7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier League

Cristiano Ronaldo termasuk

Cristiano Ronaldo kembali menunjukkan betapa vital perannya bagi Manchester United. Ronaldo mencetak hattick yang membawa United menang 3-2 atas Norwich City pada pekan ke-32 Premier League 2021/2022. Kemenangan United pun memastikan mereka masih punya asa untuk tampil di Liga Champions musim depan.

Bagi Ronaldo sendiri, hattrick ke gawang Norwich adalah yang ketiga baginya di Premier League bersama Manchester United. Bagaimana perbandingannya dengan catatan hattrick para bomber lain yang pernah dimiliki Setan Merah?

1. Wayne Rooney (6 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Wayne Rooney berseragam Manchester United (skysports.com)

Pemain Manchester United dengan torehan hattrick terbanyak di liga pada era Premier League adalah Wayne Rooney. Selama membela United dari 2004 hingga 2017, striker asal Inggris ini menciptakan enam hattrick di Premier League. Plus, Rooney juga pernah membuat satu hattrick di liga saat membela Everton.

Tim-tim yang pernah jadi korban hattrick Rooney di Premier League mencakup Bolton Wanderers, West Ham United, bahkan Arsenal. Sang pemain pun kini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Manchester United di semua ajang dengan 253 gol. Rekor tersebut kemungkinan besar masih akan bertahan sangat lama.

2. Ruud van Nistelrooy (5 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Ruud van Nistelrooy berseragam Manchester United (skysports.com)

Berikutnya ada Ruud van Nistelrooy, mantan bomber asal Belanda yang berseragam Manchester United pada 2001 hingga 2006. Berbeda dengan Rooney yang juga bisa menjadi gelandang, Nistelrooy adalah tipe finisher sejati. Maka, tak heran jika ia bisa mengoleksi 150 gol hanya dalam 5 musim membela United.

Jumlah tersebut sudah mencakup lima hattrick yang ia ciptakan di Premier League. Tim-tim seperti Southampton, Newcastle United, hingga Leicester City pernah merasakan dibobol hattrick Nistelrooy. Ketajaman Nistelrooy juga terbukti dengan keberhasilannya jadi top skor Premier League pada musim 2002/2003.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

3. Dimitar Berbatov (4 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Dimitar Berbatov berseragam Manchester United (skysports.com)

Dimitar Berbatov juga sukses mencetak total lima hattrick selama berkarier di Premier League. Hattrick pertamanya ia ciptakan kala membela Tottenham Hotspur, sedangkan empat hattrick sisanya ia torehkan bagi Manchester United.

Salah satu tim yang pernah jadi korban hattrick Berbatov bahkan adalah rival abadi United yaitu Liverpool. Itu terjadi pada musim 2010/2011, saat hattrick Berbatov membawa United menang 3-2 atas The Reds. Selain itu, Berbatov juga mencetak lima gol dalam satu laga ke gawang Blackburn Rovers pada musim yang sama.

4. Andy Cole (3 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Andy Cole berseragam Manchester United (skysports.com)

Berikutnya, ada empat pemain yang berdiri sejajar dengan jumlah masing-masing tiga hattrick bagi Manchester United di Premier League. Pemain pertama yang mencapai jumlah tersebut adalah Andy Cole. Striker asal Inggris ini mencetak total lima hattrick di Premier League, tiga di antaranya bersama Manchester United.

Cole juga sempat mencetak lima gol dalam satu laga, tepatnya kala United mengalahkan Ipswich Town 9-0 pada musim 1994/1995. Kemenangan itu hingga kini masih tercatat sebagai salah satu kemenangan terbesar sebuah tim di Premier League. Secara keseluruhan, Cole mencetak 121 gol selama enam musim membela Manchester United.

5. Dwight Yorke (3 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Dwight Yorke berseragam Manchester United (skysports.com)

Dwight Yorke sempat jadi rekan duet Andy Cole di lini depan, dan ia pun sukses mencetak tiga hattrick bagi Manchester United di liga. Salah satunya ia ciptakan ke gawang Arsenal pada musim 2000/2001. Saat itu, hattrick Yorke membawa Manchester United menang 6-1 atas rival beratnya itu.

Selain bersama United, Yorke juga sempat membuat hattrick kala masih berseragam Aston Villa. Penyerang asal Trinidad dan Tobago ini punya koleksi total 66 gol bagi Manchester United di semua ajang, plus 6 trofi kolektif dan sekali menjadi top skor Premier League.

6. Ole Gunnar Solskjaer (3 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier Leaguepotret Ole Gunnar Solskjaer berseragam Manchester United (skysports.com)

Ole Gunnar Solskjaer yang pernah menangani Manchester United sebagai pelatih juga sukses mencetak tiga hattrick di Premier League semasa bermain. Dua di antaranya berupa quattrick alias empat gol dalam satu laga. Bahkan, Solskjaer sempat mencetak quattrick bersejarah sebagai pemain pengganti.

Itu terjadi pada laga Manchester United melawan Nottingham Forest pada musim 1998/1999. Solskjaer yang masuk sebagai pemain pengganti hanya butuh waktu 12 menit untuk mencetak empat gol. Itu masih tercatat sebagai rekor quattrick tercepat yang diciptakan seorang pemain di Premier League hingga kini.

7. Cristiano Ronaldo (3 hattrick)

7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier LeagueCristiano Ronaldo merayakan hattrick pertamanya bersama Manchester United pada 2007/2008. (skysports.com)

Hattrik ke gawang Norwich City membuat Cristiano Ronaldo menyamai catatan Andy Cole, Dwight Yorke, serta Ole Gunnar Solskjaer. Ronaldo telah membuat tiga hattrick bagi Manchester United di Premier League, seperti ketiga pemain tersebut. Bedanya, Ronalo masih aktif sehingga masih berpeluang menambah jumlah hattrick-nya.

Hattrick pertama Ronaldo di Premier League terjadi pada musim 2007/2008 silam ke gawang Newcastle United. Sedangkan musim 2021/2022 ini ia sudah membuat hattrick ke gawang Tottenham Hotspur dan Norwich City. Menarik untuk ditunggu berapa banyak gol tambahan yang bakal Ronaldo ciptakan hingga akhir musim ini.


Cristiano Ronaldo sudah masuk dalam daftar pemain Manchester United dengan hattrick terbanyak di Premier League. Sanggupkah ia menambah jumlah hattrick di Premier League musim ini atau musim-musim mendatang?

Baca Juga: 5 Rekor Dunia yang Dicetak Cristiano Ronaldo, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya