8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk Petrovic

Petrovic jadi kiper kedua asal Serbia yang membela Chelsea

English Premier League (EPL) 2023/2024 pekan ke-16 menyajikan banyak kejutan. Chelsea, yang masih dianggap sebagai salah satu klub besar, harus kalah melawan tim papan bawah, Everton, pada Minggu (10/12/2023) dengan skor 0-2. Kekalahan ini makin pahit karena kiper utama mereka, Robert Sanchez, mengalami masalah pada lututnya, sehingga harus ditarik keluar sebelum pertandingan usai.

Namun, ini juga catatan sejarah bagi Djordje Petrovic yang melakoni debutnya bersama Chelsea dengan masuk menggantikan Sanchez pada menit ke-84. Ia menjadi salah satu pemain asal Serbia yang pernah membela The Blues.

Termasuk Petrovic, siapa saja pemain asal Serbia yang pernah berseragam Chelsea?

1. Petar Borota menjadi pemain pertama asal Serbia yang bermain untuk Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicPetar Borota (twitter.com/ChelseaFC)

Petar Borota merupakan pemain pertama asal Serbia yang pernah membela Chelsea pada 1979–1982. Pada musim pertamanya bersama The Blues, dirinya bermain di kasta tertinggi Liga Inggris dengan catatan yang cukup buruk, yaitu kebobolan 24 gol dari 10 pertandingan. Chelsea akhirnya terdegradasi pada 1978/1979 dengan finis di peringkat dasar klasemen. Pada musim selanjutnya, Borota bermain di kasta kedua Liga Inggris.

2. Slavisa Jokanovic jadi pemain asal Serbia yang pernah bermain di bawah asuhan Claudio Ranieri

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicSlavisa Jokanovic (twitter.com/Jokanovic)

Pemain selanjutnya yang berasal dari Serbia adalah Slavisa Jokanovic. Ia bermain untuk Chelsea selama 2 musim setelah diboyong dari Deportivo La Coruna pada 2000. Di bawah asuhan Pelatih Claudio Ranieri kala itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini diberi cukup banyak kesempatan bermain dengan mencatatkan 52 penampilan selama 2 tahun di Stamford Bridge.

3. Sempat dianggap striker tajam, Mateja Kezman hanya bertahan semusim di Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicMateja Kezman (chelseafc.com)

Mateja Kezman merupakan salah satu striker tajam pada awal 2000-an dengan menorehkan 129 gol dari 179 laga saat membela PSV Eindhoven. Berduet dengan Arjen Robben, keduanya memiliki julukan Batman and Robben di Eredivisie karena ketajaman mereka. Kezman dan Robben kemudian dibeli Chelsea pada 2004 dan menjadi salah satu pembelian awal era kepelatihan Jose Mourinho. Sayangnya, Kezman gagal bersinar dan hanya bertahan semusim di Inggris sebelum pindah ke Atletico Madrid pada 2005.

4. Slobodan Rajkovic tak pernah dapat kesempatan bermain bersama Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicSlobodan Rajkovic saat berseragam Hamburger SV. (dfb.de)

Slobodan Rajkovic merupakan bek tengah asal Serbia yang direkrut dari OFK Beograd pada 2006. Dirinya menjadi salah satu korban dari kebijakan Chelsea yang dikenal doyan meminjamkan pemain mereka kepada berbagai klub. Bahkan, saking seringnya dipinjamkan, Rajkovic tak pernah tampil sekali pun bersama The Blues. Ia akhirnya dijual secara permanen pada 2011 kepada Hamburger SV.

Baca Juga: 4 Eks Pemain Akademi Chelsea yang Pindah ke MU, Ada Mount!

5. Branislav Ivanovic jadi pemain Serbia paling sukses yang membela Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicBranislav Ivanovic (twitter.com/ChelseaFC)

Bisa dibilang, Branislav Ivanovic menjadi pemain Serbia paling sukses yang pernah berseragam Chelsea. Dibeli dari Lokomotiv Moscow pada 2008, ia berhasil meraih berbagai gelar selama 9 musim di Stamford Bridge. Dirinya telah mengoleksi 1 trofi juara Liga Champions Eropa, 1 trofi juara Liga Europa, 3 trofi juara Premier League, 3 trofi juara Piala FA, 2 trofi juara Community Shield, dan 1 trofi juara Piala Liga. Selain itu, dirinya juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serbia pada 2012 dan 2013.

6. Nemanja Matic punya dua periode karier bersama Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicNemanja Matic (twitter.com/ChelseaFC)

Nemanja Matic memiliki dua periode karier saat membela Chelsea. Periode pertamanya terjadi ketika dirinya dibeli pada 2009. Tampil kurang meyakinkan pada musim perdananya, ia dipinjamkan kepada Vitesse Arnhem selama semusim sebelum dijual ke Benfica pada 2011. Bermain di Portugal selama 2,5 musim, Matic berhasil mengembalikkan performanya hingga dibeli kembali oleh Chelsea pada 2014. Pada periode keduanya bersama The Blues, ia menjadi salah satu pemain penting dalam kesuksesan Chelsea menjuarai Premier League pada 2014/2015 dan 2016/2017.

7. Danilo Pantic melalui berbagai masa peminjaman selama di Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicDanilo Pantic (chelseafc.com)

Danilo Pantic merupakan pemain Partizan Belgrade yang dipinang Chelsea pada 2015 dengan status bebas transfer. Seperti pemain muda The Blues pada umumnya, dirinya mengalami masa peminjaman ke berbagai klub hingga tak memiliki kesempatan tampil semenit pun bersama Chelsea. Tak memiliki masa depan yang jelas di London, ia kemudian kembali ke Belgrade pada 2021 dengan status bebas transfer.

8. Djordje Petrovic jadi pemain asal Serbia terbaru yang membela Chelsea

8 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Chelsea, Termasuk PetrovicDjordje Petrovic (chelseafc.com)

Djordje Petrovic menjadi pemain terbaru asal Serbia yang kini bermain untuk Chelsea. Dibeli dari klub Major Soccer League (MLS), New America Revolution, pada Agustus 2023, dirinya diplot sebagai pengganti Kepa Arrizabalaga yang dipinjamkan kepada Real Madrid. Ia melakoni debutnya bersama Chelsea saat menggantikan Robert Sanchez pada matchday ke-15 EPL melawan Everton. Sayangnya, dirinya harus kebobolan pada menit ke-92 oleh Lewis Dobbin yang membuat timnya kalah 0-2.

Kekalahan Chelsea dari Everton menjadi pukulan telak bagi The Blues. Kekalahan ini membuat mereka terperosok ke peringkat ke-12 klasemen dengan 19 poin. Namun, debut Djordje Petrovic menjadi catatan positif bagi pemain kedelapan asal Serbia yang membela Chelsea. Apakah dirinya dapat mengikuti jejak sukses pendahulunya seperti Branislav Ivanovic? Patut kita nantikan kiprah Chelsea pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Lawan Terakhir Chelsea di EPL pada 2023, Peluang The Blues Bangkit!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya