3 Pemain Asia yang Meninggalkan Bundesliga Jerman Musim Panas 2023

Ada yang sudah mencetak gol bagi klub barunya

Bundesliga Jerman adalah liga top Eropa yang sering disambangi pemain Asia. Sepanjang sejarah, ada puluhan pemain asal Benua Asia yang bermain di Bundesliga. Beberapa di antaranya baru merapat ke Bundesliga pada musim panas 2023, misalnya Kim Min Jae, bek anyar Bayern Munich.

Di sisi lain, tiga pemain Asia justru memilih hengkang dari Bundesliga Jerman pada musim panas 2023. Ada yang pergi secara permanen, ada pula yang hanya berstatus pinjaman. Bagaimana kiprah mereka bersama klub barunya pada awal 2023/2024? Berikut ulasannya.

1. Wataru Endo jadi pelapis berharga di lini tengah Liverpool

3 Pemain Asia yang Meninggalkan Bundesliga Jerman Musim Panas 2023Wataru Endo berseragam VfB Stuttgart. (instagram.com/endowataru)

Pertama, ada Wataru Endo, gelandang bertahan asal Jepang yang memutuskan hengkang dari VfB Stuttgart. Kepindahan Endo menarik perhatian karena ia bergabung dengan klub besar Inggris, Liverpool. Selain itu, Endo juga punya nama besar sebagai kapten Timnas Jepang.

Endo pun menutup kariernya di Bundesliga Jerman yang berlangsung selama 4 tahun. Mulanya ia hanya membela Stuttgart sebagai pinjaman pada 2019/2020. Ternyata, Endo sukses menjelma andalan Die Swabians hingga melakoni 133 penampilan di semua ajang.

Di Liverpool, Endo memang belum menjadi penampil reguler. Namun, ia merupakan pelapis yang berharga di lini tengah, khususnya untuk bertahan. Endo sudah tiga kali tampil di English Premier League 2023/2024 dan ketiganya berujung dengan kemenangan The Reds.

2. Daichi Kamada tinggalkan Bundesliga setelah sukses bareng Eintracht Frankfurt

3 Pemain Asia yang Meninggalkan Bundesliga Jerman Musim Panas 2023Daichi Kamada (instagram.com/kamadadaichi)

Daichi Kamada lebih lama berkarier di Bundesliga dibanding Endo. Kamada mulai bermain di Bundesliga sejak didatangkan Eintracht Frankfurt pada 2017. Namun, ia akhirnya hengkang pada musim panas 2023 dan bergabung dengan Lazio.

Kamada meninggalkan Frankfurt dengan torehan sejumlah prestasi. Ia mencatat 40 gol dan 33 assist dalam total 179 penampilan bersama Frankfurt. Kamada juga sempat membawa Frankfurt memenangi dua trofi, yaitu DFB-Pokal 2017/2018 dan Europa League 2021/2022.

Pengalaman sukses Kamada membuatnya jadi aset penting bagi Lazio. Ia langsung jadi starter dalam empat pekan perdana Serie A 2023/2024. Kamada juga sudah menyumbang 1 gol dan 1 assist. Sayangnya, Lazio sendiri harus menelan hasil buruk berupa 1 kemenangan dan 3 kali kalah.

3. Sardar Azmoun jadi pemain Iran pertama dalam sejarah AS Roma

3 Pemain Asia yang Meninggalkan Bundesliga Jerman Musim Panas 2023Sardar Azmoun (instagram.com/officialasroma)

Satu lagi pemain Asia yang baru meninggalkan Bundesliga adalah Sardar Azmoun. Ia adalah striker asal Iran yang sempat bersinar saat membela Zenit St Petersburg. Bersama Zenit, Azmoun sukses mengoleksi 62 gol dalam 104 penampilan pada 2019–2022.

Catatan itu membuat Azmoun direkrut Bayer Leverkusen pada Januari 2022. Namun, ia tak jadi pilihan utama di lini depan Leverkusen hingga jumlah golnya pun menurun. Azmoun hanya mencetak 5 gol dalam 44 penampilan bersama Leverkusen selama 1,5 tahun terakhir.

Azmoun lalu dilepas ke AS Roma pada musim panas 2023. Statusnya hanya pinjaman, tetapi AS Roma punya opsi untuk membelinya secara permanen. Bagi klub berjuluk Giallorossi tersebut, Azmoun adalah pemain Iran pertama dalam sejarah mereka.

Kepindahan Azmoun sendiri baru terjadi jelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2023. Maka, ia baru sempat bermain satu kali bagi klub barunya. Azmoun turun dalam 6 menit terakhir laga AS Roma melawan Empoli pada pekan keempat Serie A 2023/2024.

Pindah ke klub baru dan liga baru merupakan tantangan bagi tiga pemain di atas. Terutama bagi Wataru Endo dan Daichi Kamada, yang terbilang sudah punya nama di Bundesliga Jerman. Apakah kepindahan mereka bakal berbuah kesuksesan pada musim 2023/2024?

Baca Juga: Lukaku Gemilang Bersama AS Roma, Mourinho Sindir Inter Milan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya