5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton Wanderers

Matheus Cunha pecahkan rekor pemain termahal Wolves

Wolverhampton Wanderers alias Wolves memecahkan rekor pembelian termahal mereka pada musim panas 2023. Wolves membeli Matheus Cunha dengan dana 50 juta euro atau Rp830 miliar. Cunha adalah striker asal Brasil yang selama 1,5 musim terakhir bermain untuk Atletico Madrid.

Kedatangan Cunha tak hanya menarik perhatian karena rekor tersebut. Keberanian Wolves untuk bersaing juga makin kentara dengan seringnya mereka mendatangkan pemain asal Brasil. Termasuk Cunha, Wolves menggaet lima pemain Brasil berikut ini dalam 5 tahun terakhir.

1. Leo Bonatini bawa Wolves promosi ke EPL pada 2018

5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton WanderersLeo Bonatini (wolves.co.uk)

Pertama, ada Leo Bonatini, pemain Brasil berposisi striker. Bonatini mulai membela Wolves pada 2017/2018. Saat itu, statusnya hanya sebagai pinjaman dari klub Arab Saudi, Al Hilal. Namun, Bonatini sukses tampil tajam bersama Wolves yang saat itu bermain di divisi Championship.

Bonatini mencetak 12 gol dalam 47 penampilan pada musim tersebut. Ketajamannya turut membawa Wolves meraih tiket promosi ke EPL. Alhasil, status Bontanini pun dipermanenkan pada musim berikutnya.

Sayangnya, setelah berkarier di EPL, ketajaman Bonatini sirna. Ia tak mencetak satu gol pun di EPL hingga dipinjamkan ke klub lain setelah separuh musim. Bonatini terus dipinjamkan ke klub-klub lain sebelum akhirnya dilepas Wolves secara permanen pada akhir 2022.

2. Fernando Marcal hanya jadi pelapis di Wolves

5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton WanderersFernando Marcal (premierleague.com)

Sementara itu, Fernando Marcal didatangkan Wolves pada awal musim 2020/2021. Marcal adalah bek kiri asal Brasil yang sebelumnya berseragam Olympique Lyon. Meski tak menjadi pilihan utama di Lyon, Marcal tetap menarik minat Wolves.

Bersama Wolves, Marcal pun hanya kebagian peran sebagai pelapis. Ia bertahan di Wolves selama 2 musim dengan total 32 penampilan di semua ajang. Setelah itu, Marcal pulang ke Brasil dan melanjutkan karier bersama Botafogo hingga sekarang.

Baca Juga: 7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023

3. Willian Jose gagal menunjukkan ketajaman bersama Wolves

5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton WanderersWillian Jose (wolves.co.uk)

Willian Jose juga merapat ke Wolves pada 2020/2021, tetapi pada paruh musim. Sang pemain berposisi striker hanya mampir sebagai pinjaman dari Real Sociedad. Statistik Willian Jose selama membela Sociedad cukup bagus, yaitu 170 penampilan dengan 62 gol.

Sayangnya, Willian Jose gagal menunjukkan ketajaman bersama Wolves. Selama setengah musim, ia tampil 18 kali bagi Wolves tetapi hanya mencetak satu gol. Meski ada opsi pembelian, Willian Jose tidak dipermanenkan oleh Wolves setelah musim berakhir.

4. Joao Gomes jadi pemain penting di lini tengah Wolves

5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton WanderersJoao Gomes (instagram.com/joaogomes.01)

Berikutnya ada Joao Gomes, gelandang 22 tahun yang baru bergabung ke Wolves pada Januari 2023. Joao Gomes didatangkan langsung dari Brasil, tepatnya dari Flamengo. Harga pembeliannya cukup mahal, yaitu 18,7 juta euro alias Rp307 miliar.

Ternyata, harga mahal itu tak sia-sia. Joao Gomes langsung terbukti bisa diandalkan di lini tengah Wolves sejak bergabung. Perannya bahkan makin vital pada musim 2023/2024 ini. Sejauh ini, Joao Gomes sudah bermain 15 kali bagi Wolves dan menyumbang satu gol.

5. Matheus Cunha dipermanenkan setelah dipinjam dari Atletico Madrid

5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Wolverhampton WanderersMatheus Cunha (wolves.co.uk)

Matheus Cunha menjadi pemain Brasil terbaru yang dibeli Wolves. Seperti Joao Gomes, Cunha sebenarnya sudah bergabung sejak Januari 2023. Namun, saat itu statusnya hanya pinjaman dari Atletico Madrid. Selama dipinjam, Cunha tampil 20 kali bagi Wolves dan mencetak dua gol.

Statistik itu sebenarnya tak istimewa untuk seorang striker. Namun, Wolves tetap berani membeli sang pemain 24 tahun dengan harga pemecah rekor. Pada musim 2023/2024 ini, Cunha selalu jadi starter dalam empat laga awal Wolves di liga dan sukses mencetak satu gol.

Pemain Brasil hampir selalu dikenal memiliki kualitas di atas rata-rata. Dengan demikian, langkah Wolves mendatangkan lima pemain Brasil dalam 5 tahun terakhir membuktikan tekad mereka untuk berprestasi. Akankah langkah itu membuahkan hasil pada musim 2023/2024?

Baca Juga: 10 Potret Matheus Cunha, Pemain Pinjaman Wolves dari Atletico Madrid

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya