5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar Eropa

Siapa lagi yang akan menyusul?

Banyak pemain Napoli yang namanya saat ini sedang naik daun. Hal itu wajar, mengingat I Partenopei baru saja menjuarai Serie A Italia 2022/2023. Imbasnya, para penggawa Napoli pun menjadi incaran klub-klub besar Eropa pada musim panas 2023.

Satu nama bahkan sudah dilepas, yaitu Kim Min Jae yang resmi merapat ke Bayern Munich. Dengan demikian, Kim mengikuti jejak pada pemain yang pernah hengkang dari Napoli dan bergabung dengan klub besar Eropa. Inilah lima nama terakhir sejauh ini.

1. Gonzalo Higuain khianati Napoli ke Juventus

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar EropaGonzalo Higuain (juventus.com)

Pertama, ada Gonzalo Higuain, striker Argentina yang dilego Napoli ke Juventus pada musim panas 2016. Higuain dijual dengan harga 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Hingga kini, transfer Higuain itu masih tercatat sebagai penjualan pemain Napoli termahal sepanjang masa.

Secara finansial, Napoli memang untung besar dari penjualan itu. Namun, fans I Partenopei berang. Higuain dianggap pengkhianat karena menyeberang ke sesama rival di Serie A. Padahal, selama 3 musim membela Napoli, Higuain amat diandalkan di lini depan.

Higuain mencatat total 91 gol dalam 146 penampilan bareng Napoli. Ia juga membawa Napoli meraih dua trofi dan merebut gelar top skor Serie A. Luka fans Napoli pun makin besar karena Higuain sukses meraih tiga scudetto bareng Juventus, gelar yang gagal ia persembahkan bagi Napoli.

Baca Juga: Newcastle Kalap, Siapkan Rp1,5 Triliun Demi Bintang Napoli

2. Jorginho sukses menjadi andalan Chelsea

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar EropaJorginho memenangi Liga Champions 2020/2021 bersama Chelsea. (instagram.com/jorginhofrello)

Jorginho Frello juga meraih sukses yang lebih besar setelah meninggalkan Napoli. Ia hengkang dari Napoli pada 2018 usai mengabdi selama 4,5 musim. Sebagai gelandang andalan, Jorginho mengantongi total 160 laga dan meraih dua trofi bareng Napoli.

Setelah itu, Jorginho bergabung dengan raksasa Inggris, Chelsea. Ia sukses mempertahankan status sebagai andalan di lini tengah. Jorginho juga meraih lebih banyak trofi bersama Chelsea. Ada empat trofi yang ia dapatkan, termasuk trofi Liga Champions 2020/2021.

3. Fabian Ruiz merapat ke Paris Saint-Germain

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar EropaFabian Ruiz (instagram.com/fabianruiz52)

Ada pula Fabian Ruiz, gelandang asal Spanyol yang dilepas Napoli ke Paris Saint-Germain (PSG). Selama membela Napoli pada 2018–2022, Ruiz mencatat total 166 laga bareng I Partenopei. Ada pula satu trofi Coppa Italia yang turut ia menangi pada 2019/2020.

Pindah ke PSG pada musim panas 2022 membuat Ruiz melewatkan gelar scudetto 2022/2023 yang diraih Napoli. Namun, ia sendiri juga sukses menjuarai Ligue 1 Prancis 2022/2023 bareng PSG. Kontribusi Ruiz pun cukup besar dengan catatan 27 laga di Ligue 1 pada musim tersebut.

4. Kalidou Koulibaly bernasib sial setelah gabung Chelsea

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar EropaKalidou Koulibaly (chelseafc.com)

Seperti Fabian Ruiz, Kalidou Koulibaly juga meninggalkan Napoli pada musim panas 2022. Namun, berbeda dengan Ruiz, Koulibaly justru bernasib sial pada musim 2022/2023. Sementara Napoli juara Serie A, Koulibaly malah menderita di Inggris bersama Chelsea.

Chelsea memang tampil buruk sepanjang 2022/2023. The Blues finis di peringkat 12 klasemen English Premier League serta gagal di ajang lainnya. Koulibaly pun tak bisa berbuat banyak membantu Chelsea meski tampil 32 kali. Bahkan, ia langsung hengkang dari Chelsea pada musim panas 2023.

5. Kim Min Jae sempat diincar beberapa klub sebelum gabung Bayern Munich

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Napoli ke Klub Besar EropaKim Min Jae berperan besar membawa Napoli meraih scudetto 2022/2023. (instagram.com/kiminjae3)

Kim Min Jae menjadi pemain terbaru yang dilepas Napoli ke klub besar Eropa. Ia dilego ke Bayern Munich pada musim panas 2023 dengan nilai transfer 50 juta euro atau Rp833 miliar. Padahal, bek tengah Korea Selatan itu baru bergabung dengan Napoli pada awal musim lalu.

Penampilan apik Kim sepanjang 2022/2023 jadi alasan kepergiannya yang begitu cepat. Kim tampil 45 kali di semua ajang, termasuk 35 laga di Serie A. Peran Kim begitu vital dalam keberhasilan Napoli meraih scudetto hingga ia terpilih sebagai bek terbaik Serie A 2022/2023.

Tak heran jika Kim Min Jae menjadi incaran beberapa klub pada musim panas 2023. Salah satunya raksasa Inggris, Manchester United. Namun, ia akhirnya memilih Bayern Munich. Bersama Bayern Munich, Kim kemungkinan besar akan menjadi pilihan utama di lini belakang.

Selain Kim Min Jae, masih ada sejumlah pemain Napoli yang diincar klub besar Eropa. Victor Osimhen adalah yang paling gencar disebut-sebut. Akankah Osimhen mengikuti jejak Kim dan meninggalkan Napoli pada musim panas 2023?

Baca Juga: 5 Bek Tengah Bidikan Napoli untuk Gantikan Kim Min Jae

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya