4 Pemain Portugal yang Gabung SC Braga pada Musim Panas 2023

Semuanya berpengalaman meraih trofi

Kebanyakan fans sepak bola biasanya hanya akrab dengan tiga klub asal Portugal. Benfica, FC Porto, dan Sporting Lisbon paling sering terdengar karena merupakan klub besar Portugal. Namun, ada satu klub yang kerap mengintai dominasi mereka, yaitu SC Braga.

Pada 2022/2023 lalu, SC Braga finis di peringkat ketiga Primeira Liga Portugal. Mereka menggeser Sporting Lisbon yang harus puas duduk di tangga keempat. SC Braga tentu mengincar sukses serupa pada 2023/2024. Mereka menggunakan bursa transfer musim panas 2023 untuk berbenah.

Ada sembilan pemain anyar yang didatangkan SC Braga pada musim panas 2023. Empat di antaranya adalah pemain senior Portugal yang sebelumnya bermain di luar negeri. Mereka berempat ternyata juga pernah meraih trofi bersama klub lain. Inilah keempat pemain tersebut.

1. Bruma jadi pembelian termahal ketiga SC Braga

4 Pemain Portugal yang Gabung SC Braga pada Musim Panas 2023Bruma (instagram.com/bruma_7)

Pertama, ada Armindo Tue Na Bangna alias Bruma. Ia adalah winger 28 tahun kelahiran Guinea-Bissau. Bruma mengawali kariernya bersama Sporting Lisbon pada 2013. Setelah itu, ia meninggalkan Portugal dan sempat melanglang buana ke beberapa negara Eropa.

Hasilnya, Bruma sukses meraih trofi di tiga negara. Ia pernah juara Super Lig Turki bersama Galatasaray serta juara Liga Super Yunani bareng Olympiacos. Bruma juga pernah berbaju PSV Eindhoven pada 2019–2023 dan meraih dua trofi.

Bruma sudah bermain bagi SC Braga sejak Januari 2023 sebagai pinjaman dari Fenerbahce. Ia tampil 25 kali selama dipinjam dan membuat 4 gol serta 7 assist. Karena performa yang apik, Bruma pun dipermanenkan SC Braga pada musim panas 2023 dan diberi kontrak 4 tahun.

Demi memermanenkan Bruma, SC Braga rela merogoh kocek sebesar 6,5 juta euro atau Rp107 miliar. Itu adalah rekor pembelian termahal ketiga sepanjang sejarah SC Braga. Bruma pun membuktikan kepantasan harganya dengan penampilan hebat pada awal musim 2023/2024.

2. Jose Fonte jadi bek andalan SC Braga meski sudah berusia 39 tahun

4 Pemain Portugal yang Gabung SC Braga pada Musim Panas 2023Jose Fonte (instagram.com/f6nte)

Sementara, Jose Fonte bergabung dengan SC Braga secara gratis setelah habis kontrak di LOSC Lille. Fonte membela Lille sejak 2018 dan turut menjuarai Ligue 1 Prancis 2020/2021. Bahkan, Fonte menjabat sebagai kapten yang membawa Lille jadi juara.

Selain itu, Fonte juga jadi bagian Timnas Portugal yang juara Piala Eropa 2016. Maka, meski sudah berusia 39 tahun, Fonte masih menarik minat SC Braga. Pemain berposisi bek tengah ini bahkan segera didapuk jadi andalan di lini belakang SC Braga.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh SC Braga, Fantastis!

3. Joao Moutinho pernah menjuarai Primeira Liga

4 Pemain Portugal yang Gabung SC Braga pada Musim Panas 2023Joao Moutinho (scbraga.pt)

Joao Moutinho juga bergabung ke SC Braga pada usia yang sangat senior. Sang gelandang 37 tahun merapat ke SC Braga setelah menghabiskan kontraknya bareng Wolverhampton Wanderers. Moutinho pun akhirnya kembali ke Portugal sejak meninggalkan FC Porto pada 2013.

Saat membela FC Porto, Moutinho sukses meraih 8 trofi, termasuk 3 gelar juara Primeira Liga. Sebelumnya, ia juga sempat memenangi empat trofi bareng Sporting Lisbon. Keberadaan Moutinho pun bakal jadi tambahan pengalaman yang berharga bagi lini tengah SC Braga.

4. Rony Lopes digaet SC Braga dari Sevilla

4 Pemain Portugal yang Gabung SC Braga pada Musim Panas 2023Rony Lopes (instagram.com/ronylopes10)

Satu lagi pemain Portugal yang didatangkan SC Braga pada musim panas 2023 adalah Rony Lopes. Ia merupakan gelandang atau winger 27 tahun yang lahir di Brasil. Lopes berstatus pemain Sevilla dalam 4 musim terakhir, tetapi lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Lopes pun hanya punya catatan 14 penampilan bersama Sevilla. Namun, ia sempat turut memenangi Europa League 2019/2020. Lopes akhirnya dilepas Sevilla pada 2023 dan merapat ke SC Braga. Sejak bergabung, Lopes baru bermain dua kali bagi SC Braga, keduanya sebagai pemain pengganti.

Empat pemain Portugal di atas menjadi amunisi baru yang berharga bagi SC Braga. Mereka sudah senior dan sarat pengalaman, bahkan pernah meraih trofi bersama klub lain. Bersama mereka, bisa sejauh apa SC Braga berprestasi pada 2023/2024?

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya