5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih Aktif

Termasuk tiga pemain Kolombia tersubur di EPL

English Premier League (EPL) pernah dijajal sejumlah pemain Kolombia berstatus bintang. Sebut saja nama-nama seperti Radamel Falcao, Juan Cuadrado, hingga James Rodriguez. Sayangnya, para pemain tersebut tidak lama berkarier di EPL. Jumlah penampilan mereka di EPL pun terbilang minim.

Di sisi lain, ada pula beberapa pemain Kolombia yang sukses mengoleksi ratusan penampilan di EPL. Meski kalah populer, karier mereka di Premier League berumur lebih panjang dibanding para bintang yang telah disebut. Inilah lima pemain Kolombia dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah EPL.

1. Juan Pablo Angel tampil 175 kali di EPL, semuanya bersama Aston Villa

5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih AktifJuan Pablo Angel (avfc.co.uk)

Pemain Kolombia yang paling sering tampil di EPL adalah Juan Pablo Angel. Ia bermain di EPL pada 2001–2007 bersama satu klub saja yaitu Aston Villa. Angel cukup diandalkan oleh Aston Villa. Ia mencatat total 205 penampilan bersama The Villans, termasuk 175 penampilan di EPL.

Sebagai striker, Angel juga produktif di EPL. Kontribusinya mencakup 44 gol dan 14 assist. Angel pun menjadi pemain Kolombia dengan gol terbanyak di EPL. Meski tak meraih trofi, ketajaman Angel beberapa kali membawa Aston Villa finis di sepuluh besar klasemen EPL.

Baca Juga: Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPL

2. Hugo Rodallega koleksi 154 penampilan di EPL bersama dua klub semenjana

5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih AktifHugo Rodallega (wiganathletic.com)

Pemain Kolombia dengan penampilan terbanyak kedua di EPL juga berposisi striker. Ia adalah Hugo Rodallega yang bermain di EPL pada 2009–2014. Rodallega menghabiskan 3,5 musim berseragam Wigan Athletic sebelum ganti membela Fulham di EPL selama 2 musim. 

Bersama Wigan dan Fulham, Rodallega mencatat total 154 penampilan di EPL. Ada koleksi 29 gol yang ia buat hingga menjadi pemain Kolombia tersubur ketiga di EPL. Namun, karena hanya membela klub-klub semenjana, Rodallega tak meraih prestasi berarti selama di Inggris.

3. Davinson Sanchez bermain 143 kali di EPL bareng Tottenham Hotspur

5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih AktifDavinson Sanchez (instagram.com/daosanchez13)

Berikutnya, ada Davinson Sanchez, mantan bek tengah Tottenham Hotspur. Sanchez memperkuat Tottenham selama 6 musim pada 2017–2023. Ia sempat cukup diandalkan, tetapi mulai jarang bermain pada musim terakhirnya. Alhasil, Sanchez memilih hengkang ke Galatasaray pada musim panas 2023.

Selama membela Tottenham, Sanchez bermain 207 kali, termasuk 143 kali tampil di EPL. Ia merupakan bagian penting skuad The Lilywhites yang menembus final Liga Champions Eropa pada 2018/2019. Sayangnya, Sanchez tidak tampil di laga final saat Tottenham kalah dari Liverpool.

4. Jefferson Lerma sudah koleksi 112 penampilan di EPL dan masih bisa bertambah

5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih AktifJefferson Lerma (instagram.com/cpfc)

Daftar ini juga mencakup satu pemain Kolombia yang masih aktif bermain di EPL. Ia adalah Jefferson Lerma, gelandang bertahan Crystal Palace. Lerma baru bergabung dengan Crystal Palace pada musim panas 2023. Selama 5 musim sebelumnya, Lerma memperkuat Bournemouth, termasuk saat The Cherries bermain di EFL Championship pada 2020–2022.

Di EPL 2023/2024, Lerma telah bermain 13 kali di EPL. Jumlah penampilannya di EPL pun kini sudah mencapai 112 laga. Karena masih aktif, Lerma masih bisa terus tampil di EPL. Pria 29 tahun itu memiliki kontrak bersama Crystal Palace hingga 2026.

5. Hamilton Ricard tampil dalam 106 pertandingan di EPL

5 Pemain Kolombia Terbanyak Tampil di EPL, Ada yang Masih AktifHamilton Ricard (premierleague.com)

Satu lagi pemain Kolombia yang mengoleksi banyak penampilan di EPL adalah Hamilton Ricard. Ia adalah striker yang memperkuat Middlesbrough pada 1997–2001. Bersama The Boro, Ricard tampil dalam 106 partai EPL dan membuat 30 gol. Ia pun menjadi pemain Kolombia tertajam kedua dalam sejarah EPL.

Ricard sempat menjadi top skor Middlesbrough pada musim 1998/1999 dan 1999/2000. Namun, ketajamannya menurun pada musim ketiganya sehingga ia dilepas. Setelah itu, Ricard melanglang buana ke berbagai negara sebelum menutup karier di negaranya sendiri pada 2013.

Lima pemain Kolombia di atas memang tidak terlalu populer. Namun, mereka punya karier yang cukup panjang di EPL sekaligus mampu mengoleksi cukup banyak penampilan. Hal itu sudah cukup menjadi bukti kualitas mereka di salah satu liga terbaik dunia tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Inggris Pemenang Premier League Player of the Season

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya