5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023

Ada yang melanjutkan karier di Asia

Swiss adalah negara Eropa dengan prestasi semenjana di dunia sepak bola. Namun, Swiss juga kerap menghasilkan pesepak bola dengan kualitas mendunia. Banyak dari mereka yang bermain di liga-liga top Eropa sehingga kiprahnya menarik perhatian.

Pada bursa transfer musim panas 2023, kepindahan beberapa pemain Swiss pun menjadi sorotan. Ada yang bergabung dengan klub besar Eropa, ada pula yang justru meninggalkan Eropa dan berlabuh di Asia. Berikut lima pemain Swiss yang sudah resmi berpindah klub pada musim panas 2023.

1. Granit Xhaka

5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023Granit Xhaka (instagram.com/bayer04fussball)

Pertama, ada Granit Xhaka, gelandang senior Swiss. Xhaka berpindah klub dari Arsenal ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Transfer Xhaka menarik perhatian, khususnya bagi publik sepak bola Swiss karena ia saat ini menjabat sebagai kapten timnas.

Selain itu, kepergian Xhaka juga berarti ia akhirnya menyudahi 7 tahun pengabdian kepada Arsenal. Padahal, Xhaka masih jadi andalan di lini tengah The Gunners. Musim 2022/2023 lalu ia bahkan tampil luar biasa dan hampir membawa Arsenal juara English Premier League (EPL).

Bagi Bayer Leverkusen, kedatangan Xhaka adalah berkah tersendiri. Mereka bisa mendapatkan gelandang top tanpa perlu mengeluarkan uang transfer. Kualitas Xhaka membuat Leverkusen tak ragu untuk mengikatnya dengan kontrak jangka panjang hingga 2028.

Baca Juga: 6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit Xhaka

2. Yann Sommer

5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Ada pula Yann Sommer, kiper Swiss yang telah meninggalkan Bayern Munich dan merapat ke Inter Milan. Sommer digaet Inter sebagai pengganti Andre Onana yang pindah ke Manchester United. Demi mendapat Sommer, Nerazzurri ternyata hanya perlu membayar 6,75 juta euro atau Rp113 miliar.

Harga itu terbilang murah untuk kiper sekaliber Sommer. Kualitas Sommer telah terbukti selama bermain di Bundesliga Jerman. Ia juga telah dipercaya jadi kiper utama Timnas Swiss sejak 2014. Oleh Inter Milan, Sommer diikat kontrak 3 tahun alias hingga musim panas 2026.

3. Noah Okafor

5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023Noah Okafor (instagram.com/noah.arinze)

AC Milan, sang tetangga Inter Milan, juga mendatangkan pemain anyar asal Swiss. Ia adalah Noah Okafor, striker 23 tahun yang juga bisa beroperasi sebagai winger. Okafor diboyong dari RB Salzburg dengan nilai transfer 14 juta euro atau Rp234 miliar.

Performa Okafor selama berseragam Salzburg memang wajar menarik minat AC Milan. Khususnya dalam 2 musim terakhir, ia sukses tampil tajam dengan torehan 24 gol dalam 66 laga. Kehadiran Okafor penting bagi AC Milan untuk regenerasi lini depan mereka yang lebih banyak berisi pemain senior.

4. Zeki Amdouni

5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023Zeki Amdouni (instagram.com/burnleyofficial)

Tak hanya Okafor, Swiss juga memiliki striker muda lain yang potensial dalam diri Zeki Amdouni. Ia adalah stiker 22 tahun yang baru bergabung dengan Burnley. Demi memboyong Amdouni, Burnley sampai memecahkan rekor pembelian termahal mereka, yaitu 18,6 juta euro atau Rp310 miliar.

Kiprah Amdouni selama membela FC Basel pada 2022/2023 menjadi alasan Burnley rela mengeluarkan uang banyak. Amdouni tampil 52 kali di semua ajang bagi FC Basel dan mencetak 22 gol. Lewat ketajamannya, Amdouni potensial menjadi striker andalan Burnley mulai musim depan.

5. Haris Seferovic

5 Pemain Swiss yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023Haris Seferovic (instagram.com/alwaslsc)

Sementara, Haris Seferovic memilih hijrah ke Asia pada musim panas 2023. Sang striker 31 tahun meninggalkan Benfica dan bergabung dengan klub Uni Emirat Arab, Al Wasl. Seferovic pun menutup pengabdiannya kepada Benfica yang berlangsung sejak 2017.

Bersama Benfica, Seferovic sempat jadi andalan. Ia sukses mengoleksi 188 penampilan di semua ajang yang berbuah 74 gol. Namun, Seferovic memang sudah tersisih dari tim inti Benfica dalam 2 musim terakhir. Kini, bersama Al Wasl, Seferovic bakal kembali menyandang status striker utama.

Lima pemain Swiss di atas turut meramaikan bursa transfer musim panas 2023 dengan kepindahannya. Siapa lagi pemain asal Swiss yang bakal mengikuti jejak mereka pada sisa bursa transfer?

Baca Juga: 5 Pemain Swiss yang Pernah Membela Inter Milan, Yann Sommer Terbaru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya