5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 Prancis

Dua pemain Atletico Madrid dilepas pada musim panas 2023

Seperti kebanyakan klub besar Eropa, Atletico Madrid melakukan perombakan skuad di bursa transfer musim panas 2023. Los Rojiblancos sejauh ini sudah mendatangkan lima pemain secara permanen. Sebaliknya, mereka juga telah melepas enam pemain.

Dua pemain di antaranya dijual Atletico Madrid ke klub yang sama, yaitu Olympique Marseille. Jumlah pemain yang pernah dilepas Atletico Madrid ke klub Ligue 1 Prancis pun bertambah. Inilah lima pemain terakhir yang mereka jual ke klub Ligue 1.

1. Radamel Falcao moncer di Prancis bersama AS Monaco

5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 PrancisRadamel Falcao (asmonaco.com)

Atletico Madrid ternyata cukup sering terlibat urusan transfer dengan AS Monaco dalam beberapa tahun terakhir. Yang pertama terjadi pada musim panas 2013. Saat itu, AS Monaco membeli Radamel Falcao dari Atletico Madrid dengan harga 43 juta euro atau sekitar Rp720 miliar.

Harga tersebut membuat Falcao tercatat sebagai pemain termahal kedua dalam sejarah AS Monaco hingga kini. Falcao pun sukses membuktikan bahwa harga tersebut memang pantas bagi dirinya. Striker asal Kolombia itu tampil tajam selama membela Monaco hingga 2019.

Bersama AS Monaco, Falcao mencatat total 140 penampilan dengan 83 gol di semua ajang. Ketajaman Falcao pun sempat membawa AS Monaco menjuarai Ligue 1 Prancis 2016/2017. Mereka sukses menyela dominasi Paris Saint-Germain yang sempat juara liga empat kali beruntun.

2. Gelson Martins masih membela AS Monaco hingga kini

5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 PrancisGelson Martins (asmonaco.com)

Kepindahan pemain dari Atletico Madrid ke AS Monaco kembali terjadi pada musim panas 2019. Pemain yang dimaksud adalah Gelson Martins, winger asal Portugal. Nilai transfer Martins saat itu pun cukup tinggi, yaitu 30 juta euro atau Rp502 miliar.

Martins sebenarnya baru bergabung dengan Atletico Madrid 1 tahun sebelumnya. Namun, ia tak dapat banyak menit bermain. Setelah pindah ke AS Monaco, barulah Martins bisa lebih banyak tampil. Sejauh ini, ia telah melakoni 129 laga di semua ajang bersama AS Monaco.

Baca Juga: 6 Pemilik Nomor Punggung 4 Atletico Madrid sebelum Caglar Soyuncu

3. Caio Henrique alami perbaikan karier setelah tinggalkan Atletico Madrid

5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 PrancisCaio Henrique (asmonaco.com)

Satu lagi pemain yang dilepas Atletico Madrid ke AS Monaco adalah Caio Henrique. Ia adalah bek kiri produk asli akademi Atletico Madrid. Sayangnya, sejak lulus dari akademi pada 2016, Henrique hanya sempat bermain satu kali saja bersama tim utama Atletico Madrid.

Henrique pun dilepas pada musim panas 2020 ke AS Monaco. Bersama Monaco, karier Henrique jauh membaik. Pemain asal Brasil itu sukses jadi andalan hingga bisa mencatat 130 penampilan bareng AS Monaco sejauh ini.

4. Renan Lodi dilepas setelah tak terpakai di Atletico Madrid

5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 PrancisRenan Lodi bergabung dengan Olympique Marseille. (instagram.com/renan_lodi)

Sementara itu, Atletico Madrid sebelumnya jarang melepas pemain ke Olympique Marseille. Namun, kini mereka sudah melego dua pemain sekaligus ke Marseille pada musim panas 2023. Yang pertama adalah Renan Lodi, bek kiri asal Brasil.

Lodi memang sudah tak terpakai di skuad Atletico Madrid sejak musim 2022/2023 lalu. Saat itu, ia dipinjamkan ke Nottingham Forest. Usai kembali dari peminjaman, Lodi dilepas permanen ke Olympique Marseille dengan nilai transfer 13 juta euro alias Rp217 miliar.

Renan Lodi pun menyudahi kariernya bersama Atletico Madrid yang dimulai sejak 2019. Secara total, ia memainkan 118 laga di semua ajang bersama Los Rojiblancos. Lodi juga turut membawa Atletico memenangi trofi LaLiga Spanyol 2020/2021.

5. Geoffrey Kondogbia temani Renan Lodi hijrah ke Marseille

5 Pemain Atletico Madrid Terakhir yang Dijual ke Klub Ligue 1 PrancisGeoffrey Kondogbia (instagram.com/kondogbia)

Geoffrey Kondogbia juga diboyong Olympique Marseille dari Atletico Madrid. Seperti Lodi, Kondogbia sudah mulai tersingkir dari tim utama Atletico. Sepanjang 2022/2023, ia tampil 27 kali di semua ajang, sering kali sebagai pemain pengganti.

Bergabung dengan Marseille berarti Kondogbia akan kembali bermain di Ligue 1 Prancis. Gelandang bertahan asal Republik Afrika Tengah ini memang mengawali kariernya di Prancis. Ia pernah membela RC Lens dan AS Monaco, tetapi belum sempat meraih prestasi berarti di Prancis.

Tiga pemain Atletico Madrid yang hijrah ke AS Monaco sukses jadi andalan. Apakah nasib yang sama juga akan dialami Renan Lodi dan Geoffrey Kondogbia bersama Olympique Marseille?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Bayern Munich yang Dilepas ke Klub Ligue 1

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya