5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024

Ada yang berpeluang pensiun dalam waktu dekat

Musim kompetisi sepak bola Eropa 2023/2024 telah berlangsung selama sekitar 2 bulan. Setiap klub sedang menjalani persaingan di berbagai ajang. Para pemain pun sedang melanjutkan karier bersama klubnya masing-masing. Ada yang berkiprah bareng klub baru, yang lain lanjut membela klub lama.

Namun, ada pula beberapa pemain yang masih berada di persimpangan jalan sampai saat ini. Mereka sudah hengkang dari klub lamanya, tetapi belum mendapatkan klub baru. Para pemain yang berstatus tanpa klub itu biasanya disebut sebagai free agent.

Meski belum menemukan klub baru, bukan berarti mereka minim kualitas. Jika ditinjau dari harga pasarannya, ada beberapa pemain free agent yang bernilai cukup tinggi. Dikutip dari Transfermarkt, berikut enam pemain tanpa klub dengan harga pasaran termahal pada awal 2023/2024.

1. David De Gea sempat ingin pensiun karena tak kunjung dapat klub

5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024David De Gea (instagram.com/d_degeaofficial)

Pemain free agent termahal saat ini adalah David De Gea. Kiper asal Spanyol itu masih menganggur setelah dilepas Manchester United pada musim panas 2023. Padahal, kualitas De Gea tak perlu diragukan lagi. Harga pasarannya pun ditaksir mencapai 13 juta euro atau Rp216 miliar.

De Gea merupakan kiper andalan Manchester United sejak bergabung pada 2011. Ia seringkali menjadi penyelamat Setan Merah berkat aksinya di bawah mistar. Musim 2022/2023 lalu, De Gea masih membuktikan kualitasnya dengan meraih Golden Glove di English Premier League.

Karena kualitasnya, De Gea sebenarnya masih diminati banyak klub. Ia sempat didekati Real Madrid dan Real Betis. Ada pula tawaran masif dari klub-klub Arab Saudi, namun belum ada yang terealisasi. De Gea bahkan dikabarkan sempat mempertimbangkan untuk pensiun karena tak juga mendapatkan klub baru.

2. Jesse Lingard gagal perbaiki karier bersama Nottingham Forest

5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024Jesse Lingard (instagram.com/jesselingard)

Jesse Lingard juga adalah eks bintang Manchester United. Lingard bahkan merupakan jebolan akademi Setan Merah. Ia menghabiskan 11 tahun berseragam Manchester United. Namun, kesempatan tampil Lingard terus menurun dalam beberapa musim terakhirnya di Old Trafford.

Lingard pun memilih hengkang ke Nottingham Forest pada 2022. Sayangnya, ia gagal memperbaiki kariernya bersama Forest. Lingard pun dilepas pada musim panas 2023 dengan status free agent. Sejak itu, sang gelandang 30 tahun belum juga mendapatkan klub baru.

Saat ini, harga pasaran Lingard berada di angka 8 juta euro atau Rp133 miliar. Nilai tersebut menggambarkan bahwa Lingard masih punya kualitas untuk bermain di Eropa. Untuk sementara, ia sedang berlatih di Arab Saudi bersama Al-Ettifaq sembari menunggu klub baru.

Baca Juga: Dapat Kode dari Jesse Lingard, Bali United Berani Nampung?

3. Xeka belum mendapat klub baru karena sempat lama cedera

5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024Xeka (instagram.com/xeka8)

Berikutnya ada Xeka, gelandang 28 tahun asal Portugal. Ia memiliki harga pasaran 6 juta euro atau Rp100 miliar. Xeka paling dikenal saat membela LOSC Lille pada 2017–2022. Ia adalah salah satu pemain kunci ketika Lille menjuarai Ligue 1 Prancis 2020/2021.

Sayangnya, Xeka mengalami nasib sial usai pindah membela Stade Rennes pada 2022/2023. Ia mengalami cedera parah yang membuatnya absen selama 6 bulan. Xeka pun dilepas Rennes pada musim panas 2023 meski sudah sembuh. Sejak itu, Xeka belum menarik minat klub lain untuk mendatangkannya.

4. Eden Hazard bisa kembali ke Chelsea atau memilih pensiun

5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024Eden Hazard (instagram.com/hazardeden_10)

Eden Hazard juga masih tanpa klub sejak meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2023. Pencinta sepak bola pasti masih ingat kualitas Hazard pada masa jayanya bersama Chelsea. Sayangnya, gelandang asal Belgia itu meredup setelah pindah ke Real Madrid.

Bukannya berprestasi, Hazard malah lebih sering menepi karena cedera selama berseragam Real Madrid. Tak heran nilai pasaran Hazard kini merosot ke angka 5 juta euro atau Rp83 miliar. Padahal, dulu ia pernah dihargai hingga 150 juta euro alias Rp2,48 triliun.

Status free agent sendiri tampaknya tidak membuat Hazard gundah. Ia bahkan sempat mengisyaratkan bahwa ia sudah bersiap pensiun. Namun, ada pula kemungkinan Hazard bakal pulang ke Chelsea karena The Blues dikabarkan masih meminatinya.

5. Jean-Philippe Gbamin sering cedera selama membela Everton

5 Pemain Termahal yang Masih Tanpa Klub pada Awal Musim 2023/2024Jean-Philippe Gbamin (instagram.com/jean_philippe_gbamin)

Satu lagi pemain free agent yang cukup mahal adalah Jean-Philippe Gbamin. Ia memiliki harga pasaran 4,8 juta euro atau Rp80 miliar. Gbamin adalah gelandang asal Pantai Gading yang membela Everton pada 2019–2023. Namun, ia minim penampilan karena sering dihantam cedera.

Gbamin hanya pernah tampil delapan kali selama 4 tahun berseragam Everton. Ia pun sepakat memutus kontraknya di Everton pada 2023 meski masih tersisa setahun. Hingga kini, Gbamin masih kesulitan mendapat klub baru, salah satunya karena riwayatnya yang rentan cedera.

Karena berbagai alasan, lima pemain di atas masih berstatus tanpa klub hingga saat ini. Padahal, mereka cukup berkualitas seperti tergambar dari harga pasarannya yang tinggi. Sampai kapan mereka harus menunggu untuk mendapat klub baru?

Baca Juga: 5 Rekrutan yang Gabung Everton pada Musim Panas 2023, Beto Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya