5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi Puncak

Hanya Mitoma yang masih bermain di EPL

Kaoru Mitoma sukses bersinar pada musim debutnya di English Premier League (EPL), yaitu 2022/2023. Kini, Mitoma pun mengawali musim 2023/2024 dengan apik. Winger Jepang itu sudah mencetak 3 gol dan 3 assist dalam enam laga Brighton & Hove Albion di EPL musim ini.

Koleksi gol Mitoma di EPL pun terus bertambah. Bahkan, ia sudah makin dekat dengan rekor pemain Jepang tersubur di EPL. Ada kemungkinan, rekor tersebut bakal segera jadi milik Mitoma. Seperti inilah daftar lima pemain Jepang dengan gol terbanyak di EPL sejauh ini.

1. Shinji Okazaki masih jadi pemain Jepang tersubur di EPL

5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi PuncakShinji Okazaki (lcfc.com)

Untuk sementara, rekor pemain Jepang tersubur dalam sejarah EPL masih dipegang Shinji Okazaki. Ia adalah striker Jepang yang pernah menorehkan sejarah bareng Leicester City. Okazaki turut membawa Leicester juara EPL 2015/2016 meski sama sekali tak diunggulkan.

Padahal, musim itu merupakan musim debut Okazaki di EPL. Ia bertahan membela Leicester hingga 2019. Secara total, Okazaki memainkan 114 partai di EPL dan mencetak 14 gol. Sayangnya, karier Okazaki jauh menurun setelah ia meninggalkan Leicester hingga namanya kini jarang terdengar.

2. Kaoru Mitoma mengancam rekor Okazaki

5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi PuncakKaoru Mitoma (brightonandhovealbion.com)

Kaoru Mitoma tak butuh waktu lama untuk mengancam posisi Okazaki di puncak daftar ini. Mitoma baru mulai bermain di Inggris musim 2022/2023 lalu. Hasilnya, ia langsung menorehkan tujuh gol di EPL. Itu adalah rekor gol terbanyak bagi pemain Jepang dalam semusim EPL.

Musim 2023/2024 ini, Mitoma punya kans untuk melampaui jumlah itu. Ia sudah mencetak tiga gol dalam enam pekan pembuka, sekaligus menambah koleksinya di EPL jadi sepuluh gol. Melihat potensi Mitoma dan performanya bareng Brighton sejauh ini, jumlah itu amat mungkin terus bertambah.

Baca Juga: Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan Ruang

3. Shinji Kagawa adalah satu-satunya pemain Jepang yang cetak hat-trick di EPL

5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi PuncakShinji Kagawa (premierleague.com)

Koleksi gol Mitoma juga sudah melampaui torehan beberapa pemain Jepang yang lebih dulu bermain di EPL. Salah satunya Shinji Kagawa, gelandang yang berseragam Manchester United pada 2012–2014. Selama 2 musim Kagawa menciptakan 6 gol dalam 38 laga di EPL bersama Setan Merah.

Jumlah itu sebenarnya terbilang di bawah standar bagi Kagawa. Ia jauh lebih subur bersama Borussia Dortmund sebelum didatangkan Manchester United. Namun, Kagawa punya capaian bersejarah di EPL. Ia masih menjadi satu-satunya pemain Jepang yang pernah membuat hat-trick di EPL.

4. Takumi Minamino pernah membela Liverpool dan Southampton di EPL

5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi PuncakTakumi Minamino (instagram.com/takumi18minamino_official)

Selain Kagawa, ada dua lagi pemain Jepang yang mengoleksi enam gol di EPL. Salah satunya Takumi Minamino, winger yang membela Liverpool selama 2,5 musim pada 2020–2022. Di antara periode itu, Minamino juga sempat dipinjamkan ke Southampton selama setengah musim.

Bersama kedua klub, Minamino tampil 40 kali di EPL dan membuat 6 gol. Namun, ia memang lebih sering dijadikan pelapis, terutama di Liverpool. Setelah meninggalkan EPL, Minamino melanjutkan karier di Prancis bareng AS Monaco hingga kini.

5. Maya Yoshida adalah pemain Jepang yang paling sering tampil di EPL

5 Pemain Jepang Tersubur di EPL, Mitoma Dekati Posisi PuncakMaya Yoshida (instagram.com/mayayoshida22)

Satu pemain lagi adalah Maya Yoshida, pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di EPL. Yoshida mengoleksi 154 penampilan di EPL selama berseragam Southampton pada 2012–2020. Dengan demikian, Yoshida juga menjadi pemain Jepang yang paling lama bermain di EPL.

Selama 8 musim bermain di EPL, Yoshida menciptakan enam gol. Jumlahnya memang minim karena ia berposisi bek tengah. Perannya tentu lebih banyak untuk membantu pertahanan. Selain itu, Yoshida juga beberapa kali dipercaya menjabat kapten Southampton karena jiwa kepemimpinannya.

Dari lima pemain di atas, hanya Kaoru Mitoma yang masih bermain di EPL. Laju Mitoma menjadi pemain Jepang tersubur di EPL tampaknya bakal mulus. Bisakah ia meraih predikat tersebut dalam waktu dekat?

Baca Juga: 9 Ide OOTD Kasual dan Formal ala Maya Yoshida, Kapten Timnas Jepang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya