4 Pemain Chelsea yang Tampil sebagai Kapten pada 2023/2024

Dua kapten utama Chelsea rentan cedera

Chelsea masih tertatih-tatih pada 2023/2024. Performa The Blues naik-turun, begitu pula dengan hasil yang mereka dapatkan. Kalau mau diulik, ada banyak hal yang bisa jadi kambing hitam jebloknya Chelsea musim ini. Salah satunya adalah soal kepemimpinan di atas lapangan.

Saat ini, pemain yang menjabat sebagai kapten utama Chelsea adalah Reece James. Bek kanan asal Inggris itu baru diberi tanggung jawab tersebut pada Agustus 2023. Namun, James sering berhalangan dalam menjalankan perannya karena rentan cedera.

Alhasil, musim ini, Chelsea sudah pernah dipimpin oleh empat kapten berbeda di atas lapangan. Berikut ini ulasan hasil yang mereka dapatkan bersama para kapten tersebut.

1. Reece James baru enam kali tampil sebagai kapten Chelsea pada 2023/2024

4 Pemain Chelsea yang Tampil sebagai Kapten pada 2023/2024Reece James (instagram.com/reecejames)

Penunjukkan Reece James sebagai kapten utama Chelsea mulai pada 2023/2024 sebenarnya cukup beralasan. James adalah produk asli akademi Chelsea. Ia juga merupakan salah satu pemain paling lama yang mengabdi di skuad The Blues musim ini.

Sayangnya, masalah cedera membuat James baru bisa enam kali tampil sebagai kapten Chelsea. Dimulai dari laga pembuka English Premier League musim ini, James memimpin rekan-rekannya mengimbangi Liverpool 1-1. Namun, setelah itu ia sudah langsung absen selama hampir 2 bulan karena cedera hamstring.

Setelah pulih, James sempat tampil lagi sebagai kapten dalam 4 laga EPL dan 1 partai Piala Liga Inggris. Hasilnya, Chelsea menang 2 kali, imbang 1 kali, dan kalah 2 kali. Saat ini, James pun lagi-lagi harus menepi karena cedera hamstring yang kambuh.

2. Ben Chilwell jadi kapten Chelsea dalam empat laga sebelum dihantam cedera seperti Reece James

4 Pemain Chelsea yang Tampil sebagai Kapten pada 2023/2024Ben Chilwell (instagram.com/benchilwell)

Saat Reece James menepi, ban kapten Chelsea sempat dikenakan Ben Chilwell. Bek kiri asal Inggris itu memang wakil kapten The Blues. Chilwell pun tampil sebagai kapten Chelsea pada pekan kedua hingga keempat di EPL. Begitu pula dengan laga putaran ketiga Piala Liga Inggris.

Dalam 4 laga tersebut, Chilwell memimpin rekan-rekannya menang 2 kali dan kalah 2 kali. Setelah itu, nasib sial Reece James ternyata menular kepadanya. Chilwell dihantam cedera hamstring sejak awal Oktober 2023. Sejauh ini, ia masih absen dan belum diketahui kapan bakal pulih.

Baca Juga: 4 Eks Pemain Akademi Chelsea yang Pindah ke MU, Ada Mount!

3. Conor Gallagher paling banyak tampil sebagai kapten Chelsea musim ini

4 Pemain Chelsea yang Tampil sebagai Kapten pada 2023/2024Conor Gallagher (twitter.com/ChelseaFC)

Nasib buruk Reece James dan Ben Chilwell musim ini membuat ban kapten Chelsea lebih sering dikenakan Conor Gallagher. Padahal, Gallagher hanya berstatus kapten ketiga. Sejauh ini, gelandang 23 tahun sudah delapan kali menjadi pemimpin The Blues di atas lapangan.

Dari 8 laga tersebut, Gallagher membawa Chelsea meraih 4 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Saat tidak jadi kapten, Gallagher memang sudah diandalkan The Blues. Sejauh ini, ia bermain 18 kali di semua ajang, hampir semuanya sebagai starter.

Gallagher tak hanya bisa diandalkan karena punya kualitas. Ia juga belum sekali pun dihantam cedera musim ini. Namun, ia kadang bermasalah dalam hal disiplin. Gallagher sempat absen di laga kontra Manchester United di EPL 2023/2024 karena hukuman kartu merah.

4. Levi Colwill pimpin Chelsea melawan Manchester United di EPL

4 Pemain Chelsea yang Tampil sebagai Kapten pada 2023/2024Levi Colwill (chelseafc.com)

Pemain keempat yang sempat menjadi kapten Chelsea musim ini adalah Levi Colwill. Ia mengemban jabatan itu saat Gallagher tak bisa tampil di laga melawan Manchester United. Padahal, Colwill baru berusia 20 tahun. Namun, ia dianggap sudah memiliki kapasitas untuk memimpin rekan-rekannya.

Chelsea sendiri akhirnya kalah 1-2 dari Manchester United di laga tersebut. Namun, laga itu tetap memberikan pengalaman berharga bagi Colwill. Bukan mustahil, Colwill memang diproyeksikan untuk menjadi kapten atau wakil kapten Chelsea pada masa depan.

Sering gonta-ganti kapten sepak bola tiap beberapa laga sebenarnya bukanlah kondisi ideal bagi sebuah klub. Namun, Chelsea terpaksa melakukannya karena berbagai alasan. Akankah ada pemain lain yang tampil sebagai kapten Chelsea pada 2023/2024?

Baca Juga: 8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk Petrovic

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya