3 Pemain Uruguay di Skuad Getafe 2023/2024, Semuanya Diandalkan

Ada yang mengabdi sejak 2015

Sejarah LaLiga Spanyol pernah diwarnai banyak pemain asal Uruguay. Kualitas para pemain Uruguay kerap menarik minat klub-klub LaLiga. Para pemain itu sendiri diuntungkan karena bisa bermain di liga top Eropa. Plus, faktor kesamaan bahasa membuat adaptasi mereka lebih mudah.

Bukan hanya klub besar, klub-klub semenjana LaLiga pun sering jadi tempat pemain Uruguay berlabuh. Salah satunya Getafe CF. Klub berjuluk Azulones itu sudah sering mendatangkan pemain asal Uruguay. Tak kurang dari 12 pemain Uruguay pernah mengenakan kostum biru/putih Getafe.

Pada 2023/2024 ini, skuad Getafe pun masih berisi tiga pemain asal Uruguay. Seperti apa kontribusi mereka selama membela Getafe hingga saat ini? Berikut ini ulasannya.

1. Damian Suarez adalah pemain paling lama mengabdi di skuad Getafe saat ini

3 Pemain Uruguay di Skuad Getafe 2023/2024, Semuanya DiandalkanDamian Suarez (instagram.com/getafecf)

Pertama, ada Damian Suarez, bek kanan Getafe berusia 35 tahun. Suarez bukan pemain sembarangan di Getafe. Ia telah memperkuat Getafe sejak 2015 alias lebih dari 8 tahun lalu. Suarez pun menjadi pemain yang paling lama mengabdi di skuad Getafe saat ini.

Selain loyal, peran Suarez bagi Getafe juga penting. Ia selalu menjadi bek kanan utama Getafe sejak bergabung. Suarez pun sudah mengoleksi 289 penampilan di semua ajang. Itu adalah salah satu jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah Getafe.

Meski sudah tidak muda, Suarez masih terus diandalkan Getafe. Musim ini, ia sudah tampil sebelas kali, semuanya sebagai starter. Suarez juga dipercaya menjadi wakil bagi kapten Getafe saat ini, Djene Dakonam.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dipinjam Getafe pada Musim Panas 2023, Ada Greenwood!

2. Mauro Arambarri sering dihantam cedera selama membela Getafe

3 Pemain Uruguay di Skuad Getafe 2023/2024, Semuanya DiandalkanMauro Arambarri (instagram.com/getafecf)

Mauro Arambarri juga sudah cukup lama mengabdi pada Getafe. Gelandang 28 tahun itu pertama kali membela Getafe pada 2017. Awalnya status Arambarri hanya pinjaman dari klub Uruguay, Boston River. Namun, ia segera dipermanenkan karena berhasil jadi andalan.

Sejauh ini, Arambarri sudah bermain 193 kali bagi Getafe. Ia sering jadi andalan Getafe saat fit. Namun, Arambarri punya kelemahan yaitu rentan cedera. Sejak bergabung, ia sudah berkali-kali absen karena cedera. Bahkan, tak jarang ia dihantam cedera yang cukup parah.

Pada 2023/2024, nasib sial kembali menimpa Arambarri. Baru tampil tujuh kali, ia sudah harus absen lama karena menjalani operasi ACL. Bahkan, musim ini terbilang sudah berakhir bagi Arambarri. Pasalnya, ia diperkirakan baru bisa pulih pada Mei 2024.

3. Gaston Alvarez makin diandalkan Getafe setelah dipermanenkan pada musim panas 2023

3 Pemain Uruguay di Skuad Getafe 2023/2024, Semuanya DiandalkanGaston Alvarez (instagram.com/getafecf)

Satu lagi pemain Uruguay di skuad Getafe 2023/2024 adalah Gaston Alvarez. Ia merupakan bek tengah 23 tahun yang baru dibeli Getafe pada musim panas 2023. Perjalanan karier Alvarez cukup mirip Mauro Arambarri. Alvarez awalnya hanya dipinjam Getafe dari Boston River sebelum dipermanenkan.

Musim 2022/2023 lalu, Alvarez bermain 25 kali di semua ajang selama dipinjam Getafe. Ia lalu digaet permanen dan makin diandalkan musim ini. Alvarez sudah tampil sebelas kali pada awal 2023/2024, sebagian besar sebagai starter.

Meski berposisi asli bek tengah, Alvarez juga kerap dipasang sebagai bek kiri. Ia sukses menjalankan kedua peran itu dengan cukup baik. Alvarez bisa mengikuti jejak Damian Suarez dan Mauro Arambarri yang menjadi andalan Getafe untuk waktu lama.

Tiga pemain di atas meneruskan tradisi Getafe yang sering memakai jasa pesepak bola Uruguay. Bahkan, mereka tak sekadar jadi bagian skuad Getafe, tetapi juga diandalkan. Akankah ada lagi pemain Uruguay yang jadi tumpuan Getafe pada masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Gratis oleh Getafe pada Musim Panas 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya