3 Pemain Denmark yang Pernah Juara EPL, Rasmus Hojlund Berikutnya?

Semuanya berposisi kiper

Manchester United akhirnya berhasil mendapatkan Rasmus Hojlund. Striker muda asal Denmark itu resmi merapat ke Old Trafford setelah ditebus mahal dari Atalanta Bergamo. Demi menggaet Hojlund, Manchester United rela mengeluarkan biaya 75 juta euro atau 1,25 triliun rupiah.

Manchester United memboyong Hojlund karena memang sedang membutuhkan sosok striker baru. Namun, kehadirannya tentu bukan sekadar untuk mengisi posisi kosong. Hojlund diharapkan mampu tampil tajam dan membantu The Red Devils meraih prestasi.

Bukan mustahil Hojlund akan membawa Manchester United menjuarai English Premier League (EPL). Jika berhasil, maka ia bisa menjadi pemain Denmark keempat yang mengangkat trofi EPL. Berikut tiga nama pendahulunya, yang semuanya ternyata berposisi kiper.

1. Peter Schmeichel adalah pemain Denmark tersukses di Premier League

3 Pemain Denmark yang Pernah Juara EPL, Rasmus Hojlund Berikutnya?Peter Schmeichel (manutd.com)

Peter Schmeichel adalah pemain Denmark pertama yang sukses mengangkat trofi Premier League. Schmeichel menjadi kiper utama saat Manchester United menjuarai edisi perdana EPL pada 1992/1993. Selama 6 musim selanjutnya, Schmeichel meraih tambahan empat gelar juara EPL bareng Setan Merah.

Schmeichel pun tercatat sebagai pemain Denmark tersukses, sekaligus kiper tersukses dalam sejarah EPL. Ia juga masih menjadi pemain Denmark dengan penampilan terbanyak kedua di EPL. Ada total 310 laga yang ia mainkan, sebagian besar bersama Manchester United.

Sukses Schmeichel juga tak terbatas di EPL. Ia meraih sepuluh trofi lain bersama Setan Merah. Bahkan, ia mampu membawa Timnas Denmark menorehkan sejarah dengan menjuarai Piala Eropa 1992. Deretan prestasi hebat itu membuat Peter Schmeichel mendapat julukan The Great Dane.

Baca Juga: Peter Schmeichel Hadiri Vidio Premier League Festival

2. Kasper Schmeichel sukses mengikuti jejak sang ayah

3 Pemain Denmark yang Pernah Juara EPL, Rasmus Hojlund Berikutnya?Kasper Schmeichel mengangkat trofi English Premier League (EPL). (lcfc.com)

Kesuksesan Peter Schmeichel meraih trofi Premier League ternyata berhasil diikuti sang putra, Kasper Schmeichel. Di atas kertas, asa Kasper untuk melakukannya sebenarnya terbilang tipis. Pasalnya, tak seperti ayahnya, Kasper lebih sering membela klub-klub kecil.

Awal karier Kasper bahkan lebih banyak dihabiskan di divisi bawah Liga Inggris. Saat mulai membela Leicester City pada 2011, ia masih harus rela bermain di EFL Championship. Setelah 3 musim, barulah ia sukses membawa The Foxes promosi ke Premier League.

Keajaiban lalu terjadi pada 2015/2016. Leicester City yang sama sekali tak diperhitungkan sukses keluar sebagai juara EPL. Sebagai kiper utama, peran Kasper tentu amat besar. Ia tak sekali pun absen dalam 38 laga EPL bersama Leicester sepanjang musim tersebut.

Dengan demikian, nama Peter dan Kasper Schmeichel tercatat dalam buku rekor EPL. Mereka adalah satu-satunya pasangan ayah dan anak yang juara EPL di posisi yang sama. Ada pula pasangan Ian Wright dan Shaun Wright-Phillips yang pernah juara, tetapi keduanya bermain di posisi berbeda.

3. Anders Lindegaard meraih satu trofi Premier League bersama Manchester United

3 Pemain Denmark yang Pernah Juara EPL, Rasmus Hojlund Berikutnya?Anders Lindegaard bersama Sir Alex Ferguson. (instagram.com/anders.lindegaard)

Satu lagi pemain Denmark yang pernah menjuarai Premier League adalah Anders Lindegaard. Ia pun berposisi kiper. Lindegaard adalah kiper cadangan Manchester United pada 2010–2015. Ia turut mengangkat trofi EPL bersama Setan Merah pada 2012/2013.

Lindegaard hanya berstatus kiper pelapis David De Gea saat itu. Namun, ia tetap mendapat kalungan medali juara karena mencatat sepuluh penampilan di EPL. Secara total, Lindegaard melakoni 29 laga bersama Manchester United, termasuk 19 penampilan di EPL.

Sudah ada tiga pemain asal Denmark yang pernah juara Premier League. Uniknya, semuanya berposisi kiper. Rasmus Hojlund bisa menyusul mereka sekaligus menjadi striker Denmark pertama yang memenangi EPL. Akankah terjadi?

Baca Juga: Rasmus Hojlund Sebut 2 Orang yang Pengaruhinya Gabung MU, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya