Comscore Tracker

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League 

Ada yang pernah 2 kali jadi pemain terbaik Liga Inggris lho!

Serbia adalah sebuah negara Eropa kecil yang terletak di kawasan Balkan, Eropa Timur. Negara ini merupakan pecahan dari Yugoslavia yang dulu merupakan salah satu negara besar di Eropa. Di pentas sepak bola pun, Yugoslavia terkenal sebagai negara kuat dan bahkan pernah merebut posisi keempat di Piala Dunia.

Karena itu, rasanya tidak mengherankan jika hingga kini pun Serbia masih memproduksi pemain-pemain berkualitas di lapangan hijau. Beberapa pemain-pemain hebat itu pun pernah mentas di Premier League Inggris dan bahkan terbilang cukup sukses. Siapa saja mereka? Ini dia lima di antaranya.

1. Branislav Ivanovic 

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League skysports.com

Fans Chelsea pasti masih ingat betul pada mantan bek tengah The Blues ini. Ivanovic menjadi bagian dari skuad Chelsea selama sembilan musim dari tahun 2008 hingga 2017. Selama itu, ia menjadi salah satu kekuatan inti di lini belakang Chelsea, bermain total 377 kali di semua ajang untuk Chelsea, seperti dicatat Transfermarkt.

Sebagai bek, Ivanovic juga terbilang subur. Ia menyumbang 34 gol dan 34 assist bagi Chelsea, dan tentunya turut berperan serta dalam kesuksesan The Blues meraih banyak gelar. Trofi yang ia raih selama di Chelsea mencakup tiga Premier League, tiga Piala FA, satu Liga Champions dan satu Europa League.

2. Aleksandar Kolarov 

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League mancity.com

Sementara pemain yang satu ini adalah mantan bek kiri Manchester City yang terkenal punya tendangan bebas mematikan. Aleksandar Kolarov membela City selama 7 musim dari 2010 hingga 2017, bermain 247 kali di semua ajang dan menyumbangkan 21 gol serta 37 assist.

Meski tak selalu menjadi pilihan utama, kontribusi Kolarov di lini belakang City tetap luar biasa. Ia turut membantu City mengangkat enam trofi, termasuk dua trofi Premier League dan sebuah Piala FA. Lepas dari City, Kolarov hijrah ke AS Roma dan mulai musim ini membela Inter Milan.

3. Nemanja Matic 

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League skysports.com

Satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih bermain di Premier League sampai sekarang. Matic yang berposisi gelandang bertahan mengawali kariernya di Premier League pada 2009 hingga 2011. Ia sempat hijrah ke Benfica selama tiga musim tapi lalu kembali ke Chelsea pada 2014. Kini, Matic memasuki musim keempatnya berseragam Manchester United.

Sejauh ini, Matic total bermain sebanyak 209 kali di Premier League dengan catatan enam gol serta 19 assist. Ia juga telah meraih tiga trofi Premier League, satu Piala FA, dan satu Piala Liga yang semuanya diraih bersama Chelsea. Meski telah berusia 32 tahun, Matic nyatanya masih dipercaya di lini tengah Manchester United, bahkan telah dikontrak hingga tahun 2023.

Baca Juga: 8 Rekrutan Termahal Klub Premier League dari Benfica, Ada Rekor Baru!

4. Nemanja Vidic 

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League givemesport.com

Tak diragukan lagi adalah pemain Serbia tersukses yang pernah bermain di Premier League. Membela Manchester United selama delapan musim dari 2006 hingga 2014, Vidic juga adalah salah satu yang terlama bertualang di Inggris. Situs resmi Premier League mencatat bahwa ia bermain 211 kali di liga dengan sumbangan 15 gol.

Deretan trofi yang pernah ia raih pun tak main-main. Totalnya adalah 17 trofi yang mencakup lima Premier League, satu Liga Champions dan satu trofi Piala Dunia Antarklub. Penghargaan individu bergengsi pun pernah diraihnya, yaitu 2 kali menjadi pemain terbaik Premier League, rekor satu-satunya bagi seorang bek.

5. Dusan Tadic 

5 Pemain Serbia Terhebat yang Pernah Bermain di Premier League thetimes.co.uk

Terakhir, ada Dusan Tadic, gelandang serang yang juga bisa bermain sebagai penyerang. Semasa di Inggris, Tadic memang hanya pernah membela Southampton yang merupakan tim papan tengah. Selama empat musim, dari 2014 hingga 2018, Tadic bermain 134 kali di liga dan mencetak 20 gol serta 27 assist.

Selama membela Soton, pencapaian terbaik Tadic adalah membawa tim merah putih itu jadi runner-up Piala Liga pada 2016-17. Tapi bukan berarti Tadic adalah pemain sembarangan. Buktinya sejak hengkang ke Ajax Amsterdam pada 2018, ia dipercaya sebagai kapten dan sempat sukses membawa tim Belanda itu lolos ke semifinal Liga Champions 2018-19.

Bukan menjadi negara favorit kala pagelaran Piala Dunia, Serbia tetap bisa mencetak pemain berkualitas. Pemain-pemain tersebut adalah sedikit dari banyaknya pemain Serbia di Eropa. Siapa pemain Serbia lain yang menurutmu akan tampil apik di liga top Eropa?

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League ke Klub LaLiga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya