7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023

Tiga pemain merapat ke Fenerbahce

Geliat klub-klub Super Lig Turki pada bursa transfer musim panas 2023 tak bisa diremehkan. Super Lig memang tidak termasuk liga top Eropa, tetapi klub-klubnya tetap punya daya tarik tersendiri. Buktinya, tiap musimnya ada saja pemain bernama besar yang merapat ke sana.

Pada musim panas 2023, banyak klub liga top Eropa yang melepas pemainnya ke Super Lig. Klub-klub Serie A Italia tak terkecuali. Berikut ini tujuh pemain Serie A yang pindah ke Super Lig pada musim panas 2023.

1. Edin Dzeko langsung tajam bersama Fenerbahce

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Edin Dzeko (instagram.com/edindzeko)

Edin Dzeko adalah salah satu pemain paling top yang baru hijrah dari Serie A ke Super Lig Turki. Dzeko meninggalkan Inter Milan secara gratis lalu merapat ke Fenerbahce. Striker 37 tahun asal asal Bosnia itu diberi kontrak 2 tahun dan langsung didapuk jadi kapten Fenerbahce.

Tak butuh waktu lama, Dzeko juga langsung tajam bagi Fenerbahce. Ia sudah mencetak 5 gol dalam 6 penampilan sejauh ini. Ketajaman Dzeko bukan kejutan karena selama bermain di Serie A pun ia mencetak banyak gol. Secara total, Dzeko mencetak 107 gol selama 8 musim berkarier di Serie A.

2. Ante Rebic meninggalkan AC Milan dan bergabung dengan Besiktas

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Ante Rebic (instagram.com/ante_rebic_7)

AC Milan juga telah melepas satu pemainnya ke klub Super Lig Turki. Pemain yang dimaksud adalah Ante Rebic, winger asal Kroasia. Rebic menyudahi kiprahnya bersama AC Milan yang dimulai pada 2019. Selama berbaju Rossoneri, Rebic tampil 123 kali di semua ajang dan mencetak 29 gol.

Saat AC Milan meraih scudetto 2021/2022, Rebic memegang peranan penting. Pengalaman dan mental juara Rebic bakal berharga bagi klub barunya, Besiktas. Namun, sejak bergabung ke Besiktas, Rebic masih lebih sering tampil sebagai pemain pengganti.

3. Rodrigo Becao dikontrak Fenerbahce hingga 2028

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Rodrigo Becao (instagram.com/rodrigobecao)

Selain Edin Dzeko, Fenerbahce juga mendatangkan Rodrigo Becao dari Serie A. Becao adalah bek tengah asal Brasil yang membela Udinese sejak 2019. Ia sukses jadi andalan Udinese hingga mencatat total 130 penampilan di semua ajang.

Demi memboyong Becao, Fenerbahce mengeluarkan biaya 8,3 juta euro atau Rp137 miliar. Pemain berusia 27 tahun itu bahkan diberi kontrak jangka panjang hingga 2028. Sejak bergabung, Becao telah bermain tiga kali bagi Fenerbahce dan hampir selalu tampil penuh.

Baca Juga: 5 Striker yang Pernah Dilepas Gratis Inter Milan sebelum Edin Dzeko

4. Mert Muldur berkarier di Turki untuk pertama kalinya

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Mert Muldur (instagram.com/mert.m99)

Ada pula Mert Muldur, bek kanan baru Fenerbahce yang didatangkan dari Sassuolo. Muldur adalah pemain berdarah Turki yang lahir di Austria. Ia mengawali karier di Austria sebelum membela Sassuolo. Maka, ini adalah pertama kalinya Muldur bermain di Turki, negara asal orang tuanya.

Muldur digaet Fenerbahce dengan harga 2,8 juta euro alias Rp46 miliar. Ia menarik perhatian Fenerbahce karena sukses diandalkan Sassuolo dalam 3 musim terakhir. Namun, sejauh ini Muldur masih sebatas jadi pelapis di pos bek kanan klub barunya.

5. Kaan Ayhan dipermanenkan Galatasaray

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Kaan Ayhan (instagram.com/kaanayhan)

Sassuolo melepas dua pemain sekaligus ke klub Turki pada musim panas 2023. Selain Mert Muldur, ada Kaan Ayhan yang dipermanenkan Galatasaray. Sebelumnya, Ayhan sudah jadi pinjaman Galatasaray sejak Januari 2023 dan melakoni enam laga di semua ajang.

Sama seperti Muldur, Ayhan juga berasal dari Turki tetapi baru kali ini bermain di Super Lig. Ia pun dilepas Sassuolo dengan harga yang sama dengan Muldur, yaitu 2,8 juta euro. Ayhan sendiri berposisi asli bek tengah, tetapi di Galatasaray lebih sering diplot jadi gelandang bertahan.

6. Marcus Rohden hengkang usai antarkan Frosinone promosi

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Marcus Rohden (instagram.com/karagumruk_sk)

Fatih Karagumruk tak mau ketinggalan dengan merekrut dua pemain dari Serie A. Salah satunya Marcus Rohden, gelandang Swedia yang sebelumnya membela Frosinone. Rohden adalah salah satu pemain kunci yang membawa Frosinone promosi ke Serie A 2023/2024.

Sayangnya, Rohden tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2023. Ia pun meninggalkan Frosinone dengan catatan total 120 penampilan dalam 4 musim. Setelah itu, Rohden sepakat bergabung ke Fatih Karagumruk dengan kontrak 2 tahun.

7. Stefano Sturaro juga gabung Fatih Karagumruk

7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023Stefano Sturaro (instagram.com/karagumruk_sk)

Ada pula pemain asli Italia yang memilih hengkang ke Super Lig pada musim panas 2023. Stefano Sturaro meninggalkan Genoa dan merapat ke Fatih Karagumruk. Sturaro adalah gelandang yang pernah membela Juventus, bahkan meraih empat scudetto bareng Bianconeri.

Sturaro berseragam Genoa sejak meninggalkan Juventus pada 2019. Ia turut membawa Genoa promosi ke Serie A 2023/2024, bahkan bertindak sebagai kapten pada paruh kedua musim. Namun, sama seperti Rohden, Sturaro kemudian hengkang ke Fatih Karagumruk secara gratis.

Super Lig Turki disambangi tujuh pemain dari Serie A Italia pada musim panas 2023. Kedatangan mereka bisa membuat persaingan di Super Lig makin seru. Bisakah mereka membuktikan dirinya di liga yang baru?

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya