Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga Mahal

Setelah dilepas, mereka berkembang jadi pemain top

Dalam dunia sepak bola, melepas dan mendatangkan pemain adalah hal yang biasa dilakukan oleh klub. Seorang pemain biasanya akan dilepas ke klub lain jika dirasa tidak terpakai oleh klubnya.

Namun, terkadang pemain tersebut kemudian akan diboyong lagi oleh klub lamanya karena ternyata ia sukses menjelma jadi bintang. Tak jarang, klub harus menggelontorkan uang lebih banyak demi memulangkan pemain yang sempat mereka lepas tersebut.

Bahkan, dalam beberapa kasus, ada pemain yang dilepas dengan harga murah lalu kemudian didatangkan kembali dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal. Siapa saja pemain yang pernah mengalami itu? Ini dia lima di antaranya yang paling dikenal.

1. Nicolas Anelka

Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga MahalNicolas Anelka berseragam Paris Saint-Germain (transfermarkt.com)

Pertama ada Nicolas Anelka, mantan striker top Prancis yang berkarier pada 1996 hingga 2016. Anelka adalah lulusan akademi Paris Saint-Germain. Setelah lulus, ia sempat membela PSG selama setahun. Setelah itu, Anelka dilepas ke Arsenal dengan harga 760 ribu euro alias sekitar Rp12,5 miliar.

Anelka ternyata cukup bersinar bersama Arsenal hingga ia diboyong Real Madrid pada 1999/2000. Setelah tampil tak terlalu tajam bersama Los Blancos, Anelka didatangkan kembali oleh PSG pada awal musim 2000/2001. Namun, PSG harus mengeluarkan uang 34,5 juta euro alias Rp566 miliar untuk memulangkannya ke Paris.

Artinya, PSG menggelontorkan dana sekitar 45 kali lebih mahal dibanding uang yang mereka dapat saat menjual Anelka ke Arsenal. Periode kedua Anelka di PSG sendiri akhirnya hanya berlangsung dua musim saja. Secara total, Anelka bermain 69 kali bersama PSG di semua ajang dan mencetak 19 gol.

2. Francesc Fabregas

Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga MahalFrancesc Fabregas berseragam Barcelona (skysports.com)

Francesc Fabregas sempat menimba ilmu di akademi Barcelona cukup lama, tepatnya selama 6 tahun dari 1997 hingga 2003. Namun, ia baru promosi ke tim senior setelah pindah ke akademi Arsenal. Fabregas didatangkan ke Arsenal pada 2003 dengan mahar 3,2 juta euro atau sekitar Rp55 miliar.

Fabregas lalu tampil luar biasa selama delapan musim membela Arsenal hingga 2011. Barcelona pun kepincut dan memulangkan dirinya. Namun, Blaugrana tentu harus membayar jauh lebih mahal dari uang yang mereka dapatkan saat melepas Fabregas dulu.

Tepatnya, Barca membeli Fabregas dengan harga 34 juta euro atau sekitar Rp558 miliar. Beruntung, harga mahal itu tak sia-sia karena Fabregas juga gacor bersama Barca. Selama tiga musim berseragam Barcelona, Fabregas tampil dalam 151 laga di semua ajang dengan sumbangan 42 gol dan 50 assist.

Baca Juga: Fabregas Peringatkan Messi soal Ketatnya Ligue 1

3. Marco Reus

Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga MahalMarco Reus (instagram.com/marcinho11)

Pemain yang satu ini juga dilepas ke klub lain saat masih menjadi pemain akademi. Marco Reus menimba ilmu di akademi Borussia Dortmund hingga 2006. Namun, klub pertama yang dibelanya adalah Rot Weiss Ahlen yang saat itu bermain di divisi keempat Liga Jerman.

Dortmund saat itu melepas Reus ke Rot Weiss Ahlen dengan gratis. Ternyata, Reus berkembang menjadi gelandang top. Ia sempat menunjukkan sinarnya ketika membela Borussia Monchengladbach selama tiga musim pada 2009 hingga 2012.

Karena itu, Dortmund lalu memulangkan Reus pada 2012. Mereka harus mengeluarkan uang 17 juta euro alias sekitar Rp279 miliar. Sejak itu, Reus terus membela Dortmund hingga sekarang. Ia adalah salah satu pemain kunci Dortmund, bahkan dipercaya menjadi kapten klubnya itu sejak 2018.

4. Mats Hummels

Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga MahalMats Hummels berseragam Bayern Munchen (instagram.com/aussenrist15)

Berikutnya ada Mats Hummels, bek tengah asal Jerman yang merupakan lulusan akademi Bayern Munchen. Hummels sempat membela Munchen pada 2007 hingga 2009. Namun, saat itu ia tak dapat banyak kesempatan bermain bagi Munchen.

Hummels pun dilego ke Borussia Dortmund dengan harga murah, yaitu 4,2 juta euro atau Rp68 miliar. Ternyata ia berkembang jadi bek tangguh bersama Dortmund. Hal itu membuat Munchen memulangkan Hummels pada 2016 meski mereka harus mengeluarkan 35 juta euro alias Rp571 miliar.

Hummels menjalani periode keduanya di Munchen sebagai pemain inti dan turut meraih tujuh trofi. Uniknya, Hummels akhirnya kembali lagi ke Dortmund pada 2019 dan ia masih bertahan hingga kini.

5. Paul Pogba

Dilepas Murah, 5 Pemain Ini Dibeli Mantan Klubnya dengan Harga MahalPaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Terakhir ada Paul Pogba, gelandang top Prancis yang lulus dari akademi Manchester United pada 2011. Pogba yang saat itu baru berusia 18 tahun sempat membela MU selama semusim. Namun, ia hanya dapat kesempatan tampil tujuh kali di semua ajang. Pogba pun hengkang ke Juventus demi mendapat menit bermain lebih banyak.

Pogba bergabung ke Juve dengan status bebas transfer. Ternyata, ia sukses berkembang jadi salah satu gelandang terbaik dunia kala itu. Manchester United bahkan sampai rela memulangkan Pogba pada 2016 dengan harga fantastis, yaitu 105 juta euro alias Rp1,7 triliun.

Nilai itu sempat membuat dirinya memecahkan rekor transfer termahal saat itu. Setelah kembali ke MU, Pogba hampir selalu jadi andalan di lini tengah dan sejauh sudah tampil lebih dari 220 kali. Ironisnya, MU kini terancam kehilangan Pogba secara gratis lagi karena kontraknya akan segera habis pada akhir 2021/2022.

 

Lima pemain di atas sempat dilepas oleh klubnya dengan harga murah, tetapi belakangan dibeli lagi dengan nilai jauh lebih mahal. Mereka berhasil membuktikan potensinya bersama klub lain sehingga mantan klubnya pun rela untuk membeli mereka kembali dengan harga mahal.

Baca Juga: Plot Twist, Pogba Mau Bertahan di MU dengan Satu Syarat

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya