Ronaldo Buka Suara Usai Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or

Rivalitas dengan Messi akhirnya selesai

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir gagal masuk sebagai nominator Ballon d'Or. Terkait hal ini, Ronaldo pun buka suara.

Apa yang terjadi, menurut Ronaldo, merupakan bukti rivalitasnya dengan Lionel Messi sudah selesai. Kini, karena sudah tak masuk dalam nominasi Ballon d'Or, publik bisa bilang kalau era persaingan CR7 dan Messi sudah selesai.

"Rivalitas sudah berakhir. Bagus, karena suporter menyukainya," ujar Ronaldo dilansir Metro.

1. Suporter Ronaldo dan Messi harus dewasa

Ronaldo Buka Suara Usai Gagal Masuk Nominasi Ballon d'OrLionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali bertemu di lapangan dalam laga Ryadh All Stars kontra PSG (Instagram.com/433)

Karena sudah berakhir, Ronaldo meminta kepada suporter masing-masing untuk bersikap dewasa. Pria Portugal itu berharap fans Messi tak membencinya, begitu pun sebaliknya.

"Kami sudah melakukan segalanya dengan baik, mengubah sejarah sepak bola. Kami menghormati seluruh dunia, itu yang terpenting," kata Ronaldo.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nominasi Ballon d'Or 2023: Haaland vs Messi?

2. Jalan keduanya sudah berbeda

Ronaldo Buka Suara Usai Gagal Masuk Nominasi Ballon d'OrMomen Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ketika jumpa di atas lapangan (Instagram @cristiano)

Jalan kedua legenda itu kini sudah berbeda. Messi saat ini main di Major League Soccer bersama Inter Miami, sementara Ronaldo bak menjadi pembuka jalan bagi bintang dunia untuk masuk ke Saudi Pro League bersama Al-Nassr.

"Sekarang, kami punya jalan masing-masing. Dia memiliki kisahnya sendiri, dan saya mengukir jalan lainnya, meski tak main di Eropa," ujar Ronaldo.

Baca Juga: Messi dan Ronaldo Masih Menggila dengan Cara Mereka Sendiri

3. Warisan yang tak pernah mati

Ronaldo Buka Suara Usai Gagal Masuk Nominasi Ballon d'OrLionel Messi saat mencetak gol indah buat Inter Miami di final Piala Liga (Twitter @intermiamicf)

Warisan kepada dunia, itu yang ditegaskan Ronaldo, akan dikenang sepanjang masa. Tapi, bukan warisan kompetitif dalam arah negatif, melainkan lebih dalam semangat untuk bisa menjadi yang terbaik.

"Dari pendapat saya, dia bekerja dengan baik. Saya juga demikian. Warisan tetap hidup, tapi rivalitas tak bekerja seperti itu. Kami berbagi panggung di beberapa momen, setidaknya dalam 15 tahun. Saya tak bilang kami teman. Saya tak pernah makan malam dengannya, tapi kami kolega profesional dan menghormati satu sama lain," kata Ronaldo.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya