5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada Mbappe

Termasuk pemain berposisi bek tengah

Paris Saint-Germain (PSG) adalah salah satu klub Eropa dengan kekuatan finansial yang besar. Sejak diakusisi Qatar Sports Investments pada 2011, PSG biasa mendatangkan banyak pemain bintang. Tradisi itu terus berlanjut sampai sekarang.

Pembelian pemain yang dilakukan PSG sering kali sukses. Banyak yang tak butuh waktu lama untuk beradaptasi, bahkan langsung menyumbang gol saat melakoni debut. Inilah lima pemain yang cetak gol saat lakoni debut bersama PSG.

1. Zlatan Ibrahimovic mencetak 35 gol pada musim pertama di PSG

5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada MbappeZlatan Ibrahimovic (psg.fr)

Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah membela PSG. Striker asal Swedia itu didatangkan PSG pada 2012. Ia segera menjadi andalan di lini depan Les Parisiens. Ketajaman Ibrahimovic bersama PSG bahkan sudah tampak pada laga debutnya.

Saat itu, Ibrahimovic membuat dua gol ke gawang Lorient di Ligue 1. Itu mengawali total 35 gol yang ia buat pada musim pertamanya di Prancis. Gelar juara sekaligus pemain terbaik dan top skor Ligue 1 pun menjadi milik Ibrahimovic pada 2012/2013.

Ibrahimovic bertahan di PSG hingga 2016. Secara total, ia membuat 156 gol dalam 180 laga di semua ajang. Jumlah itu membuat Ibrahimovic tercatat sebagai pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah PSG.

2. Marquinhos mencetak gol pertama dalam kariernya bersama PSG

5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada MbappeMarquinhos (psg.fr)

Ada pula Marquinhos, bek asal Brasil yang saat ini menjabat kapten PSG. Meski berposisi bek tengah, Marquinhos sukses mencetak gol pada debutnya bareng PSG. Itu terjadi pada laga pembuka fase grup Liga Champions Eropa 2013/2014 melawan Olympiacos.

Satu gol Marquinhos turut membawa PSG memenangi partai tersebut dengan skor 4-1. Uniknya, itu juga merupakan gol pertama Marquinhos dalam karier profesionalnya. Sejak itu, Marquinhos telah mencetak total 38 gol bagi PSG dalam 408 penampilan di semua ajang sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal PSG pada Musim Panas 2023, Ada Lee Kang In

3. Julian Draxler sempat jadi andalan PSG saat awal bergabung

5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada MbappeJulian Draxler (psg.fr)

Debut Julian Draxler bersama PSG terjadi di Piala Liga Prancis 2016/2017. Draxler sendiri bergabung dengan PSG pada bursa tansfer Januari 2017. Ia turun dari bangku cadangan pada laga putaran ketiga Piala Liga melawan SC Bastia dan mencetak satu gol.

Pada beberapa musim awalnya di PSG, Draxler mendapat cukup banyak kesempatan bermain. Namun, belakangan makin tersisih dari tim inti, bahkan sempat dipinjamkan ke Benfica pada 2022/2023 lalu. Gelandang asal Jerman itu kembali ke PSG pada musim panas 2023, tetapi kabarnya akan dilepas.

4. Neymar Jr meninggalkan PSG dengan koleksi ratusan gol

5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada MbappeNeymar Jr (psg.fr)

Neymar Jr malah sudah resmi dilepas PSG ke Al Hilal pada musim panas 2023. Penyerang asal Brasil itu pun menyudahi pengabdiannya kepada Les Parisiens yang dimulai pada 2017. Selama berseragam PSG, kontribusi Neymar mencakup 118 gol dalam 173 penampilan di semua ajang.

Itu termasuk gol yang dibuat Neymar pada debutnya bersama PSG. Saat baru bergabung dari Barcelona, Neymar melakoni laga perdana bareng PSG melawan Guingamp di Ligue 1 2017/2018. Hasilnya, ia membuat 1 gol dan 1 assist yang turut membawa PSG menang 3-0.

5. Kylian Mbappe menyandang gelar top skor sepanjang masa PSG

5 Pemain yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Bersama PSG, Ada MbappeKylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Nama Kylian Mbappe tak ketinggalan di daftar ini. Seperti Neymar, Mbappe mulai bergabung dengan PSG pada 2017/2018. Saat itu, Mbappe yang baru 18 tahun memang hanya berstatus pinjaman dari AS Monaco. Namun, ia akhirnya dipermanenkan berkat penampilan hebat selama dipinjam.

Debut Mbappe bagi PSG terjadi di laga pekan kelima Ligue 1 2017/2018 melawan FC Metz. Ia langsung tampil penuh dan menyumbang satu gol. Mbappe terus tampil tajam hingga akhir musim dan mengoleksi total 21 gol.

Setelah dipermanenkan, Mbappe makin gacor bersama PSG. Ia kini menyandang status pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah PSG dengan 212 gol sejauh ini. Sayangnya, kebersamaan Mbappe dengan PSG hampir dipastikan akan berakhir pada musim panas 2024 mendatang.

Pada musim panas 2023, PSG telah mendatangkan sedikitnya sepuluh pemain baru. Kemungkinan akan ada lagi pemain anyar yang menyusul sebelum bursa transfer ditutup. Akankah salah satu dari mereka mencetak gol pada debutnya bersama PSG?

Baca Juga: Mbappe Sepakat Bertahan di PSG Sampai 2025?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya