5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'Or

Erling Haaland berpeluang menang tahun ini

Manchester City mendominasi daftar nominasi Ballon d'Or 2023. The Citizens mengirimkan tujuh pemain sekaligus, terbanyak di antara semua klub lain. Hal itu wajar karena Manchester City tampil fenomenal pada musim 2022/2023 dengan memenangi treble winners.

Sejarah baru pun bisa tercipta pada pagelaran Ballon d'Or 2023. Bisa jadi, untuk pertama kalinya Ballon d'Or bakal diraih pemain Manchester City. Erling Haaland khususnya paling diunggulkan. Pasalnya, ketajaman Haaland punya andil besar dalam sukses Manchester City.

Pemain Manchester City sendiri sebenarnya sudah sering masuk nominasi Ballon d'Or dalam sedekade terakhir. Namun, tak satu pun di antara mereka yang sukses jadi pemenang.

1. Kevin De Bruyne masuk tiga besar Ballon d'Or 2022

5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'OrKevin De Bruyne (premierleague.com)

Kevin De Bruyne adalah pemain Manchester City yang paling sering masuk nominasi Ballon d'Or. Sang gelandang asal Belgia sudah delapan kali masuk nominasi, termasuk tahun 2023 ini. Hasilnya, raihan terbaik De Bruyne adalah peringkat ketiga pada 2022 lalu.

Selain itu, De Bruyne juga pernah finis di sepuluh besar Ballon d'Or pada 2018 dan 2021. Tahun ini, De Bruyne juga punya kans meraih peringkat yang tinggi di Ballon d'Or. Pasalnya, ia merupakan salah satu pemain kunci Manchester City dalam meraih treble winners 2022/2023.

Baca Juga: 4 Pemain Afrika yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023, Siapa Saja?

2. Bernardo Silva pernah finis di peringkat sembilan Ballon d'Or

5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'OrBernardo Silva (mancity.com)

Sementara, Bernardo Silva pernah mencapai peringkat sembilan Ballon d'Or. Itu terjadi pada tahun 2019. Di antara lima pemain Manchester City yang masuk nominasi Ballon D'Or saat itu, capaian Bernardo Silva adalah yang terbaik.

Bernardo Silva masuk nominasi Ballon d'Or lagi pada 2022. Namun, kali itu sang gelandang asal Portugal hanya finis di peringkat 22. Tahun 2023 pun nama Bernardo Silva kembali tertera dalam daftar nominasi Ballon d'Or. Tentu, ia pantas berharap peringkatnya membaik pada edisi kali ini.

3. Riyad Mahrez harumkan nama Aljazair di ajang Ballon d'Or

5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'OrRiyad Mahrez (mancity.com)

Satu lagi pemain Manchester City yang pernah masuk sepuluh besar Ballon d'Or adalah Riyad Mahrez. Winger asal Aljazair ini menempati peringkat sepuluh Ballon d'Or 2019. Itu sekaligus menjadi peringkat terbaik yang pernah diraih pemain Aljazair dalam ajang tahunan tersebut.

Riyad Mahrez kembali mengharumkan nama Aljazair dengan masuk nominasi Ballon d'Or 2021 dan 2022. Ia pun menjadi salah satu pemain Afrika yang paling sering masuk nominasi Ballon d'Or. Sayangnya, tahun ini Mahrez absen dalam daftar nominasi setelah tampil kurang maksimal pada 2022/2023.

4. Yaya Toure tiga kali finis di peringkat 12

5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'OrYaya Toure (mancity.com)

Sebelum Mahrez, sudah ada pemain Manchester City asal Afrika yang masuk nominasi Ballon d'Or. Ia adalah Yaya Toure, eks gelandang top Pantai Gading. Toure pertama kali masuk nominasi Ballon d'Or pada 2009 saat membela Barcelona.

Setelah gabung ke Manchester City, Toure sukses mempertahankan kualitasnya. Bahkan, empat kali ia masuk nominasi Ballon d'Or bersama The Citizens. Raihan terbaiknya adalah peringkat 12 yang ia capai tiga kali pada tahun 2012, 2013, dan 2015.

5. Raheem Sterling juga pernah capai peringkat 12 Ballon d'Or

5 Pemain Manchester City dengan Raihan Terbaik di Gelaran Ballon d'OrRaheem Sterling (mancity.com)

Satu lagi pemain Manchester City dengan raihan terbaik dalam pemilihan Ballon d'Or adalah Raheem Sterling. Seperti Yaya Toure, capaian maksimal Sterling adalah peringkat 12. Itu terjadi pada tahun 2019 usai musim luar biasa yang ia jalani pada 2018/2019.

Sterling kemudian sempat masuk nominasi Ballon d'Or lagi pada 2021. Namun, kali itu ia hanya finis di peringkat 15. Sterling hijrah dari Manchester City ke Chelsea pada 2022. Sejak itu, ia belum kembali ke performa terbaik hingga absen di nominasi Ballon d'Or dalam 2 tahun terakhir.

Sejauh ini, lima pemain di atas pernah meraih peringkat terbaik di pemilihan Ballon d'Or bersama Manchester City. Akankah Erling Haaland akhirnya sukses menjadi pemain Manchester City pertama yang bisa menggondol penghargaan bergengsi tersebut?

Baca Juga: Ronaldo Buka Suara Usai Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya