5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPL

Nicolas Pepe bergabung pada 2023/2024

Trabzonspor adalah klub terbesar dan tersukses keempat di Turki. Koleksi trofi milik Trabzonspor sepanjang sejarah hanya kalah dari Galatasaray, Fenerbahce, dan Besiktas. Trabzonspor juga konsisten bersaing di papan atas Super Lig Turki dalam beberapa dekade terakhir.

Karena itu, Trabzonspor kerap menarik minat pemain dari liga-liga top Eropa untuk bergabung, tak terkecuali dari English Premier League (EPL). Ada beberapa pemain yang memilih bergabung ke Trabzonspor setelah hengkang dari klub EPL. Siapa saja nama-nama terakhir itu?

1. Florent Malouda hanya semusim di Trabzonspor

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPLFlorent Malouda (twitter.com/realflorentm)

Florent Malouda adalah winger asal Prancis yang membela Chelsea pada 2007–2013. Ia sempat jadi andalan The Blues hingga mencatat total 229 penampilan di semua ajang. Kariernya bersama Chelsea juga dihiasi enam trofi, termasuk 1 gelar EPL dan 1 Liga Champions.

Malouda meninggalkan Chelsea pada 2013 setelah kontraknya habis. Ia lalu melanjutkan karier bersama Trabzonspor. Statistiknya cukup bagus, yaitu 7 gol dan 8 assist dalam 29 laga. Namun, Malouda hanya menetap semusim di Trabzonspor sebelum pulang ke Prancis pada 2014.

Baca Juga: 7 Pemain Serie A yang Hijrah ke Super Lig pada Musim Panas 2023

2. Daniel Sturridge gabung Trabzonspor dari Liverpool

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPLDaniel Sturridge berseragam Trabzonspor. (instagram.com/danielsturridge)

Daniel Sturridge juga merupakan eks pemain klub besar EPL. Sturridge pernah berseragam Chelsea pada 2009–2013 lalu Liverpool pada 2013–2019. Sang striker asal Inggris memenangi gelar bergengsi bersama kedua klub, tetapi ia lebih bersinar bareng Liverpool.

Setelah menghabiskan 6,5 musim di Liverpool, Sturridge berlabuh di Trabzonspor. Seperti Malouda, Sturridge pun datang tanpa biaya transfer. Namun, Sturridge juga hanya bertahan semusim saja. Usai melakoni 16 pertandingan dengan 7 gol, Sturridge dilepas Trabzonspor secara gratis.

3. Fousseni Diabate jarang tampil bersama Trabzonspor

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPLFousseni Diabate (instagram.com/f_diabate33)

Berikutnya, ada Fousseni Diabate, winger yang gabung Trabzonspor pada musim panas 2020. Diabate didatangkan dari Leicester City dengan mahar 1,57 juta euro atau Rp26 miliar. Sebelumnya, Diabate berbaju Leicester selama 2,5 musim, tetapi sempat dipinjamkan ke dua klub lain.

Setelah gabung Trabzonspor, nasib Diabate ternyata tak jauh berbeda. Ia dua kali dipinjamkan ke klub lain sehingga hanya sempat tampil tujuh kali bareng Trabzonspor. Setelah hanya 2 musim. Diabate meninggalkan Trabzonspor pada musim panas 2022.

4. Mahmoud Trezeguet moncer pada musim pertama di Trabzonspor

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPLMahmoud Trezeguet (instagram.com/mahmoudtrezeguet)

Ada pula eks pemain EPL yang masih berseragam Trabzonspor saat ini. Salah satunya adalah Mahmoud Trezeguet, winger asal Mesir. Trezeguet masih bertahan di Trabzonspor sejak bergabung pada 2022. Ia didatangkan dari Aston Villa, klub yang ia bela selama 3 tahun ke belakang.

Tak butuh waktu lama, Trezeguet langsung moncer bersama Trabzonspor. Ia menjadi pemain Trabzonspor paling produktif pada 2022/2023 dengan catatan 13 gol dan 10 assist. Sayangnya, performa Trezeguet pada awal musim 2023/2024 ini sedikit menurun karena cedera yang ia alami.

5. Nicolas Pepe gabung Trabzonspor setelah putus kontrak di Arsenal

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen Trabzonspor dari Klub EPLNicolas Pepe berseragam Arsenal (instagram.com/nicolas.pepe19)

Pemain terbaru yang didatangkan Trabzonspor dari EPL adalah Nicolas Pepe. Winger lincah asal Pantai Gading itu baru bergabung pada awal 2023/2024. Pepe datang secara gratis dari Arsenal setelah sepakat memutus kontraknya yang masih tersisa 1 tahun.

Pepe pun akhirnya meninggalkan Arsenal setelah menetap sejak 2019. Saat itu, Pepe bergabung dengan status pemain termahal dalam sejarah Arsenal. Sayangnya, Pepe inkonsisten bersama The Gunners. Meski mampu menciptakan 27 gol dan 21 assist, ia juga kerap tampil buruk hingga dianggap flop.

Bersama Trabzonspor, Pepe berpeluang memperbaiki kariernya yang sempat meredup. Sayangnya, sejauh ini ia belum bisa tampil bagi klub barunya karena masalah kebugaran. Debut resmi Pepe bersama Trabzonspor mungkin baru akan terjadi pada Oktober 2023.

Kelima pemain di atas membawa pengalaman bermain di EPL ke Trabzonspor, termasuk Nicolas Pepe yang baru bergabung musim 2023/2024 ini. Mampukah Pepe tampil apik bareng Trabzonspor dan membantu klubnya berprestasi?

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Berkarier di Super Lig 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya