3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024

Ada yang sudah veteran

Sepak bola telah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang di Italia. Fanatisme tersebut berbanding lurus dengan prestasi luar biasa tim nasional karena sudah menjuarai berbagai kompetisi internasional. Selain itu, mereka juga berhasil mengelola liga dengan baik sehingga tidak pernah absen mencetak talenta-talenta hebat pada setiap generasi. Hal ini membuat pesepak bola dari negara berjuluk Gli Azzurri diperebutkan oleh klub di Eropa.

Tak hanya berjaya di Serie A, banyak pemain kebangsaan Italia memutuskan mentas di kompetisi elite Eropa lainnya. Mereka tidak takut bersaing dengan bakat hebat dari berbagai penjuru dunia. Salah satu yang kerap jadi tujuan pemain Gli Azzurri untuk mencari tantangan adalah Bundesliga. Pada 2023/2024, ada sekitar tiga pesepak bola Italia yang berkarier di kasta tertinggi Liga Jerman tersebut. Siapa saja mereka dan seperti apa kontribusinya sejauh ini untuk masing-masing tim? Berikut ulasannya!

1. Leonardo Bonucci gabung secara gratis dengan Union Berlin pada deadline musim panas 2023

3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024Leonardo Bonucci (instagram.com/bonuccileo19)

Juventus melakukan perombakan besar pada musim panas 2023. La Vecchia Signora merekrut Cristiano Guintoli sebagai direktur olahraga baru untuk menggantikan Matteo Tognozzi. Tim asal Italia tersebut melakukan regenerasi sehingga melepas penggawa lama yang tidak masuk rencana masa depan.

Leonardo Bonucci jadi salah satu yang dilepas secara gratis oleh Juventus pada deadline musim panas 2023. Bek tengah veteran ini lantas memulai petualangan baru di Jerman untuk membela Union Berlin. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2024 dengan opsi perpanjangan 1 tahun.

Pesepak bola 36 tahun ini ternyata tak selalu mendapat kesempatan reguler bersama Union Berlin pada 2023/2024. Leonardo Bonucci beberapa kali digantikan oleh Robin Knoche dan Danilho Doekhi untuk menjaga area pertahanan. Meski begitu, dia bisa menjalankan peran sebagai sosok mentor bagi penggawa muda Die Eisernen. Hingga minggu 15, ia tercatat baru berkontribusi dalam 9 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di berbagai kompetisi.

2. Vincenzo Grifo dipercaya menjabat sebagai wakil kapten SC Freiburg pada 2023/2024

3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024Vincenzo Grifo (instagram.com/grifov32)

Vincenzo Grifo adalah penyerang sayap yang pertama kali memperkuat SC Freiburg dengan status pinjaman dari TSG Hoffenheim. Dirinya bisa memenuhi ekspektasi sehingga dipermanenkan pada musim panas 2019. Pesepak bola kelahiran Pforzheim ini berhasil bertransformasi jadi salah satu kunci kreativitas lini depan Breisgau-Brasilianer. Grifo sendiri telah mendapat perpanjangan kontrak pada 2022 dengan durasi yang dirahasiakan.

Vincenzo Grifo masih bisa mempertahankan posisinya di skuad utama SC Freiburg pada 2023/2024. Dirinya bahkan dipercaya mengemban peran sebagai wakil kapten Breisgau-Brasilianer. Selain penyerang sayap kiri, pemain kebangsaan Italia tersebut pernah diplot jadi gelandang kanan tergantung kebutuhan tim. Sampai pekan 15, dia sudah diturunkan dalam 22 laga dengan mencetak 7 gol dan 7 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, Vincenzo sendiri total mencatatkan penampilan sebanyak 248 pertandingan dengan menorehkan 79 gol dan 73 assist.

3. Fabio Chiarodia belum jadi penggawa kunci di lini pertahanan Borussia Monchengladbach

3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024Fabio Chiarodia (instagram.com/fabio.chr_)

Fabio Chiarodia adalah bek tengah jebolan akademi Werder Bremen. Namun, dirinya kesulitan mendapat menit bermain bersama Die Werderaner. Pemain 18 tahun ini lantas memilih hengkang setelah mendapat tawaran dari Borussia Monchengladbach pada musim panas 2023. Dirinya dianggap sebagai rekrutan potensial sehingga dipagari kontrak sampai 2027 demi bertahan di Borussia-Park Stadium.

Sejauh ini, Fabio Chiarodia belum jadi penggawa kunci di lini pertahanan Borussia Monchengladbach pada 2023/2024. Dirinya lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Hal tersebut membuatnya tidak bisa menunjukkan banyak kontribusi terhadap permainan Die Fohlen. Hingga pekan 15, dia baru bermain dalam tujuh pertandingan di berbagai kompetisi.

Ketiga pesepak bola Italia tersebut berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024. Sejauh ini, Fabio Chiarodia dan Leonardo Bonucci masih kesulitan menembus skuad utama timnya masing-masing. Sementara itu, Vicenzo Grifo jadi yang paling sukses karena bisa menjelma sebagai instrumen penting dalam permainan Borussia Monchengladbach.

Baca Juga: 5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar Eropa

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya