia paling menonjol di liga top Eropa saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!

3. Maya Yoshida

5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang BaruMaya Yoshida berseragam Sampdoria. (instagram.com/s04)

Sementara, Maya Yoshida baru saja meninggalkan Serie A pada musim panas 2022. Yoshida adalah bek asal Jepang yang paling populer saat membela Southampton di Premier League Inggris. Yoshida kemudian dipinjamkan Southampton ke Sampdoria pada Januari 2020, lalu dijadikan permanen pada musim panas.

Yoshida pun berseragam Sampdoria selama 2,5 musim. Ia bermain 74 kali di semua ajang dan sempat mengantarkan Sampdoria finis di sepuluh besar Serie A. Kini, Yoshida sudah hengkang dari Sampdoria dan bergabung dengan Schalke 04, klub Jerman yang baru promosi ke Bundesliga 2022/2023.

4. Eldor Shomurodov

5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang BaruEldor Shomurodov memenangi Europa Conference League 2021/2022 bersama AS Roma. (instagram.com/shomurodov.eldor)

Ada pula pemain Asia yang saat ini masih aktif bermain di Serie A. Salah satunya adalah Eldor Shomurodov, striker asal Uzbekistan yang menjadi kapten timnas negaranya. Shomurodov mulai berkarier di Italia bersama Genoa pada 2020, kemudian pindah membela AS Roma sejak 2021.

Dua musim di Italia, Shomurodov sudah bermain 59 kali di Serie A dan mencetak 11 gol. Musim 2021/2022 lalu ia turut membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League. Striker berusia 27 tahun ini masih memiliki masa depan panjang bersama Roma karena diikat kontrak hingga 2026.

5. Kim Min Jae

5 Pemain Asia Terakhir yang Membela Klub Serie A Italia, Ada yang BaruKim Min Jae (sscnapoli.it)

Pemain Asia terbaru yang bermain di Serie A Italia adalah Kim Min Jae. Kim merupakan bek tengah asal Korea Selatan yang baru didatangkan Napoli dari Fenerbahce. Pada 2021/2022 lalu, Kim sukses jadi andalan Fenerbahce di lini belakang hingga tampil empat puluh kali di semua ajang.

Napoli pun kepincut dan memboyong Kim dengan mahar 18 juta euro atau Rp269 miliar. Sejak bergabung, Kim sudah dua kali tampil bareng Napoli di Serie A 2022/2023, bahkan sempat mencetak satu gol. Kim bermain penuh pada kedua laga tersebut, dan mungkin bakal jadi andalan Napoli musim ini.

 

Dari lima pemain di atas, hanya tinggal Eldor Shomurodov dan Kim Min Jae yang masih bertahan di Serie A pada 2022/2023. Bisakah kedua pemain tersebut tampil maksimal musim ini dan turut mengangkat nama Asia di Italia?

Baca Juga: 5 Pemain Anyar yang Mencetak Gol pada Debutnya di Serie A 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya