4 Pemain Tertajam pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024, Siapa Saja?

Ada yang gagal ke fase knockout

Gelaran fase grup Liga Europa 2023/2024 telah rampung. Daftar 16 tim yang lolos ke fase knockout telah didapatkan. Bisa dibilang, daftar tersebut minim kejutan. Sebagian besar tim yang berhasil melaju adalah tim yang memang diunggulkan.

Daftar top skor fase grup Liga Europa 2023/2024 juga diisi nama-nama yang akrab di telinga. Sebagian besar dari mereka berhasil meloloskan klubnya ke fase knockout, meski ada pula yang gagal. Inilah empat pemain teratas di daftar tersebut.

1. Joao Pedro sudah mencetak enam gol pada musim debutnya di kancah Eropa

4 Pemain Tertajam pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024, Siapa Saja?Joao Pedro (instagram.com/joaopedro.oficial)

Pemain tersubur pada fase grup Liga Europa 2023/2024 adalah Joao Pedro. Striker asal Brasil itu mencetak enam gol bagi klubnya, Brighton & Hove Albion. Padahal, Joao Pedro baru bergabung dengan Brighton pada awal musim. Ia juga baru kali ini bermain di kompetisi antar klub Eropa.

Enam gol Joao Pedro tersebar di lima laga Grup B Liga Europa musim ini. Praktis, ia hanya gagal mencetak gol dalam satu pertandingan. Hasilnya, gol-gol Joao Pedro membawa Brighton meraih 4 kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Brighton sendiri juga baru musim ini berlaga di kancah Eropa. Namun, andil Joao Pedro turut membawa mereka menjadi juara Grup B. The Seagulls sukses menyisihkan Ajax Amsterdam yang lebih diunggulkan.

2. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak lima gol, makin mendekati rekor gol terbanyak Liga Europa

4 Pemain Tertajam pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024, Siapa Saja?Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Klub yang menemani Brighton lolos dari Grup B adalah Olympique Marseille. Wakil Prancis tersebut melaju sebagai runner-up Grup B. Salah satu pahlawan keberhasilan Marseille adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Sang striker asal Gabon mencetak 5 gol dalam 5 laga fase grup.

Uniknya, kelima gol Aubameyang tercipta ke gawang satu klub saja, Ajax Amsterdam. Aubameyang mencetak dua gol saat Marseille bermain imbang 3-3 dengan Ajax pada matchday pertama. Ia lalu mencetak hattrick kala Marseille menumbangkan Ajax 4-3 pada matchday kelima.

Torehan lima gol Aubameyang tak hanya membuat Marseille terus melaju. Aubameyang juga makin dekat dengan rekor gol terbanyak sepanjang masa Liga Europa. Saat ini, ia sudah mengoleksi 29 gol. Aubameyang hanya kalah dari Radamel Falcao yang mencetak total 30 gol di Liga Europa.

Baca Juga: Romelu Lukaku Bantu AS Roma Ukir Sejarah Baru di Eropa!

3. Romelu Lukaku membuat lima gol sekaligus membawa AS Roma lolos ke fase knockout

4 Pemain Tertajam pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024, Siapa Saja?Romelu Lukaku (instagram.com/officialasroma)

Romelu Lukaku juga mencetak lima gol pada fase grup Liga Europa 2023/2024. Striker Belgia itu pun turut meloloskan AS Roma sebagai runner-up Grup G. Selain itu, Lukaku makin menegaskan ketajamannya bersama AS Roma. Musim ini, ia sudah mengoleksi 12 gol dalam 19 laga di semua ajang.

Lukaku juga terus merangkak naik di daftar top skor sepanjang masa Liga Europa. Saat ini, ia berada di peringkat keempat daftar tersebut. Koleksinya sudah mencapai 25 gol dalam total 39 penampilan di Liga Europa.

4. Fotis Ioannidis juga mengoleksi lima gol, tetapi gagal meloloskan Panathinaikos ke knockout

4 Pemain Tertajam pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024, Siapa Saja?Fotis Ioannidis (instagram.com/fotio.7)

Satu pemain lain yang mencetak lima gol di fase grup Liga Europa 2023/2024 adalah Fotis Ioannidis. Striker Yunani itu tampil tajam bersama Panathinaikos. Sayangnya, gol-gol Ioannidis hanya berbuah 1 kemenangan dan 1 hasil imbang bagi klubnya di Grup F.

Alhasil, Panathinaikos pun gagal melaju ke babak berikutnya. Mereka finis di dasar klasemen di bawah Villarreal, Stade Rennais, dan Maccabi Haifa. Alhasil, Panathinaikos juga tak bisa lanjut ke Liga Konferensi Eropa. Mereka tersingkir sepenuhnya dari Eropa.

Tiga dari empat pemain di atas, termasuk Romelu Lukaku, masih akan lanjut bermain di Liga Europa 2023/2024. Maka, koleksi gol mereka masih bisa bertambah. Namun, target utama mereka tentu membawa klubnya berprestasi. Apakah salah satu dari mereka bisa melakukannya?

Baca Juga: Gagal di Liga Champions, AC Milan Bidik Trofi Liga Europa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya