4 Pemain Italia Tinggalkan Serie A ke Klub Asing pada Musim Panas 2023

Ada yang memecahkan rekor pemain termahal

Serie A Italia diwarnai banyak kepindahan pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Para pemain asal Italia tentu terlibat dalam transfer pemain ini. Kebanyakan dari mereka memilih pindah ke sesama klub Serie A atau setidaknya bergabung ke sesama klub Italia.

Ada pula empat pemain Italia yang memilih meninggalkan Serie A dan merapat ke klub di luar negeri. Bahkan, ini adalah kali pertama mereka berkarier di luar Italia. Inilah pemain Italia yang tinggalkan Serie A ke klub asing pada musim panas 2023.

1. Sandro Tonali jadi pemain Italia termahal sepanjang masa

4 Pemain Italia Tinggalkan Serie A ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Sandro Tonali jadi andalan selama membela AC Milan. (instagram.com/sandrotonali)

Bursa transfer musim panas 2023 dihiasi rekor baru bagi dunia sepak bola Italia. Sandro Tonali resmi menyandang status pemain Italia termahal sepanjang masa berkat kepindahannya ke Newcastle United. Tonali diboyong dari AC Milan dengan harga 64 juta euro atau Rp1,05 triliun.

Newcastle melihat potensi besar Tonali hingga berani membelinya dengan harga mahal. Selama berseragam AC Milan dalam 3 musim terakhir, Tonali memang sukses jadi andalan Rossoneri. Gelandang 23 tahun itu memainkan 130 penampilan di semua ajang.

Saat AC Milan menjuarai Serie A 2021/2202, Tonali jadi salah satu pemain kunci. Begitu pula saat Rossoneri melangkah ke semifinal Liga Champions Eropa 2022/2023. Bersama Newcastle, Tonali tentu diharapkan memberi efek serupa.

Sejak bergabung, Tonali langsung jadi andalan Newcastle. Ia sudah tampil empat kali dan selalu jadi starter. Tonali bahkan sukses mencetak gol pada laga debutnya bagi The Magpies. Sayangnya, performa Newcastle sendiri masih angin-anginan pada awal musim 2023/2024 ini.

2. Guglielmo Vicario gantikan Hugo Lloris jadi kiper utama Tottenham Hotspur

4 Pemain Italia Tinggalkan Serie A ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Guglielmo Vicario (instagram.com/guglielmovicario)

Guglielmo Vicario juga hijrah ke klub English Premier League dengan harga cukup mahal. Vicario adalah penjaga gawang 26 tahun yang sebelumnya membela Empoli. Berkat penampilan apik pada 2022/2023, Vicario sukses menarik minat Tottenham Hotspur.

Vicario pun diboyong Tottenham dengan nilai transfer 20 juta euro atau Rp329 miliar. Ia bahkan langsung diplot jadi kiper utama The Lilywhites menggantikan Hugo Lloris. Sejauh ini, Vicario telah bermain empat kali bagi Tottenham dan sukses membawa klubnya tak terkalahkan.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro Tonali

3. Leonardo Bonucci tinggalkan Juventus setelah raih banyak sukses

4 Pemain Italia Tinggalkan Serie A ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Leonardo Bonucci (instagram.com/bonuccileo19)

Leonardo Bonucci juga akhirnya mencoba berpetualang ke Italia untuk pertama kalinya. Bek tengah yang menjabat kapten Timnas Italia itu telah menghabiskan kontraknya bersama Juventus. Bonucci pun menutup pengabdiannya kepada Juventus yang membentang selama 12 tahun.

Bonucci meninggalkan Juventus dengan catatan 502 penampilan di semua ajang. Itu adalah rekor terbanyak keenam dalam sejarah Bianconeri. Ia juga merasakan sukses meraih 17 trofi bersama Juventus, termasuk 8 scudetto.

Bonucci kemudian hijrah ke Bundesliga Jerman dan bergabung ke Union Berlin. Union Berlin sendiri adalah klub yang sedang naik daun. Mereka bakal tampil di Liga Champions untuk pertama kali pada 2023/2024 ini. Kedatangan Bonucci yang sarat pengalaman adalah berkah bagi Union Berlin.

4. Stefano Sturaro lanjutkan karier di Turki

4 Pemain Italia Tinggalkan Serie A ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Stefano Sturaro (instagram.com/karagumruk_sk)

Satu lagi pemain Italia yang hijrah dari Serie A ke luar negeri adalah Stefano Sturaro. Ia adalah, gelandang 30 tahun yang membela Genoa dalam 4 musim terakhir. Sebelumnya, Sturaro juga pernah berseragam Juventus selama 5 musim dan memenangi 9 trofi.

Seperti Bonucci, Sturaro juga meninggalkan klubnya dengan status bebas transfer. Ia mencoba peruntungan di Super Lig Turki dengan bergabung ke Fatih Karagumruk. Namun, Sturaro hanya dikontrak 1 tahun dan sejauh ini masih mengemban peran sebagai pelapis.

Empat pemain Italia di atas mengambil keputusan berani pada musim panas 2023. Untuk pertama kalinya, mereka mencoba berkarier di luar Italia. Apakah langkah mereka bakal berbuah manis pada 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Bundesliga sebelum Bonucci

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya