5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023

Ada yang meninggalkan Chelsea untuk ke Championship!

Klub-klub English Premier League (EPL) terus berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Selain berbelanja pemain baru, mereka juga melepas sejumlah pemain. Beberapa pemain yang dilepas memang tak masuk dalam rencana klub sehingga mereka hengkang demi tampil lebih banyak.

Setelah hengkang, beberapa ternyata memilih berlabuh ke EFL Championship. Meski hanya berstatus divisi kedua Liga Inggris, Championship tetap menarik untuk dijajal karena cukup populer dan berkualitas. Inilah lima pemain yang dilepas klub EPL ke Championship pada musim panas 2023.

1. Ethan Ampadu dilepas Chelsea ke Leeds United

5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023Ethan Ampadu (instagram.com/ethanamp26)

Ethan Ampadu akhirnya dilepas Chelsea secara permanen. Ampadu adalah bek atau gelandang bertahan asal Wales yang telah menjadi pemain Chelsea sejak 2017. Namun, ia hanya sempat bermain 12 kali bagi The Blues dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Kini, akhirnya Ampadu lepas dari Chelsea. Ia dijual ke Leeds United dengan harga 8,1 juta euro atau Rp135 miliar. Leeds hanya akan bermain di EFL Championship 2023/2024 setelah musim lalu terdegradasi dari EPL. Namun, Ampadu bakal dapat lebih banyak kesempatan bermain bersama mereka.

2. Harry Winks tinggalkan Tottenham Hotspur setelah 21 tahun

5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023Harry Winks lama mengabdi kepada Tottenham Hotspur. (instagram.com/harrywinks)

Harry Winks akhirnya meninggalkan Tottenham Hotspur, klub yang ia bela sejak awal kariernya. Winks telah berseragam Tottenham sejak 2014. Jika menghitung masa di akademi, ia bahkan telah mengabdi sejak 2002. Namun, Winks kerap kesulitan mendapat tempat di tim inti Tottenham.

Pada musim 2022/2023 lalu, Winks dipinjamkan ke Sampdoria. Kini, ia akhirnya dilepas permanen ke Leicester City. Sama seperti Leeds, Leicester baru terdegradasi dari EPL 2022/2023. Winks pun bakal berlaga di Championship untuk pertama kalinya mulai musim depan.

Baca Juga: Andai Gagal Ke Bayern, Harry Kane Bertahan di Tottenham?

3. Conor Coady juga gabung Leicester City

5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023Conor Coady (instagram.com/conorcoady_)

Selain Harry Winks, Leicester City juga memboyong Conor Coady pada musim panas 2023. Coady didatangkan dari Wolverhampton Wanderers dengan harga 8,7 juta euro atau Rp145 miliar. Dengan demikian, Coady pun menyudahi pengabdiannya kepada Wolverhampton yang dimulai sejak 2015.

Bersama Wolverhampton, Coady sukses mencatat 317 penampilan di semua ajang. Bek tengah asal Inggris itu adalah salah satu pemain kunci saat Wolverhampton menjuarai EFL Championship pada 2017/2018. Kini, Coady akan kembali berlaga di ajang yang pernah ia menangi tersebut.

4. Asmir Begovic bakal jadi kiper utama Queens Park Rangers

5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023Asmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Ada pula Asmir Begovic, kiper 36 tahun asal Bosnia yang sarat pengalaman di EPL. Begovic pernah melakoni 256 laga di EPL bersama lima klub berbeda. Salah satunya Everton yang ia bela dalam 2 musim terakhir sebagai pelapis Jordan Pickford.

Begovic hengkang dari Everton pada musim panas 2023 setelah kontraknya habis. Ia merapat ke Queens Park Rangers (QPR), klub yang nyaris terdegradasi dari Championship 2022/2023. Begovic langsung diberi nomor punggung 1 oleh QPR, pertanda bahwa ia akan dijadikan kiper utama.

5. Wesley Moraes dilepas setelah gagal di Aston Villa

5 Pemain yang Dilepas Klub EPL ke Championship pada Musim Panas 2023Wesley Moraes (stokecityfc.com)

Satu nama lagi adalah Wesley Moraes, striker Brasil yang baru bergabung dengan Stoke City. Moraes sebelumnya membela Aston Villa sejak 2019. Saat itu, ia diboyong Aston Villa setelah tampil tajam dan meraih gelar juara Liga Belgia bersama Club Brugge.

Sayangnya, karier Moraes bersama Aston Villa tak berjalan mulus. Ketajamannya menurun, ditambah cedera parah yang menimpanya selama lebih dari 1 tahun. Moraes pun telah meninggalkan Aston Villa dengan catatan hanya 26 penampilan dan 6 gol di semua ajang.

Pindah dari klub EPL ke Championship mungkin tampak seperti penurunan karier bagi lima pemain di atas. Namun, bukan mustahil mereka malah bisa lebih bersinar di Championship. Adakah pemain lain di EPL yang bakal menyusul langkah mereka ke klub Championship?

Baca Juga: 8 Pemain Digaet Klub EPL dari Klub Championship pada Musim Panas 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya