3 Pemain yang Pernah Meraih Trofi Bersama Chelsea dan Manchester City

Hanya sedikit pemain yang sukses bersama kedua klub

Chelsea dan Manchester City adalah dua klub Inggris yang telah banyak meraih kesuksesan. Kebetulan, kedua klub memiliki beberapa kemiripan. Misalnya, masa keemasan mereka dimulai pada abad ke-21 setelah kedatangan pemilik kaya raya.

Selain itu, Chelsea dan Manchester City pernah dibela banyak pemain yang sama. Jumlahnya bahkan mencapai belasan sejauh ini. Beberapa di antaranya adalah Nicolas Anelka, Daniel Sturridge, Frank Lampard, hingga Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling.

Uniknya, kebanyakan pemain yang pernah membela Manchester City dan Chelsea hanya meraih trofi bersama salah satunya. Namun, ada tiga pengecualian yang pernah mengangkat piala bareng kedua klub. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Shaun Wright-Phillips hijrah ke Chelsea, lalu kembali ke Manchester City

3 Pemain yang Pernah Meraih Trofi Bersama Chelsea dan Manchester CityShaun Wright-Phillips (mancity.com)

Pemain pertama yang pernah mengangkat trofi bersama Chelsea dan Manchester City adalah Shaun Wright-Phillips. Ia merupakan winger asal Inggris jebolan akademi Manchester City. Wright-Phillips mulai membela tim senior The Citizens pada 1999 dan bertahan hingga 2005.

Saat itu, Manchester City belum menjadi klub kaya seperti sekarang. Wright-Phillips jadi andalan The Citizens, tetapi tak memenangi trofi mayor bersama mereka. Ia baru bisa mengangkat piala setelah diboyong Chelsea pada 2005.

Trofi pertama Wright-Phillips bersama Chelsea adalah English Premier League (EPL) 2005/2006. Dua trofi tambahan lalu menyusul, yaitu Community Shield dan Piala FA. Namun, tak seperti di Manchester City, Wright-Phillips tak selalu jadi winger pilihan utama Chelsea.

Wright-Phillips pun memutuskan kembali ke Manchester City pada 2008. Ia akhirnya bisa mengangkat trofi bareng The Citizens, yaitu Piala FA 2010/2011. Sayangnya, Wright-Phillips tak ikut menjuarai EPL 2011/2012. Saat itu, ia sedang dipinjamkan Manchester City kepada klub lain.

Baca Juga: 3 Pemain yang Mencetak Gol dari Tendangan Penalti di Derbi Manchester

2. Willy Caballero sukses di Manchester City dan Chelsea meski hanya jadi pelapis

3 Pemain yang Pernah Meraih Trofi Bersama Chelsea dan Manchester CityWilly Caballero (chelseafc.com)

Berikutnya, ada Willy Caballero, penjaga gawang asal Argentina. Caballero pernah membela Manchester City pada 2014–2017, lalu memperkuat Chelsea pada 2017–2021. Bersama kedua klub, ia selalu kebagian peran sebagai pelapis.

Meski demikian, karier Cabalero bersama mereka terbilang cukup berkesan. Cabalero mencatat total 48 penampilan di semua ajang bersama Manchester City. Ia pun turut memenangi trofi Piala Liga Inggris 2015/2016.

Sementara, trofi yang diraih Caballero bareng Chelsea lebih bergengsi. Ada trofi Piala FA, Europa League, bahkan Liga Champions Eropa. Ia pun mengoleksi total 38 penampilan bersama The Blues.

3. Mateo Kovacic pindah ke Manchester City setelah sukses di Chelsea

3 Pemain yang Pernah Meraih Trofi Bersama Chelsea dan Manchester CityMateo Kovacic mengangkat trofi Liga Champions bareng Chelsea. (chelseafc.com)

Mateo Kovacic adalah pemain terbaru yang sukses meraih trofi bersama Chelsea dan Manchester City. Kovacic memulai karier di Inggris pada 2018/2019 bersama Chelsea. Saat itu, statusnya hanya pinjaman dari Real Madrid. Namun, gelandang Kroasia itu langsung jadi andalan di lini tengah.

Kovacic pun dipermanenkan Chelsea dan bertahan di Stamford Bridge hingga 2023. Ia hampir selalu jadi andalan The Blues tiap musim. Berkat perannya, Chelsea sukses meraih empat trofi. Mereka juga melangkah ke empat partai final lain, meski gagal dimenangi.

Kenyang kesuksesan di Chelsea, Kovacic akhirnya berlabuh ke Manchester City. Tak butuh waktu lama, Kovacic langsung meraih trofi bareng The Citizens pada awal 2023/2024. Ia tampil penuh saat Manchester City mengalahkan Sevilla di Piala Super UEFA 2023.

Chelsea dan Manchester City sukses meraih banyak trofi dalam 2 dekade terakhir. Namun, ternyata baru tiga pemain di atas yang pernah memenangi trofi bersama keduanya. Adakah pemain yang bisa menyusul mereka pada 2023/2024 ini?

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal Robert Sanchez selama Membela Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya