4 Pemain Klub Serie A Italia di Nominasi Ballon d'Or 2023

Masing-masing dua dari Napoli dan Inter Milan

Sudah 16 tahun berlalu sejak terakhir kali ada pemain klub Serie A Italia yang memenangi Ballon d'Or. Pemain tersebut adalah Ricardo Kaka, eks gelandang top asal Brasil. Kaka terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or pada 2007 usai membawa AC Milan juara Liga Champions Eropa 2006/2007.

Sejak itu, selalu ada pemain Serie A yang sukses masuk nominasi Ballon d'Or tiap tahun. Namun, tak satu pun dari mereka yang jadi pemenang. Penghargaan individual tahunan yang sarat gengsi itu hampir selalu dimenangi pemain klub LaLiga Spanyol.

Pada 2023 ini, ada empat pemain klub Serie A yang dapat kesempatan bersaing di pemilihan Ballon d'Or. Apa yang membuat mereka layak masuk nominasi? Berikut ini ulasannya.

1. Khvicha Kvaratskhelia jadi pemain terbaik Serie A 2022/2023

4 Pemain Klub Serie A Italia di Nominasi Ballon d'Or 2023Khvicha Kvaratskhelia (instagram.com/kvara7)

Pertama, ada Khvicha Kvaratskhelia, winger asal Georgia yang membuat sensasi di Serie A 2022/2023. Baru didatangkan Napoli pada awal musim, Kvaratskhelia langsung tampil gemilang. Ia membawa Napoli meraih scudetto sekaligus terpilih jadi pemain terbaik Serie A.

Statistik Kvaratskhelia sepanjang musim lalu membuatnya amat layak merebut penghargaan tersebut. Ia tampil 34 kali di Serie A dan mencetak 12 gol serta 13 assist. Pemain 22 tahun itu bahkan menjadi satu-satunya pencetak dua digit gol dan assist di Serie A 2022/2023.

Tak hanya itu, Kvaratskhelia juga tampil impresif di Liga Champions. Ia membuat 2 gol dan 4 assist dalam sembilan laga. Perannya vital dalam membawa Napoli menembus semifinal Liga Champions untuk pertama kali. Maka, Kvaratskhelia memang pantas masuk nominasi Ballon d'Or 2023.

2. Victor Osimhen juga berperan besar dalam kesuksesan Napoli

4 Pemain Klub Serie A Italia di Nominasi Ballon d'Or 2023Victor Osimhen (instagram.com/victorosimhen9)

Tak hanya sang pemain terbaik, top skor Serie A 2022/2023 tentu juga layak masuk nominasi Ballon d'Or 2023. Ia adalah Victor Osimhen, striker yang juga bermain untuk Napoli. Seperti Kvaratskhelia, peran Osimhen dalam membawa Napoli memenangi scudetto pun amat besar.

Osimhen tampil 32 kali di Serie A musim lalu dan membuat 26 gol. Sang striker Nigeria pun sukses menjadi pemain Afrika pertama yang merebut gelar top skor Serie A. Performa Osimhen di Liga Champions 2022/2023 juga tak kalah impresif, dengan catatan 5 gol dalam 6 laga.

Baca Juga: 4 Pemain Termahal yang Membela Napoli pada 2023/2024

3. Lautaro Martinez tampil impresif bersama Inter Milan

4 Pemain Klub Serie A Italia di Nominasi Ballon d'Or 2023Lautaro Martinez (instagram.com/lautaromartinez)

Selain Napoli, klub Serie A yang tampil gacor pada 2022/2023 adalah Inter Milan. Maka, Nerazzurri pun mengirimkan dua wakilnya ke nominasi Ballon d'Or 2023. Salah satunya Lautaro Martinez, top skor Inter Milan sepanjang musim lalu dengan catatan 28 gol di semua ajang.

Ketajaman Martinez memang tak berhasil membawa Inter Milan juara Serie A. Namun, mereka berjaya di ajang lain. Trofi Coppa Italia dan Piala Super Italia sukses dibawa pulang. Inter Milan juga mencapai final Liga Champions, meski batal jadi kampiun karena dikalahkan Manchester City.

4. Nicolo Barella punya peran penting di lini tengah Inter Milan

4 Pemain Klub Serie A Italia di Nominasi Ballon d'Or 2023Nicolo Barella (inter.it)

Satu lagi penggawa Inter Milan yang punya kans memenangi Ballon d'Or 2023 adalah Nicolo Barella. Sebagai gelandang tengah, peran Barella bagi Inter Milan memang tak melulu jadi sorotan. Namun, fungsinya amat vital dalam menjaga keseimbangan timnya soal menyerang dan bertahan.

Selain itu, produktivitas Barella pun sama sekali tidak buruk. Sepanjang 2022/2023, ia membuat 9 gol dan 10 assist dalam 52 laga di semua ajang. Jumlah penampilan Barella menunjukkan betapa Inter amat mengandalkannya. Jelas bahwa sukses Nerazzurri tak bisa dilepaskan dari peran Barella.

Empat pemain Serie A Italia di atas sukses masuk nominasi Ballon d'Or 2023. Meski kemungkinan besar tak akan jadi pemenang, setidaknya mereka turut membuktikan kualitas Serie A. Siapa di antara mereka yang bakal meraih peringkat terbaik pada pemilihan nanti?

Baca Juga: 3 Pemain Aktif Inter Milan Berkebangsaan Belanda, Klaassen Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya