5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga Jerman

Ada tiga pemain yang bisa menyusul pada 2023/2024

Bundesliga Jerman berpotensi menemukan juara baru pada 2023/2024. Bayer Leverkusen punya kans menjadi kampiun di liga tertinggi di Jerman itu untuk pertama kali. Saat ini, mereka sedang memimpin klasemen sementara hingga pekan ke-16.

Jika Leverkusen berhasil juara, maka sebagian besar anggota skuad mereka bakal mengangkat trofi Bundesliga untuk pertama kali. Itu termasuk tiga pemain asal Republik Ceko, yaitu Patrik Schick, Adam Hlozek, dan Matej Kovar. Mereka berpeluang menambah kilau reputasi Republik Ceko di Bundesliga.

Dalam sejarah Bundesliga, para pemain asal Republik Ceko memang cukup disegani. Bukan hanya karena jumlahnya yang banyak, tetapi juga prestasi mereka. Lima pemain Republik Ceko berikut ini pernah berhasil membawa klubnya menjuarai Bundesliga Jerman.

1. Miroslav Kadlec dua kali juara Bundesliga bersama Kaiserslautern

5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga JermanMiroslav Kadlec (twitter.com/Rote_Teufel)

Pertama, ada Miroslav Kadlec, mantan bek asal Republik Ceko. Kadlec pernah cukup lama bermain di Jerman, tepatnya pada 1990–1998 bersama FC Kaiserslautern. Ia sukses menjadi pemain kunci Kaiserslautern. Dengan total 273 penampilan, Kadlec bahkan merupakan pemain asing dengan penampilan terbanyak kedua bagi Kaiserslautern.

Karier Kadlec bersama Kaiserslautern juga dihiasi gelar juara Bundesliga 1990/1991 dan 1997/1998. Gelar kedua bahkan diraih Kaiserslautern dengan status klub promosi di Bundesliga. Selain itu, ada trofi DFB-Pokal yang dimenangi Kadlec bersama Kaiserlautern pada 1995/1996.

2. Pavel Kuka juga turut membawa Kaiserslautern menangi Bundesliga 1997/1998

5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga JermanPavel Kuka (fck.de)

Pavel Kuka juga pernah sukses di Bundesliga bersama Kaiserslautern. Kuka bahkan sempat main bareng dengan Miroslav Kadlec di Kaiserslautern pada periode 1994–1998. Keduanya bahu-membahu membawa Kaiserslautern menjuarai Bundesliga 1997/1998 dan DFB-Pokal 1995/1996.

Sebagai striker, Kuka berperan vital dalam keberhasilan Kaiserslautern. Ia menyumbang 64 gol dalam 145 penampilan di semua ajang. Kuka pun menjadi salah satu pemain asing tertajam dalam sejarah Kaiserslautern. Ia juga masuk dalam daftar lima besar top skor sepanjang masa Timnas Republik Ceko.

Baca Juga: 3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024

3. Patrik Berger juara Bundesliga 1995/1996 bareng Borussia Dortmund

5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga JermanPatrik Berger (bvb.de)

Ada pula tiga pemain Republik Ceko yang pernah juara Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Salah satunya Patrik Berger yang berposisi gelandang atau winger. Berger hanya semusim bermain di Bundesliga, yaitu pada 1995/1996. Namun, satu musim tersebut berbuah trofi Bundesliga dan Piala Super Jerman bagi Berger.

Kontribusi Berger dalam keberhasilan Borussia Dortmund pun cukup besar. Ia tampil 28 kali di Bundesliga dan mencetak 4 gol serta 5 assist. Setelah itu, Berger pindah ke Liverpool dan menjelma menjadi salah satu gelandang legendaris The Reds.

4. Jan Koller bawa Borussia Dortmund mengangkat trofi Bundesliga 2001/2002

5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga JermanJan Koller (twitter.com/BVB)

Berikutnya, ada Jan Koller, striker legendaris Republik Ceko. Koller terkenal sebagai striker tajam dengan postur tubuh yang menjulang tinggi. Ia merupakan top skor sepanjang masa Timnas Republik Ceko dengan 55 gol. Karier Koller di level klub juga bertabur sukses. Ia pernah juara di tiga liga berbeda, termasuk Bundesliga Jerman.

Koller menjuarai Bundesliga bersama Borussia Dortmund pada 2001/2002. Ia terus membela Dortmund hingga 2006, tetapi tidak meraih gelar tambahan. Secara total, Koller bermain 184 kali bagi Borussia Dortmund dan mencetak 79 gol.

5. Tomas Rosicky jadi pemain kunci Borussia Dortmund saat menjuarai Bundesliga 2001/2002

5 Pemain Republik Ceko yang Pernah Menjuarai Bundesliga JermanTomas Rosicky (twitter.com/BVB)

Satu lagi pemain Republik Ceko yang menjuarai Bundesliga bersama Borussia Dortmund adalah Tomas Rosicky. Ia membela Dortmund pada periode yang serupa dengan Jan Koller. Rosicky menjadi salah satu pemain kunci Dortmund saat menjuarai Bundesliga 2001/2002. Ia tampil 30 kali dan membuat 5 gol di Bundesliga musim tersebut.

Statistik total Rosicky bersama Borussia Dortmund adalah 189 penampilan dengan 24 gol dan 47 assist. Sukses di Jerman, Rosicky direkrut Arsenal dan menghabiskan 10 musim membela The Gunners. Sayangnya, karier Rosicky di Arsenal kerap diganggu cedera.

Lima pemain di atas mengharumkan nama Republik Ceko di Bundesliga Jerman dengan merebut gelar juara. Kini, tiga pemain Republik Ceko milik Bayer Leverkusen berpeluang menyusul raihan mereka. Bisakah mereka membawa Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024?

Baca Juga: 4 Pelatih Non-Jerman Terakhir yang Menjadi Juara Bundesliga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya